Sains

Ingin Melihat Gerhana Matahari Total Lebih lama?. Ini Lokasinya di Indonesia

Gerhana Matahai Total 2016 diprediksi akan melintasi 12 provinsi di Indonesia. Namun, lokasi dan daerah mana yang berdurasi lebih lama?. menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), semakin ke timur maka durasi Gerhana Matahari Total yang dapat disaksikan akan semakin lama dan masing-masing wilayah di 12 provinsi ini akan mengalami durasi GMT yang berbeda-beda.

Berikut ke-12 Provinsi di Indonesia yang akan dilintasi Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 mendatang:

  1. Bengkulu.
  2. Sumatera Barat.
  3. Sumatera Selatan.
  4. Bangka Belitung.
  5. Jambi.
  6. Kalimantan Barat.
  7. Kalimantan Tengah.
  8. Kalimantan Selatan.
  9. Kalimantan Timur.
  10. Sulawesi Barat.
  11. Sulawesi Tengah.
  12. Maluku Utara.
Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 9 Maret 2016. (NASA)

Untuk wilayah Indonesia bagian barat, puncak gerhana Matahari Total akan berlangsung pada pukul 07:20 WIB. Durasinya hanya sekitar 1,5 menit. Sementara wilayah Indonesia bagian tengah puncaknya akan berlangsung mulai pukul 08:35 WITA dengan durasi sekitar 2 menit. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Timur, durasi gerhana Matahari Total paling lama, berkisar 2 sampai 3 menit dengan puncaknya akan berlangsung pada pukul 09:50 WIT.

Menurut Thomas Djalaluddin, selaku Kepala LAPAN daerah yang paling lama dilintasi oleh Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 nanti adalah Kota Maba yang berada di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Durasinya sekitar 3 menit 17 detik ungkapnya melalui laman national geographic.

Lihat juga: Ini Akibatnya Jika Bumi Tidak Ada Bulan.


Oleh karenanya, Maba menjadi tempat terbaik untuk melihat Gerhana Matahari Total 2016. Untuk mengunjungi Kota Maba, bisa ditempuh menggunakan jalur udara dan darat melalui Ternate. Jika menggunakan pesawat, lamannya sekitar 28 menit. Sedangkan jika ditempuh dengan kendaraan roda empat, lamanya sekitar 2 samapi 3 jam.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ingin Melihat Gerhana Matahari Total Lebih lama?. Ini Lokasinya di Indonesia,


Diterbitkan pada: Sabtu, 30 Januari 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ingin Melihat Gerhana Matahari Total Lebih lama?. Ini Lokasinya di Indonesia".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: