Sains

Ralph H. Baer, Bapak Video Konsol Games Meninggal Di Usia 92 Tahun

Dunia teknologi kembali kehilangan. Ralph H. Baer dikabarkan telah meninggal dunia kemarin dirumahnya, di New Hampshire. Penemu video game konsol pertama itu meninggal di usia 92 tahun. Ayah tiga orang anak ini merupakan tokoh penting dalam dunia teknologi khususnya dibidang konsol game. Kontribusinya sangat besar dalam pengembangan dunia game. Bahkan, julukan bapak video konsol game terus melekat padanya sampai kini.

Ralph H. Baer lahir di Jerman pada 8 Maret 1922. Penemu game konsol ini kemudian memboyong keluarganya pindah ke Amerika dan menetap di Kota New York sampai tahun 1938. Saat itu, Baer sempat bekerja di pabrik kulit dan menjadi teknisi servis radio. Dia juga sempat bekerja di bagian Intelijen Amerika Serikat.

Pria yang mendapat gelar sarjana ilmu teknik televisi dari Institut Teknologi Televisi Amerika itu akhirnya pindah ke Sander, tepatnya pada tahun 1956. Disinilah awal dia mulai menciptakan video game konsol pertamanya.

Sebagai insinyur kontraktor pertahanan di Amerika Serikat, Baer terus mencoba mengembangkan temuannya itu. Pada tahun 1966 dia berhasil memainkan game pada layar televisi yang disebut-sebut sebagai Brown Box. Temuannya ini akhirnya melahirkan Magnavox Odyssey, sebuah game konsol rumah pertama di dunia.

Dizaman itu, untuk memainkan game diperlukan sebuah komputer besar yang harganya cukup mahal. Dengan temuannya itu, game dapat dimainkan dengan biaya lebih murah melalui sebuah layar televisi saja. Selain Magnavox Odyssey, diketahui jika Baer juga menghasilkan video game seperti Handballa, Ping-Pong dan Soccer.

Kemudian, pada tahun 1971 akhirnya Sander Associates mendaftarkan hak paten atas temuan itu ke badan paten Amerika Serikat. Setahun kemudian patenpun keluar, paten untuk “Television Gaming Apparatus” dengan nomor 3,659,285 dan paten untuk “Television Gaming and Training Apparatus” dengan nomor 3,728,480 pada bulan April 1973.

Konsol game pertama temuan Ralph H. Baer merupakan konsol game yang sangat sederhana. Meski sederhana bila dibandingkan dengan game konsol seperti PlayStation dan Xbox, namun sangat canggih di zamannya. Konsol game tersebut juga tanpa suara.

Namun siapa sangka, di tahun 1972 konsol game Odyssesy temuannya itu telah terjual hampir 100 ribu unit. Akhirnya, temuannya itu menjadi kontribusi yang cukup penting dalam dunia konsol game hingga saat ini.

Selama menjalani karirnya, Ralph H. Baer terus mengembangkan video konsol game temuannya itu. Dia juga mengembangkan konsol game berbentuk pistol yang dapat dimainkan dengan menggunakan layar televisi.

Ralph H Baer Penemu Video Konsol Game

Ralph H Baer – Bapak Video Konsol Game.

Sumber dan gambar : www.washingtonpost.com  – www.ralphbaer.com.

Atas kontribusinya itu, pada tahun 2006 Ralph H. Baer mendapat penghargaan National Medal of Technology dari mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush dan pada tahun 2010 dia di nobatkan sebagai penemu nasional. Selamat jalan bapak video konsol game.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ralph H. Baer, Bapak Video Konsol Games Meninggal Di Usia 92 Tahun,


Diterbitkan pada: Selasa, 9 Desember 2014
Rating : 3.33 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright