Sains

Inilah Robot Penjaga Keamanan Yang Dikembangkan Oleh Knightscope

Kini penjaga keamanan atau Security Guard tengah di implementasikan dalam bentuk sebuah robot oleh Knightscope. Jika sebelumnya pabrikan Honda telah berhasil membuat Asimo, robot pembantu rumah tangga, kemudian Google dengan robot pintarnya berupa mobil tanpa awak dan Sony dengan robot anjingnya, maka start up yang berbasis di Mountain View itu tidak mau ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan raksasa teknologi tersebut dengan mengembangkan robot penjaga keamanan yang mereka namai K5.

Uji coba robot penjaga keamanan K5 (security guard robot) dilakukan oleh perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft. Entah apakah kedepannya Microsoft akan menggunakan robot ini atau mempunyai rencana untuk mengakuisisi Knightscope, belum ada keterangan resminya. Namun yang pasti, robot penjaga keamanan ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Dari postur, K5 memiliki tinggi 5 kaki atau sekitar 1,5 meter dengan panjang 914 mm dan lebar 813 mm serta dengan bobot 136 Kg. Bentuknya seperti kapsul, lebih tepatnya berbentuk peluru.

K5 Robot Penjaga Keamanan Buatan Knightscope

Robot penjaga keamanan ini memiliki fitur kamera canggih untuk memantau keadaan disekeliling dimana dia ditempatkan. Kamera ini terintegrasi langsung melalui jaringan WiFi. Sehingga memungkinkan K5 untuk memperlihatkan atau berbagi video secara langsung ke pusat pengendali.

Beberapa teknologi sensor dan laser canggihpun disematkan kedalam K5. Bahkan, sensor-sensor yang ada di dalam robot penjaga keamanan ini mampu membaca dan mengenali sebuah pelat nomor kendaraan sekaligus mengirimkannya dan memeriksanya ke dalam databases keamanan yang sudah dibuat sebelumnya.

Sebagai robot keamanan yang canggih, K5 ternyata juga mampu mendeteksi setiap gerak-gerik yang mencurigakan. Jika itu terjadi, K5 akan melaporkannya kepada pengawas atau pusat pengendali. Hebatnya lagi, robot penjaga keamanan ini juga mampu melacak dan menganalisis wajah seseorang.

Meski fungsinya sebagai robot penjaga keamanan, Knightscope belum melengkapi K5 dengan persenjataan layaknya seperti militer atau polisi. Namun kemungkinan itu bisa saja terjadi jika robot ini nantinya ditempatkan di fasilitas-fasilitas penting seperti misalnya fasilitas milik pemerintah yang membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Seperti yang diungkapkan oleh William Santana Li, selaku CEO Knightscope, robot merupakan alat yang sempurna untuk menggantikan tugas manusia yang bersifat monoton dan berbahaya seperti untuk menjaga keamanan yang membutuhkan perencanaan taktis dan pemikiran tinggi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Robot Penjaga Keamanan K5

Saat ini, K5 sudah dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat beroperasi selama 24 jam penuh hanya dengan sekali pengisian baterai. Pengisian baterai inipun tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 20 menit saja.

Berikut adalah video YouTube robot penjaga keamanan K5 yang diperkenalkan oleh CEO Knightscope, William Santana Li. Sumber dan gambar robot K5: Wikipediaknightscope.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Inilah Robot Penjaga Keamanan Yang Dikembangkan Oleh Knightscope,


Diterbitkan pada: Minggu, 23 November 2014
Rating : 3.33 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright