Tips dan Trik

Pelanggan PLN 900 VA Masih Bisa Terima Subsidi Listrik, Begini Caranya

Pelanggan PLN 900 VA mengeluhkan mahalnya tarif listrik. Tarif listrik yang harus mereka bayar perbulannya kini naik hingga 80 ribu hingga 150 ribu. Bahkan ada warga yang harus membayar hampir 2 kali lipat dari biasanya.

Disinyalir subsidi untuk pelanggan listrik 900 VA banyak tidak tepat sasaran. Akhirnya pemerintah mencabut subsidi listrik golongan ini. Namun dampaknya sungguh luar biasa, tarik listrik 900 VA naik hingga 100 persen dan sangat memberatkan masyarakat golongan ini.

cara mengajukan subsidi listrik 900 VA

Cara mengajukan subsidi listrik 900 VA.

Baca: Cara pasang baru listrik.

Nah, bagi pelanggan listrik 900 VA yang keberatan membayar tarif listrik nonsubsidi, bisa mengajukan diri masuk kembali ke tarif listrik 900 VA bersubsidi. Caranya?.

Pelanggan PLN 900 VA harus memenuhi persyaratan dan masuk kedalam kriteria masyarakat kurang mampu. Mereka harus memiliki Surat Keterangan Miskin dari kelurahan tempat mereka tinggal.

Untuk melakukan pengaduan, pelanggan listrik 900 VA bisa melengkapi diri dengan dokumen lain seperti KTP, KK dan bukti pembayaran rekening listrik atau pembelian token listrik.

Pelanggan juga harus mengisi FORMULIR PENGADUAN KEPESERTAAN SUBSIDI LISTRIK UNTUK RUMAH TANGGA untuk melengkapi data pengaduan. Formulir ini dapat diminta di Kelurahan setempat atau bisa di unduh melalui laman http://subsidi.djk.esdm.go.id.

Semua data tersebut nantinya akan masuk ke Kecamatan. Kemudian data dari kecamatan akan digunakan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk menentukan pelanggan PLN mana yang masih layak diberikan subsidi.

Jika layak dan memiliki Surat Keterangan Miskin serta sudah melalui proses verifikasi, secara otomatis pelanggan tersebut akan menerima subsidi listrik pada bulan-bulan berikutnya. Karena setiap bulannya, data tersebut direkonsiliasi oleh PLN, begitu yang dijelaskan oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, dilansir dari laman Kompas (14/6/2017).

Lihat juga: Cara cek tagihan listrik.

Sebagaimana yang diketahui, pemerintah selama ini menyubsidi dua golongan pelanggan PLN yaitu pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Kini hanya pelanggan 450 VA saja yang mendapat subsidi.

Pelanggan PLN 900 VA Masih Bisa Terima Subsidi Listrik, Begini Caranya,


Diterbitkan pada: Kamis, 15 Juni 2017
Rating : 4.57 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Pelanggan PLN 900 VA Masih Bisa Terima Subsidi Listrik, Begini Caranya".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright