Software dan Games PC

Fitur Baru dan Sistem Keamanan Pada Windows 8.1

Microsoft mengumumkan secara resmi fitur-fitur baru yang ada di Windows 8.1 (Windows Blue). Update mayor dari versi Windows 8 ini lebih ditujukan ke sistem keamanan yang akan ditanamkan secara cloud dan perbaruan pada tampilannya. Windows 8.1 (Windows Blue) rencananya akan resmi dirilis pada tanggal 26 Juni 2013 mendatang.

Namun, sebelum Windows 8.1 preview dirilis, kita bisa mengetahui beberapa fitur baru yang akan ditambahkan oleh pihak Microsoft. Melalui event TechEd yang diadakan beberapa waktu yang lalu. Windows 8.1 atau Windows Blue akan dilengkapi dengan sebuah konsep yang dinamakan dengan “Provable PC Health”. Sebuah konsep yang memungkinkan sistem mendeteksi proses instalasi dari suatu software apakah aman dipasang bersama pada Windows 8.1. Selain fitur keamanan yang disempurnakan, beberapa fitur penting lainnya juga akan ditambahkan pada Windows 8.1. Berikut adalah beberapa fitur tersebut.

 

Fitur-fitur baru yang di tanamkan pada Windows 8.1 :

 

Harga dan tanggal rilis Windows 8.1 - Windows BlueModern UI Experience.

  • Boot to Desktop: Fitur ini memungkinkan Windows 8.1 untuk melakukan proses booting langsung ke desktop.
  • Snap Views yang Fleksibel: Pengguna Windows 8.1 nantinya bisa membuka banyak aplikasi sekaligus. Fitur Snap juga lebih fleksibel yaitu bisa membagi layar untuk 2 atau 3 aplikasi.
  • Desktop dan Start Screen: Melalui fitur ini, pengguna mouse dan keyboard bisa langsung mengakses start screen dan desktop dengan lebih mudah.

 

Fitur Keamanan (Security Enhancements) di Windows 8.1.

  • Malware Resistance: Melalui fitur ini, Windows Defender akan melakukan monitoring network untuk mendeteksi, sekaligus akan menghentikan eksekusi jika di curigai ada malware yang mencoba untuk menyusup ke sistem Windows 8. Selain itu, Internet Explorer akan melakukan scan ekstensi binary atau ActiveX untuk membuat Windows 8.1 tetap aman pada kondisi settingan awal.
  • Remote Business Data Removal: Fitur ini memungkinkan pengguna Windows 8.1 bisa menghapus data dengan aman secara remote menggunakan protokol EAS + OMA-DM atau hanya dengan protokol EAS saja.
  • Pervasive Device Encryption: Melalui fitur ini, data di Windows akan terenkripsi secara otomatis. Bagaimana kerja fitur ini?. Jika pengguna Windows 8 mengaktifkan dan menggunakan Microsoft Acount, secara otomatis data-data pengguna akan terenkripsi dan terlindungi (device encryption).
  • Improved Biometrics: Fitur ini dilengkapi dengan fingerprint biometrics untuk otentikasi berbasis data biometrik. Fungsi Otentikasi biometrik ini digunakan pada beberapa app Windows seperti Windows sign-in, User Account Control, remote access, dsb.
  • Device Lockdown: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan satu tampilan Windows Store App di perangkat Windows 8.1. Salah satu manfaat dari fitur ini adalah sebagai aplikasi edukasi dan media belajar untuk anak.
  • Internet Explorer 11: Windows 8.1 telah dilengkapi dengan Internet Explorer 11 yang di klaim lebih cepat serta dilengkapi dengan antimalware.

Bebarapa fitur untuk sistem keamanan di Windows 8.1 diharapkan lebih baik dari Windows 8 versi sebelumnya. Selain dua fitur penting diatas, masih ada beberapa fitur baru di Windows 8.1 seperti:

 

Mobility Enhancements.

  • VPN: Ditambahkan kemampuan applikasi untuk terkoneksi ke VPN secara otomatis serta dukungan terhadap VPN client pada Windows 8.1.
  • Mobile Broadband: Fitur ini telah mendukung embedded wireless radio yang berfungsi untuk menghemat pemakaian energi dan baterai di Windows 8.1
  • Broadband Tethering: Fitur ini memungkinkan perangkat Windows 8.1 bisa dijadikan sebagai Hotspot.
  • Auto-triggered VPN: Fitur ini berfungsi untuk memberikan notifikasi sign-in atau pemberitahuan dengan hanya sekali klik saja jika pengguna memilih aplikasi yang membutuhkan akses ke VPN.

 

BYOD (Bring Your Own Device) Enhancements.

  • Workplace Join: Fitur ini memungkinkan pengguna Windows 8.1 bisa membawa perangkat ke tempat kerja dan tetap bisa mengakses resource perusahaan melalui Workplace Join. Untuk pengaturan, IT admin bisa menyetting resource apa saja yang boleh di akses dan resource mana saja yang tidak di izinkan untuk di akses.
  • Work Folder: Fitur Work Folder adalah sebuah fitur dimana sebuah folder bisa dibuat secara local. Folder ini akan terus tersinkronisasi dengan data yang ada di data center perusahaan. Setiap ada perubahan baik di local maupun data center, dengan otomatis akan langsung tersinkronisasi. Fitur Work Folder ini sangat berguna untuk digunakan sebagai folder kerja team yang bisa dibuka secara bersama.
  • Open MDM: Fitur ini memungkinkan Windows 8.1 bisa di atur melalui perangkat mobile management seperti Air Watch atau Mobile Iron.
  • Web Application Proxy: Fitur ini memungkinkan pengguna Windows 8.1 dapat mempublish akses ke resource perusahaan. Pengguna yang akan memakai fitur ini nantinya akan dihadapkan pada multi-factor authentication yaitu suatu sistem verifikasi user dan device.
  • RDS Enhancements: Fitur ini lebih ditujukan kepada administrator, dimana administrator Windows 8.1 bisa melihat sekaligus mengendalikan user yang ada di RDSH server.
  • NFC Tap-to-Pair Printing dan Wi-Fi Direct Printing. merupakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk menggunakan atau mengakses printer-printer yang terhubung dalam jaringan pada Windows 8.1.

Itulah beberapa fitur baru dan sistem keamanan pada Windows 8.1. Lalu berapa harga lisensi untuk Windows 8.1 (Windows Blue) ini?.

 

Harga Windows 8.1

Harga Windows 8.1 - Windows Blue

Bagi pengguna Windows 8 original, ini adalah kabar dan moment yang di tunggu-tunggu. Karena pihak Microsoft tidak akan memungut biaya untuk update – upgrade ke Windows 8.1, alias GRATIS.  Dengan syarat, komputer atau laptop kita sudah menggunakan Windows 8 yang asli sebelumnya. Tinggal update melalui Windows Store. Yups, kita tunggu saja update dan rilis resmi Windows 8.1 Preview (Windows Blue) pada tanggal 26 Juni 2013 mendatang.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Fitur Baru dan Sistem Keamanan Pada Windows 8.1,


Diterbitkan pada: Selasa, 11 Juni 2013
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright