Sosial Media

Mundur Dari Jabatan CEO, Pendiri Google Dirikan Alphabet

Dua pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin mundur dari kursi kepemimpinan Google dan lebih memilih mendirikan perusahaan baru Alphabet Inc. Ada apakah gerangan?. Usut punya usut ternyata Alphabet didirikan untuk menaungi dan membawahi Google serta seluruh cabang perusahaan lainnya yang sebelumnya di bawah manajemen Google dan diluar Google.

Dengan begitu setiap bagian bisnis yang telah ada bisa di manajemen dan berjalan sendiri-sendiri dibawah struktur Alphabet. Seperti Google misalnya. Google nantinya bisa lebih fokus mengurus bisnis utama mereka yaitu mesin pencari, periklanan, YouTube, Maps, Aplikasi dan Android.

Tidak seperti sebelumnya, Google harus menaungi bisnis lain yang tidak ada kaitannya dengan produk internet dan terkesan seperti perusahaan yang amburadul. Dibawah Alphabet, model bisnis pun berubah. Masing-masing perusahaan akan mengembangkan model bisnis mereka sendiri-sendiri tanpa saling campur tangan dan masing-masing perusahaan tersebut akan dipimpin oleh seorang CEO. Selain Google, perusahaan-perusahaan tersebut adalah Google X, Google Capital, Calico, Nest, Fiber dan Google Ventures. Dan seperti inilah gambaran struktur perusahaan Alphabet Inc.

Struktur Perusahaan Alphabet Dan Google

Struktur Perusahaan Alphabet Dan Google. (CNN)

Meski akan dipecah menjadi perusahaan-perusahaan yang berdiri sendiri-sendiri, namun tidak bisa dipungkiri Google-lah perusahaan terbesar diantara yang lainnya yang akan di naungi oleh Alphabet.

Lalu siapa yang menggantikan Larry Page dan menjabat CEO baru Google?. Siapa lagi kalau bukan orang kepercayaan kedua pendiri Google itu. Orang tersebut adalah Sundar Pichai yang sebelumnya merupakan mantan kepala produk Google. Pichai lahir di Tamil Nadu, India, dan bukan orang baru di Google. Beberapa jabatan penting di Google pernah dia jalankan seperti kepala divisi Chrome dan divisi Android.

Sementara itu, kedua pendiri Google akan mengisi jabatan baru di Alphabet. Larry akan menjabat sebagai CEO dan Sergey menjabat sebagai Presiden Alphabet.

Lalu mengapa keduanya memilih nama Alphabet untuk perusahaan baru mereka?. Larry Page, dalam surat yang ditulisnya di website Alphabet di https://abc.xyz/ menuliskan jika mereka menyukai nama Alphabet karena merupakan kumpulan huruf yang mewakili bahasa, salah satu inovasi manusia yang paling penting, dan merupakan inti dari bagaimana mereka mengindeks melalui mesin pencarian Google.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mundur Dari Jabatan CEO, Pendiri Google Dirikan Alphabet,


Diterbitkan pada: Selasa, 11 Agustus 2015
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright