Tips dan Trik

Panduan Definitif Kesadaran Merek untuk Bisnis Kecil

Ketika Anda adalah pemilik bisnis kecil, Anda akan menghadapi beberapa situasi yang menantang saat mengembangkan bisnis Anda. Jika audiens Anda tidak mengetahui keberadaan merek Anda, tidak mungkin Anda dapat meningkatkan skala bisnis Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan kesadaran merek yang optimal, Anda harus membuat kampanye pemasaran yang efektif. Pada artikel ini, kita akan melihat berbagai cara di mana Anda dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis kecil Anda.

Apa yang dimaksud dengan kesadaran merek?

Kesadaran merek menandakan sejauh mana pelanggan target Anda menyadari keberadaan merek Anda dalam berbagai kondisi. Ketika kesadaran merek bisnis Anda tinggi, itu berarti audiens target mengenali USP merek Anda yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

Brand Awareness atau Kesadaran Merek untuk Bisnis Kecil

Brand Awareness atau Kesadaran Merek untuk Bisnis Kecil. (freepik)

Kesadaran merek dapat membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan loyalitas pelanggan. Ini juga meningkatkan pangsa Anda di pasar dan memberikan dorongan yang signifikan untuk volume penjualan Anda.

Langkah-langkah untuk membangkitkan kesadaran merek

  1. Tinjau strategi branding Anda

Langkah pertama adalah meninjau semua strategi branding yang ada dan membuat daftar kelemahan dan kekuatannya. Ini termasuk,

  • Pencitraan merek eksternal seperti situs web Anda, logo, pemasaran konten, platform media sosial, dll.
  • Pencitraan merek internal seperti nilai merek, misi, dan budaya Anda
  • Pengalaman pelanggan, yang merupakan dukungan pelanggan dan proses penjualan

Anda Anda perlu tahu apa yang berhasil perusahaan Anda dan apa yang tidak membuat perbedaan signifikan bagi kesuksesan perusahaan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang perubahan apa yang perlu dilakukan dan proses apa yang perlu diperkuat lebih lanjut untuk mendorong kesuksesan bisnis kecil Anda.

  1. Periksa tujuan bisnis

Anda Ketika Anda memahami dengan benar tujuan perusahaan Anda, Anda dapat dengan mudah mengatur semua tujuan dan sasaran kampanye merek Anda. Ini juga akan memudahkan Anda untuk mengukur seberapa sukses upaya branding Anda. Hanya setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan perusahaan Anda, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan Anda.

  1. Buat panduan gaya

Anda perlu memastikan bahwa pesan perusahaan Anda harus konsisten dan jelas di semua platform. Ini akan mencakup logo bisnis Anda dan font serta warna yang Anda gunakan saat mempublikasikan di media sosial, blog, dan beberapa ruang lain yang Anda gunakan untuk pemasaran. Konsistensi merek Anda sangat penting untuk menghindari kebingungan di antara audiens target Anda dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mempercayai merek Anda. Ini menjadi jauh lebih mudah ketika Anda membuat panduan gaya.

  1. Tentukan apa yang membedakan Anda dari pesaing

Anda Anda perlu menguraikan semua faktor yang membuat produk dan layanan Anda jauh lebih menarik bagi audiens Anda jika dibandingkan dengan pesaing Anda. Anda perlu menentukan keunggulan kompetitif bisnis Anda untuk membuat pelanggan ideal Anda membeli atau menggunakan layanan Anda alih-alih pesaing Anda. Beberapa hasil yang akan membedakan bisnis Anda dari pesaing Anda termasuk,

  • Layanan Pelanggan
  • Reputasi
  • Kualitas
  • Inovasi
  • Hubungan/Kepercayaan
  • Kecepatan Implementasi
  • Konsistensi
  • Hasil yang didorong pelanggan
  • Basis sumber daya
  1. Tentukan tagline

Langkah penting lainnya adalah memutuskan tagline atau pesan utama untuk bisnis Anda . Pesan ini harus digunakan secara konsisten oleh Anda di semua platform. Tagline yang Anda pilih untuk merek Anda harus menarik dan harus menonjolkan atribut utama merek Anda. Beberapa tagline populer yang digunakan oleh merek-merek terkenal antara lain,

  • Lakukan saja – Nike
  • Meleleh di mulut Anda, bukan di tangan Anda – M&M
  • Berlian selamanya – De Beers
  • Ada beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Untuk yang lainnya, ada MasterCard – MasterCard
  • Mencukur waktu, mencukur uang – Dollar Shave Club
  1. Membangkitkan kepribadian

bisnis Anda Bisnis Anda perlu memiliki kepribadiannya sendiri jika Anda ingin mencapai kesuksesan dalam kampanye merek Anda. Saat Anda menyusun strategi kampanye branding, pikirkan perusahaan Anda sebagai pribadi dan lanjutkan lebih jauh. Dengan cara ini, Anda akan dapat memproyeksikan kepribadian seseorang dan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Hal ini penting karena saat ini, itu semua tentang komunikasi dari manusia ke manusia dan bukan bisnis ke manusia. Anda perlu menonjolkan wajah manusia dari perusahaan Anda dan menggambarkannya di antara audiens target Anda untuk memberi mereka pengalaman manusiawi dan, pada gilirannya, meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Strategi tambahan untuk meningkatkan kesadaran merek

Anda dapat melakukanberbagai hal untuk meningkatkan kesadaran merek. Pengeluaran untuk audiens target Anda, Anda dapat memilih dari opsi di bawah ini untuk meningkatkan kesadaran merek.

  • Studi kasus: Di sini, fokuslah pada solusi yang diberikan oleh merek Anda dalam bentuk studi kasus.
  • Pemasaran konten: Sampaikan pesan Anda dengan cara yang benar kepada audiens yang tepat melalui pemasaran konten.
  • YouTube: Perluas jangkauan kampanye pemasaran Anda dengan membuat saluran YouTube Anda sendiri. Anda dapat mengambil bantuan InVideo untuk membuat konten video yang luar biasa dalam waktu minimum. Anda dapat menjelajahi lebih dari 2000 template, mengedit visual, teks, efek, dan membuat video untuk YouTube dari awal.
  • Podcast: Jangkau audiens baru dengan memulai podcast atau menjadi bagian dari podcast bisnis lain.
  • Acara sponsor: Mensponsori berbagai acara dan program untuk meningkatkan interaksi fisik dengan pelanggan.
  • Program: hadiahHadiahi pelanggan Anda dengan fasilitas, poin, diskon khusus, dan insentif serupa untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan.
  • Kemitraan strategis: Temukan bisnis kecil lain yang memberikan produk dan layanan pelengkap dan ciptakan kemitraan strategis dengan mereka.

Seperti yang Anda lihat dari poin di atas, sangat penting untuk mendapatkan kesadaran merek yang lebih baik untuk bisnis kecil Anda. Langkah-langkah di atas bekerja dengan baik ketika Anda menerapkannya pada tahap awal memulai bisnis Anda. Ketika Anda berhasil mengikuti langkah-langkah di atas dan mencapai keunggulan produk, Anda akan menciptakan pengikut setia yang menyukai produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Panduan Definitif Kesadaran Merek untuk Bisnis Kecil,


Diterbitkan pada: Rabu, 22 September 2021
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Panduan Definitif Kesadaran Merek untuk Bisnis Kecil".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright