Software dan Games PC

Download Smadav Terbaru – Smadav 9.8.1 – Hapus Tuntas Virus Shortcut Trasher / Dorkbot

Smadav kembali merilis antivirus terbarunya lewat Smadav 9.8.1. Versi ini sudah dapat di unduh melalui website resminya. Link download tersedia di akhir artikel. Apa yang baru dari Smadav 2014 Rev. 9.8.1 ini?. Selain menambahkan database 651 varian virus baru dan kesalahan deteksi serta perbaikan-perbaikan bug dari versi smadav sebelumnya, di versi ini tim Smadav telah menambahkan teknik pendekteksian virus, diantarnya adalah VBS pada USB dan virus Trasher atau virus Dorkbot.

Untuk di ketahui, saat ini virus shortcut Trasher/Dorkbot menjadi salah satu virus yang paling banyak menyerang sistem komputer atau USB. Penyebarannya begitu cepat, karena selain terbilang canggih, virus ini dapat mengupdate dirinya sendiri. Sehingga di butuhkan pula sebuah antivirus yang up to date untuk menghapusnya.

Berdasarkan info dari blog Smadav, cukup sulit mengenali ciri-ciri komputer yang telah terinfeksi virus ini. Namun yang pasti, virus shortcut Trasher atau virus Dorkbot ini selalu membuat file induk di sistem Windows dengan nama-nama file seperti yang tertera di bawah ini:

C:\Users\%Username%\AppData\Local\Temp\Adobe\Reader_sl.exe
C:\Users\%Username%\AppData\Roaming\Update\Explorer.exe
C:\Users\%Username%\AppData\Roaming\temp.bin
C:\Users\%Username%\AppData\Roaming\ScreenSaverPro.scr

Atau jika Anda kebetulan masih menggunakan sistem operasi Windows XP, virus ini akan meninggalkan folder / file di rot C:\Documents and Settings\*****\Local Settings\Temp\ saat terkoneksi dengan internet.

Silahkan di cek. Jika salah satu folder di sistem Windows ada salah satu file-file seperti yang diatas (Reader_sl.exe, Explorer.exe, temp.bin dan ScreenSaverPro.scr) dipastikan komputer telah terinfeksi oleh virus ini.

Download Smadav 2014 Terbaru Versi 9.8

Smadav 2014 Versi 9.8.1

Lalu apa bahayanya virus ini?. Lavasoft mengungkapkan virus ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan pembuatnya melalui jaringan IRC. Dengan demikian, pencurian data dan password sangat di mungkinkan terjadi apabila sudah terinfeksi oleh virus ini. Untuk itu, lakukan segera proses scanning dengan antivirus yang dapat mengenali varian virus ini. Setelah komputer atau USB di bersihkan, ada baiknya untuk mengganti password yang di anggap penting dengan segera.

Lalu bagaimana cara menghapus virus shortcut Trasher atau virus Dorkbot ini?.

Kabar baiknya virus shortcut Trasher atau virus Dorkbot yang dapat melakukan pencurian data ini telah di kenali oleh Smadav terbaru 9.8. Lakukan update atau download versi 9.8.1 yang sudah tersedia di website Smadav. Lakukan pembersihan, baik di PC, laptop maupun USB. Jika di temukan, hapuslah dengan segera. Jangan lupa, ubahlah password yang selama ini Anda gunakan saat ber internet. Download Smadav 2014 – 9.8.1 disini atau disini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Download Smadav Terbaru – Smadav 9.8.1 – Hapus Tuntas Virus Shortcut Trasher / Dorkbot,


Diterbitkan pada: Rabu, 10 September 2014
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright