Sosial Media

Tahun 2013 Indonesia Menjelma Menjadi Negara Paling Berbahaya di Internet

Bicara mengenai keamanan di Internet, ternyata negara terkenal dengan hackernya seperti Amerika, Rusia dan China masih kalah dengan Indonesia lho. Dari data dan hasil laporan situasi dan kondisi internet pada kuartal ke dua tahun 2013 dari Akamai, Indonesia berada di urutan pertama yang menyumbang serangan di dunia maya berdasarkan alamat IP yang terlacak. Dari 175 negara di dunia yang masuk dalam penelitian tersebut, 38 persen serangan di dunia maya berasal dari Indonesia. Meningkat 17% dari kuartal pertama tahun 2013, menggeser negara China yang sebelummnya menjadi TOP negara paling banyak melakukan serangan cyber.

Laporan Keamanan dan Serangan di Internet Tahun 2013

Yang menjadi Korban penyerangan di dunia maya yang berasal dari Indonesia adalah perusahaan-perusahaan besar dan toko online yang kebanyakan berada di Asia Pasifik dan Amerika. Pertanyaannya kemudian, apakah serangan-serangan di internet tersebut murni berasal dari Indonesia?. Mengingat seorang hacker asing memungkinkan untuk menyuntikkan misalnya program-program berbasis botnet melalui komputer atau website yang berada di Indonesia.

Laporan Keamanan dan Serangan Pada Port di Internet Tahun 2013

Pastinya, jika serangan-serangan di dunia maya tersebut benar berasal dari Indonesia, kita patut berbangga diri sekaligus prihatin yang mendalam. Bangga karena bangsa Indonesia bisa lebih hebat dalam hal IT dan keamanan di Internet dibandingkan dengan negara besar lainnya. Prihatin karena hal yang dilakukan merupakan sebuah bentuk kejahatan di Internet.

Akamai sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan layanan internet, keamanan dan server berbasis cloud. Hampir kebanyakan perusahaan besar seperti Google dan Yahoo menggunakan jasa dari perusahaan ini. Layanan yang paling terkenal dari Akamai adalah Akamai Intelligent Platform™. Mengenai Akamai bisa berkunjung ke www.akamai.com. Sumber dan gambar: The State Of The Internet. 2ND Quarter, 2013 Report.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Tahun 2013 Indonesia Menjelma Menjadi Negara Paling Berbahaya di Internet,


Diterbitkan pada: Sabtu, 19 Oktober 2013
Rating : 3 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Tahun 2013 Indonesia Menjelma Menjadi Negara Paling Berbahaya di Internet".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright