Tips dan Trik

Begini Cara Mengganti Kartu BCA Non Chip Bisa via Aplikasi Halo BCA

Kartu ATM BCA non chip yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe segera diblokir dalam waktu dekat. Lantas bagaimana cara mengganti kartu BCA non chip ke kartu ATM BCA berbasis chip?

Mengutip dari laman BCA, ada 4 cara yang bisa dilakukan oleh nasabah untuk penggantian Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit BCA chip.

Prosedur dan Cara Mengganti Kartu BCA non Chip:

1. Melalui aplikasi Halo BCA

Nasabah bisa melakukan penggantian kartu dengan melakukan panggilan yang terdapat didalam menu aplikasi Halo BCA seperti gambar berikut:

Cara Mengganti Kartu ATM BCA non Chip via Aplikasi Halo BCA

Cara Mengganti Kartu ATM BCA non Chip via Aplikasi Halo BCA.

Lihat juga: Daftar Kode Bank untuk Transfer di ATM.

Berikut adalah poin penting penggantian Kartu Debit via aplikasi Halo BCA :

  • Penggantian Kartu Debit melalui Halo BCA dikhususkan untuk penggantian Kartu Debit BCA Non-Chip, baik yang terhubung dengan rekening non-joint ataupun rekening joint “or”
  • Nasabah diperbolehkan melakukan penggantian tipe kartu (Blue – Gold – Platinum). Pilihan tipe kartu Platinum hanya diperbolehkan untuk nasabah pemegang Kartu ATM/Debit BCA Non-Chip tipe Platinum
  • Tidak dapat melakukan penggantian data sistem (misalnya alamat/nomor handphone) bersamaan dengan pengajuan penggantian kartu
  • Terdapat biaya pengiriman kartu sebesar Rp. 20.000,- / USD 1 / SGD 2 per kartu
  • Kartu akan dikirimkan ke alamat yang dipilih nasabah dalam 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk di luar wilayah Jabodetabek
  • Untuk keamanan, kartu dikirimkan dalam keadaan non-aktif. Maksimal waktu pengaktivasian kartu melalui ATM BCA adalah 30 hari sejak pengajuan penggantian kartu diproses

2. Melalui telepon ke 1500888 :

  • Hubungi 1500888;
  • Pilih bahasa layanan (1 – Bahasa Indonesia, 2 – Bahasa Inggris);
  • Tekan 1 untuk masuk ke menu “Perbankan”;
  • Tekan 0 untuk berbicara dengan Customer Service;
  • Ajukan proses penggantian kartu.

3. Layanan CS Digital

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang ataupun lokasi lainnya. Informasi lengkap mengenai CS Digital BCA, klik disini.

4. Kantor Cabang BCA

Penggantian ke Kartu Debit BCA Non-Chip ke Kartu Debit BCA Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Selain tidak dikenakan biaya alias GRATIS, cara mengganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit BCA Chip terbilang mudah seperti cara-cara diatas.

Ciri Kartu ATM non Chip

Pengguna kartu debit ATM BCA bisa mengenali kartu mereka apakah sudah berbasis chip atau masih menggunakan teknologi magnetic stripe alias non chip.

Kartu ATM BCA non Chip

Kartu ATM BCA non Chip.

Jika kartu ATM BCA yang digunakan tidak memiliki chip (ada kotak kecil berwarna emas pada bagian depan) dan hanya memiliki garis hitam memanjang di belakang kartu, dipastikan itu adalah kartu ATM BCA lama.

Segera ganti kartu ATM BCA lama ke kartu yang ATM baru berbasis chip yang ada kotak kecil berwarna emas pada bagian depannya.

Manfaat kartu ATM BCA berbasis Chip.

Selain karena alasan akan diblokir, kartu ATM Chip sudah menggunakan teknologi yang lebih maju dan aman. Selain itu, banyak manfaat lain bagi nasabah bank BCA yang menggunakan kartu debit chip, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Kebijakan Bank Indonesia (BI)
Mulai tanggal 1 Desember 2021, Bank Indonesia mewajibkan penggunaan Kartu Debit berbasis Chip untuk semua Kartu yang diterbitkan di Indonesia.

2. Banyak Benefitnya
Bisa melakukan transaksi debit online untuk berbelanja online, berlangganan aplikasi musik dan film, dan beli voucher game.

3. Mengurangi Risiko Kejahatan Kartu
Kartu Debit berteknologi chip lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu. (sumber)

Begini Cara Mengganti Kartu BCA Non Chip Bisa via Aplikasi Halo BCA,


Diterbitkan pada: Senin, 18 Oktober 2021
Rating : 4.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Begini Cara Mengganti Kartu BCA Non Chip Bisa via Aplikasi Halo BCA".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright