Tips dan Trik

Cara Mudah Membatalkan Pesan Terkirim Di Gmail

Pengguna akun Gmail kini bisa menggunakan fitur baru yang cukup bermanfaat. Layanan email milik Google ini telah ditambahkan sebuah fitur undo send atau membatalkan email yang terkirim, bisa dikatakan hampir sama dengan fitur tarik pesan di BBM Android. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak 6 tahun yang lalu. Hanya saja belum di rilis untuk umum dan hanya bisa di coba di Gmail Labs.

Seperti namanya, fitur “Undo Send” di Gmail berfungsi jika suatu saat Anda salah mengirimkan pesan kepada seseorang. Jika itu terjadi, Anda bisa menggunakan fitur ini dan pesan yang Anda kirim tersebut akan ditarik atau dibatalkan. Bayangkan jika isi email tersebut merupakan email dengan data dan isi yang sensitif. Lalu Anda mengirimnya kepada kontak yang salah. Untuk itulah fitur ini akhirnya disediakan oleh Google sebagai fitur utama di Gmail.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur Undo Send di Gmail?. Cukup mudah. Melalui dashboard Gmail Anda, silahkan klik logo / lambang Gear (peralatan) di bagian sudut kanan atas Gmail. Kemudian klik “Setelan”.

Dihalaman pengaturan email, temukan fitur “Urung Kirim” dan centang kotak kecil “Aktifkan Urung Kirim”. Kemudian, pilih waktu pemberitahuan “urung”. Anda dapat memilih antara 5 sampai 30 detik.

Cara Mengaktifkan Fitur Undo Send Di Gmail

Cara Mengaktifkan Fitur Undo Send Di Gmail.

Setelah di set, kemudian saatnya untuk mengetes fitur ini. Caranya?. Untuk menggunakan fitur membatalkan pengiriman pesan di Gmail cukup dengan menulis dan mengirim pesan seperti biasanya. Hanya saja, setelah Anda mengaktifkan fitur undo send ini, ada sedikit perubahan yaitu pemberitahuan setelah pesan dikirim seperti gambar dibawah.

Cara Menggunakan Fitur Undo Send Di Gmail

Cara Menggunakan Fitur Undo Send Di Gmail.

Untuk mengurungkan pengiriman pesan, cukup dengan mengklik tulisan “urung” seperti gambar diatas. Lamanya pemberitahuan tersebut tergantung dari pengaturan waktu pemberitahuan “urung” yang telah di set sebelumnya. Jika Anda set selama 5 detik, pemberitahuan akan hilang setelah 5 detik. Untuk itu, sebaiknya waktu di set ke angka terlama (30 detik).

Lalu apa yang terjadi jika Anda mengklik tulisan “Urung” pada pemberitahuan setelah pesan dikirim?. Anda akan dibawa kembali ke layar penulisan pesan Anda. Cukup mudah bukan?. Sayangnya, saat ini fitur undo send belum bisa digunakan pada Gmail berbasis mobile. Jadi Anda harus menggunakannya melalui komputer atau laptop. Via: Google.com.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mudah Membatalkan Pesan Terkirim Di Gmail,


Diterbitkan pada: Kamis, 25 Juni 2015
Rating : 5 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mudah Membatalkan Pesan Terkirim Di Gmail".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright