Tips dan Trik

Menghilangkan dan Buat Atribut Super Hidden Pada Folder

Bagi yang belum tahu, cara untuk menghilangkan sekaligus membuat atribut super hidden pada folder, silahkan di baca-baca. Yang sudah tahu, kabur aja sekarang :r . sebelumnya, Saya pernah membahas cara untuk mengembalikan atribut super hidden pada sebuah atau beberapa folder. Gunanya ? Jelas, apalagi yang sudah pernah mengalami yang namanya kena virus, khususnya virus lokal yang doyan mainin atribut hidden.

Kebanyakan virus lokal, doyan ngumpetin file atau folder, lihat gambar di bawah.

Umumnya, untuk mengembalikan folder atau file yang di super hidden, dengan cara mengcopy file atau folder tersebut. Itu cara yang saya lakukan. Tapi, cukup repot kalau semua foder atau file pada hard disk sudah ter super hidden.

Cara Menghilangkan dan Buat Atribut Super Hidden Pada Folder

Cara Menghilangkan Super Hidden Pada Folder

 

Carayang cepat, dengan mengetikkan perintah  attrib -s -h nama drive dan nama fie atau folder pada Command Prompt. Contoh, misal folder yang di supper hidden ada di drive D dengan nama “dokumen” , buka jendela command prompt, langsung ketik perintahnya, jadinya seperti ini, attrib -s -h D:\dokumen. Atau, anda bisa masuk terlebih dahulu ke drivenya dengan mengetikkan D: pada command prompt, jadinya D:\>attrib -s -h D:\dokumen. Atau lagi misal yang ter supper hidden adalah sebuah file, tinggal tambahkan ekstensi nama file tersebut.

Cara Menghilangkan Super Hidden Pada Folder Dengan Command

 

Kebanyakan yang di cintai oleh virus lokal adalah file word atau excel, dengan ekstensi doc dan xls untuk office 2003 serta docx dan xlsx untuk office 2007. Contoh, misal yang di super hidden adalah file word 2007 pada drive D, dengan nama “puisi” , Kalau mau satu-satu, perintahnya seperti ini, attrib -s -h D:\puisi.docx. Sedangkan perintah attrib -s -h D:\*.doc /s untuk mengembalikan keseluruhan file word pada drive D.

Pusing ? Intinya begini :

Perintah Untuk mengembalikan folder yang di super hidden pada sebuah drive, misal di drive D dengan nama foldernya “Dokumen” :

Tanpa masuk ke drivenya, ketik attrib -s -h D:\dokumen

Telah masuk ke drivenya, D:\>attrib -s -h dokumen

 

Misal yang di supper hidden adalah folder dengan nama “Ganteng” di dalam folder “Dokumen” :

Tanpa masuk ke drivenya, ketik attrib -s -h D:\dokumen\ganteng

Telah masuk ke drivenya, D:\>attrib -s -h dokumen\ganteng

 

Perintah Untuk mengembalikan file word 2007 yang di super hidden pada sebuah drive, misal di drive D dengan nama file “puisi” :

Tanpa masuk ke drivenya, ketik attrib -s -h D:\puisi.docx

Telah masuk ke drivenya, D:\>attrib -s -h puisi.docx

 

Misal yang di supper hidden adalah file word 2007 dengan nama “puisi” di dalam folder “Dokumen” :

Tanpa masuk ke drivenya, ketik attrib -s -h D:\dokumen\puisi.docx 

Telah masuk ke drivenya, D:\>attrib -s -h dokumen\puisi.docx

 

Note : Sesuaikan nama drive, nama folder atau nama ekstensi filenya.

Nah, untuk perintah membuat sebuah file atau folder ter super hidden, sama dengan di atas, hanya perintahnya, tanda minus di ganti dengan tanda plus.

Semoga bermanfaat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Menghilangkan dan Buat Atribut Super Hidden Pada Folder,


Diterbitkan pada: Rabu, 8 Juli 2009
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Menghilangkan dan Buat Atribut Super Hidden Pada Folder".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright