Sains

Mulai Tahun 2025 Tugas Manusia Akan Digantikan Oleh Robot, Bakalan Banyak Pengangguran Dong!

Tak dipungkiri jika kemajuan teknologi makin berkembang dengan pesat. Robot-robot canggih buatan manusia sudah banyak yang diciptakan. Mulai dari pabrikan Honda yang membuat robot “Asimo” pembantu rumah tangga, Sony dengan robot anjingnya yang bisa mandi sendiri, Google dengan robot pintar yang diaplikasikannya ke mobil tanpa awak, dan lain sebagainya. Semua berlomba-lomba memperlihatkan inovasi mereka dibidang itu.

Nah, bagaimana jika suatu saat nanti tugas manusia tergantikan oleh robot-robot pintar ini?. Tentu banyak pengangguran dimasa depan. Bahkan, yang ditakutkan, dunia akan dikuasai oleh robot seperti dalam film Terminator. Iya kan?.

Baru-baru ini sebuah survei dilakukan oleh Pew Research Internet Project dan Elon University’s Imagining the Internet Center yang melakukan survei mengenai kecerdasan buatan, robotika dan teknologi modern lainnya dalam hal keterkaitannya dengan tenaga kerja.

Dalam survei itu diajukan beberapa pertanyaan kepada sekitar 1.800 responden yang kesemuanya adalah pakar IT. Pertanyaan paling mendasar adalah apakah dimasa depan manusia dapat hidup berdampingan dengan robot?. Dan apakah peran manusia seperti di kantor dapat digantikan oleh robot?.

Asimo - Robot Manusia Dari Honda.

Asimo – Robot Manusia Dari Honda.world.honda.com.

Yang cukup mengejutkan ternyata 42 persen responden percaya jika dimasa depan robot akan menggantikan pekerjaan manusia sehari-hari. Dapat dipastikan jika hal itu terjadi, pengangguranpun semakin bertambah. Bahkan, yang paling di khawatirkan robot nantinya dapat menguasai dunia.

“Diprediksi dunia pekerjaan berubah secara radikal di tahun 2025, namun itu hanya akan terjadi di negara maju dengan investasi besar dalam bidang teknologi, pendidikan, dan infrastruktur modern. Beberapa jenis pekerjaan manusia nantinya akan diserahkan sepenuhnya kepada robot”, kata Rangaswami, Kepala Ilmuwan dari Salesforce.com.

Peneliti lainnya, Aaron White juga mengkhawatirkan aspek evolusi yang akan terjadi. Seperti misalnya jumlah manusia yang efektif dipekerjakan, peningkatan pendapatan yang tidak setara, bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan dalam kehidupan bersosial.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh seorang jurnalis dari New York Times yaitu John Markoff. Meski survei ini sulit diprediksi, namun dia percaya jika dalam beberapa dekade kedepan, pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot. “Jika kita kembali ke masa 15 tahun yang lalu, orang tidak akan menyangka jika SEO (Search Engine Optimization) dapat menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan seperti saat ini”.

Video YouTube: Robot Pintar Honda Asimo.

Meskipun demikian, sebanyak 52 persen responden lainnya masih meyakini jika ras manusia akan tetap bertahan dimasa depan dan peran robot tidak akan menggantikan tugas-tugas manusia. Mayoritas responden sepakat jika teknologi robot pintar dapat bermanfaat bagi manusia dengan meningkatkan pendidikan dan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan teknologi itu sendiri.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mulai Tahun 2025 Tugas Manusia Akan Digantikan Oleh Robot, Bakalan Banyak Pengangguran Dong!,


Diterbitkan pada: Kamis, 14 Agustus 2014
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright