PC Laptop

VGA AMD dan NVIDIA Sejutaan Buat Games Berat

Membeli VGA dengan otak AMD atau NVIDIA untuk memainkan games kelas berat tentunya tidak akan sulit jika dana yang tersedia tidak terbatas. Namun bagaimana jika dana yang ada hanya berkisar di angka 1 jutaan?. Tentu kita harus jeli dan lebih teliti dalam menentukan pilihan untuk membeli VGA tersebut. Banyak sekali merk kartu grafis dari AMD dan NVIDIA yang tersedia di pasaran. Mulai dari merk terkenal seperti Asus, Gigabyte, MSI, dsb. Semua produsen-produsen kartu grafis tersebut saling berlomba menawarkan fitur-fitur unggulan yang di sematkan pada kartu VGA mereka. Tentunya ini akan menguntungkan kita sebagai konsumen karena banyak tawaran dan pilihan untuk menentukan VGA yang akan di beli.

AMD atau NVIDIA

Seperti yang kita tahu, kebanyakan VGA zaman sekarang menggunakan chip dari AMD dan NVIDIA yang merupakan dua raksasa industri dalam pembuatan prosesor kartu grafis atau GPU ( graphics processing unit). Sampai saat ini keduanya terus mengembangkan produk-produk mereka dengan teknologi terkini untuk merebut pangsa pasar, khususnya gamers sejati.

Tidak sedikit gamers yang fanatik dengan kedua produsen chip kartu grafis ini. Masing-masing membela dan ngotot kalau VGA yang mereka pakai adalah VGA yang terbaik. Bahkan, persaingan bukan saja di kelas pengguna. AMD dan NVIDIA-pun ikut-ikutan bersaing dengan saling menyindir dan membanggakan produk mereka. Seperti Video iklan terbaru yang dirilis oleh AMD “AMD Radeon Graphics Presents: The Fixer”. Video ini jelas menyindir NVIDIA, karena tidak ada produsen chip kartu grafis lainnya yang menggunakan logo yang mayoritas berwarna hijau 🙂 . Iklan-iklan video persaingan seperti ini pada akhirnya akan menguntungkan kita sebagai konsumen, karena persaingan antar produsen akan terus berlanjut untuk menciptakan produk-produk yang lebih unggul dari kompetitor.

Tinggal kita yang harus jeli dalam memilih VGA. Baik VGA dengan menggunakan chip dari AMD maupun NVIDIA masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Asus AMD Radeon HD 7750

 

Kembali ke topik mengenai VGA harga satu jutaan yang bisa memainkan games kelas berat. Beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi acuan sebelum memutuskan untuk membeli kartu grafis yang di maksud.

  • Harga. Hukum pasar berlaku. Semakin mahal harga sebuah VGA atau kartu grafis, maka akan semakin baik performa dan kemampuannya dalam menangani games berat. Dengan catatan, ini berdasarkan perbandingan harga VGA baru, bukan harga lama apalagi VGA second. Namun, hukum pasar ini tidak selamanya benar jika kita membandingkannya dari merk dan chip yang berbeda. Terkadang harga tidak terlampau jauh berbeda, namun kinerjanya hampir sama.
  • Review. Lihat ulasan-ulasan mengenai VGA yang akan di beli, baik itu di forum-forum atau website-website yang khusus mereview mengenai VGA yang akan kita bidik. Bandingkan hasil test, kinerja dan kemampuannya baik dalam mengolah data atau memainkan games-games tertentu.
  • Tipe Memori. GDDR5.
  • Bandwidth Memori. Minimal 128 Bit.
  • Kapasitas Memori. Minimal 1 GB. Asumsi, monitor atau resolusi gambar yang di pakai tidak lebih dari 1920 × 1080 pixels.
  • Slot PCI Express. Jika ada konektor daya tambahan, pastikan penggunaan power supply juga mendukung.
  • Mendukung DirectX 11.
  • Sistem Pendingin.
  • Fitur tambahan, bundling, kelengkapan dan garansi.
  • Yang terakhir tak kalah pentingnya adalah persyaratan dan spesifikasi sistem minimum sebuah games yang akan dimainkan seperti games berat Crysis 3, GTA 5, Need For Speed Most Wanted 2012, Battlefield 3, Call of Duty Modern Warfare 3, NASCAR The Game 2013, dsb.

 

Asus NVIDIA GeForce GTX650

Sebenarnya masih ada acuan yang lebih bersifat teknis lainnya misalnya core clock, memory clok atau shader clock. Namun, beberapa acuan dasar diatas sudah cukup untuk dijadikan pertimbangan sebelum membeli VGA sejutaan. Selain itu, untuk memainkan games berat pada komputer, harus di imbangi dengan penggunaan hardware yang mumpuni juga. Setidaknya minimal jajaran prosesor quad core dan 4 GB RAM atau lebih terpasang pada PC atau komputer kita. (VGA AMD dan NVIDIA, screenshot credit: lazada.co.id )

Games-games berat seperti Crysis 3, GTA 5, NASCAR The Game 2013, Need For Speed Most Wanted 2012, Call of Duty Modern Warfare 3 bisa dimainkan jika mengawinkan VGA sejutaan diatas dengan 4 GB RAM dan jajaran prosesor quad core. Bahkan games terbaru Battlefield 4 (Alpha trial) pun bisa di jalankan, jika melihat spek minimum dari games tsb.

Di Indonesia sendiri tidak sulit mencari kartu grafis dengan spesifikasi seperti di atas. Spesifikasi VGA AMD dan NVIDIA sejutaan buat games berat ini dapat dapat di lihat dan di beli secara online di: Kategori kartu Grafis Lazada Indonesia. Silahkan sesuaikan dengan budget yang ada.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

VGA AMD dan NVIDIA Sejutaan Buat Games Berat,


Diterbitkan pada: Senin, 8 Juli 2013
Rating : 4.20 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "VGA AMD dan NVIDIA Sejutaan Buat Games Berat".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright