Tips dan Trik

Virtual Memori

Pengaturan Virtual Memori bertujuan untuk mengoptimalkan PC khususnya yang masih memakai OS windows XP. Pengaruhnya lumayan sih, apalagi kalau kita sering menggunakan PC dengan aplikasi Desain Grafis seperti AutoCad, Adobe Photoshop ataupun yang hobi ngegame. Coba dan rasakan perbedaannya nanti kalau sudah di ubah.

Gambaran singkatnya begini, misalkan memori (RAM) yang terpasang pada PC anda sebesar 1 Gb. Lihat Task Manager pada tab “Performance” untuk melihat berapa besar sisa memori kita yang terpakai. Anggap sisa memori tinggal 400Mb dan anda ingin membuka aplikasi Autocad 2009 dan Photoshop CS secara berbarengan, PC terasa berat sekali karena kapasitas memori hampir atau sudah melewati batas maksimumnya (lebih dari 1 Gb).

Dengan tips dan trik yang sudah sangat jadul ini, anda dapat mengoptimalkan PC dengan menyediakan ruang memori apabila kejadiannya persis seperti yang diatas. Pada saat Kapasitas memori (RAM) utama sudah full, dengan sendirinya virtual memori akan bekerja. Yang jadi virtual memori di sini adalah hard disk. Semakin cepat kemampuan baca dari hard disk anda, akan semakin baik. Hard disk zaman sekarang (SATA RAID) rata-rata memiliki kemampuan baca dan tulis yang lumayan baik.

Yang pertama, PC anda harus dalam keadaan hidup, kalau mati gimana mau mraktekinnya 🙂  , buka “System Properties” PC anda dengan klik kanan “My Computer” ~ “Propeties”. lalu klik tab “Advanced”. Pada jendela seperti di bawah ini, klik tombol “Setting” untuk pengaturan “Performance”

Cara Mengatur Virtual Memori

Selanjutnya akan terbuka jendela “Performance Options”, kemudian klik tab “Advanced” dan klik tombol “Change”.

Performance Virtual Memori

Klik Drive dimana anda menginstal system windows (umumnya drive C). Pada “Custom size” isi kolom “Initial size(MB):” dua kali dari kapasitas memori (RAM) anda. Misal kapasitas memori PC anda 512 Mb jadikan 1024, jika 1 Gb jadikan 2048 atau jika 1,5 Gb jadikan 3072. Untuk “maksimum size (MB)” nilainya di samakan dengan “Initial size (MB)”. Yang berarti anda mengatur virtual memori pada kapasitas tertinggi.

Cara Mengatur Virtual Memori 2

Langkah terakhir, Klik tombol “Set” ~ “OK” dan Restart PC anda.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Virtual Memori,


Diterbitkan pada: Kamis, 28 Mei 2009
Rating : 3.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright