Tips dan Trik

Begini Cara Pasang Baru Listrik Online Melalui Website PLN

Kabar gembira bagi Anda yang berencana ingin melakukan pemasangan instalasi listrik baru. Tak perlu repot datang langsung ke kantor PLN untuk mengurus segala sesuatunya, karena PLN kini telah menghadirkan layanan Penyambungan Baru Satu Pintu dan bisa dilakukan dari rumah via online dengan menggunakan smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet.

Nah, bagaimana prosedur dan cara pasang listrik baru secara online melalui website PLN tersebut?. Berikut penjelasan dan alur yang harus di ikuti oleh calon pelanggan PLN baru.

Cara Pasang Baru Listrik Online PLN

Cara Pasang Baru Listrik Online PLN.

Prosedur PLN mengenai cara pasang baru listrik online.
Calon pelanggan mengunjungi website Pasang Baru (PB) Online di situs PLN untuk mengajukan permohonan pemasangan baru listrik.

Membaca semua syarat dan ketentuan pasang baru listrik dari PLN serta memahaminya. Jika pelanggan setuju dengan semua ketentuan dan syarat-syarat pemasangan baru tersebut, calon pelanggan bisa langsung menekan tombol “SETUJU”.

Setelah itu, website PB Online PLN akan menampilkan form pengajuan permohonan pemasangan baru listrik. Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan jelas.

Setelah semua data di isi dengan benar, simpan permohonan.

Calon pelanggan kemudian akan menerima email konfirmasi dari PLN yang berisi kode konfirmasi.

Kode konfirmasi ini harus dimasukkan oleh calon pelanggan melalui menu Informasi >> Entri Kode Konfirmasi, lalu tekan tombol “Simpan”.

Jika kode konfirmasi valid dan permohonan pemasangan listrik baru di terima, calon pelanggan kembali akan mendapatkan email yaitu Surat Izin Penyambungan (SIP) yang didalamnya terdapat nomor agenda serta nomor registrasi untuk keperluan pembayaran.

Lihat juga: cara cek tagihan listrik PLN.

Setelah mendapatkan email SIP, calon pelanggan harus segera membayar biaya yang ditagihkan dengan menggunakan no registrasi ke loket PLN, Bank atau melalui ATM.

Jika pembayaran telah diterima oleh sistem, calon pelanggan kemudian melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL).

Setelah proses penandatanganan SJBTL selesai, pemasangan meteran akan dilakukan oleh petugas PLN setelah mendapatkan PK dan BA.

Terakhir, pengolahan data langganan oleh petugas PLN sekaligus menandai jika pemasangan baru listrik ke pelanggan telah selesai dilakukan.

Selengkapnya, Anda bisa melihat alur permohonan pemasangan baru listrik melalui gambar dibawah ini. (klik untuk memperbesar).

Prosedur Pemasangan Baru Listrik PLN Secara Online

Prosedur Permohonan Pemasangan Baru Listrik PLN Secara Online. (pln)

Untuk mengajukan permohonan sambungan listrik baru secara online, silahkan kunjungi website PB Online PLN melalui tautan ini.


Adanya layanan permohonan sambungan listrik online ini, diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah calon pelanggan untuk mendapatkan sambungan listrik baru serta untuk menekan biaya tambahan seperti jasa makelar (calo). Calon pelanggan juga bisa mengetahui berapa biaya pemasangan baru listrik secara transparan saat melakukan pengajuan dan tidak perlu repot harus mencari instalatir ataupun mengurus Sertifikat Laik Operasi (SLO) karena pihak PLN yang akan mengurus itu semua.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Begini Cara Pasang Baru Listrik Online Melalui Website PLN,


Diterbitkan pada: Kamis, 21 Januari 2016
Rating : 4.42 / 5 dari 19 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Begini Cara Pasang Baru Listrik Online Melalui Website PLN".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: