Tips dan Trik

Driver Acer 4540 untuk Windows XP

Mencari driver Acer 4540 untuk Windows XP ternyata susah-susah mudah. Apa ini berarti Windows XP bakalan di matiin ya ?. Mengingat, pada DVD driver yang disertakan pada paket pembelian Acer 4540, hanya sedikit yang support untuk Windows XP. Vendornya sendiri (Acer) tidak menyediakan driver windows xp khusus untuk seri 4540 ini. Yang ada hanya driver untuk windows Vista dan Windows 7. Adakah kepentingan bisnis dibalik ini (kaya’ pakar ekonomi) ataukah memang Acer 4540 ditujukan khusus untuk pengguna Windows Vista dan Windows 7 saja ?. Itu pertanyaan di benak saya setelah selesai melakukan uji coba, bongkar pasang driver pada Acer 4540 yang menggunakan OS Windows XP tadi sore.

Bermula ketika rekan Blogger dari Yamaha yang satu ini mengeluhkan Notebook Acer 4540 yang baru saja dibeli seminggu yang lalu. Ketika browsing di internet dalam durasi 30 menit lebih, Acer 4540 miliknya selalu ngambek bahkan sering restart sendiri sesuka hati. Analisa pertama sich bisa jadi ada pada browser firefox nya. Setelah dicoba menggunakan IE dan Opera, masalahnya sama saja.

Driver Acer 4540

Acer 4540

Karena cukup penasaran, saya sarankan untuk membawa notebook tersebut langsung ke bengkel rumah. Begitu saya cek sendiri, dugaan mengenai suhu pun tersingkirkan. Bahkan, Acer 4530 punya saya sendiri lebih ekstrim suhunya ketika diajak browsing di internet dalam durasi lebih dari 30 menit. Lalu apa masalahnya ?. Tentu hal yang pertama adalah mengecek spesifikasi dari Acer 4540 ini ke situs resminya. Disini kemudian muncul kecurigaan pada kekompatibelan driver seperti yang saya tulis pada awal postingan ini. Ya, memang untuk tipe 4540 pihak Acer tidak menyediakan driver untuk Windows XP. So, mengapa harus dipaksakan menggunakan OS Windows XP ?. Ada beberapa alasan. Yang pertama tentunya masalah kefamiliaran/kebiasaan. Hampir kebanyakan orang sudah terbiasa dengan OS Windows XP. Jadi, kalau pakai OS yang lain sepertinya bingung sendiri 😀 . Alasan kedua, untuk OS baru Windows Vista dan Windows 7, KATANYA rakus akan memory. Ini benar adanya. Untuk performance yang NORMAL, butuh RAM lebih dari 1 Gb jika menggunakan Windows 7 pada Acer 4540. Ini berdasarkan pengalaman setelah saya melakukan uji coba menggunakan OS Windows 7 dengan RAM 1 Gb. Inilah Dilema yang dihadapi. Disatu sisi, bila menggunakan Windows XP ada-ada saja masalah karena ketidak cocokan driver. Disisi lainnya, bila menggunakan Windows 7, harus upgrade RAM agar kinerjanya lebih optimal. Sebenarnya, untuk menjamin kelangsungan umur dari notebook ini selayaknya menggunakan OS yang telah direkomendasikan oleh vendor. Masalahnya, ni laptop/notebook masih dalam keadaan garansi hardware 🙁 . Kalau mau ditambahin RAM, berarti harus buka segel, buka segel berarti hilang garansi 😡 .

Windows XP tidak begitu cocok untuk Acer 4540.
Mengapa saya berani bilang begitu ?. Menurut pendapat saya, jikapun Acer 4540 dipaksakan menggunakan OS Windows XP, sama saja dengan mesin Motor Jupiter yang dipaksa dipasang ke motor V-XION :mrgreen: . Jelas. Yang pertama, dengan tetap memaksa menggunakan Windows XP, otomatis fitur SATA pada harddisk terbuang dengan sia-sia. Mengapa ?. Karena installasi windows XP harus di set ke mode IDE. Terkecuali ada driver SATA yang support untuk Windows XP. Sayapun googling sampai ke negeri China. Hasilnya ?. Nol besar. Memang ada sich yang menyediakan link download driver SATA untuk Windows XP. Kebanyakan driver tersebut mengadopsi driver SATA Windows XP kepunyaan Acer 4530. Kebetulan saya mempunyai DVD Windows XP yang sudah terintegrasi dengan driver SATA kepunyaan Acer 4530. Saya coba installasi melalui mode AHCI, hasilnya ?. Si Layar Biru datang menghampiri sambil menari riang 🙁 . Saya berani simpulkan, Windows XP tidak bisa di install pada Acer 4540 dalam mode AHCI. Tolong dikoreksi jika ada yang berhasil installasi Windows XP dengan mode AHCI. Sayangkan fitur Harddisk yang sedikit canggih harus dikorbankan ?. Sedangkan harddisk pada Acer 4540 merupakan harddisk SATA yang akan bekerja optimum pada mode AHCI. Yang kedua, yang tak kalah menariknya adalah driver “LAUNCH MANAGER” yang menangani fungsi tombol “Fn”. Apa masalahnya ?. Pada Acer 4540 yang menggunakan Windows XP, fungsi dari tombol untuk mengatur kecerahan/kontras pada layar Notebook tidak akan bekerja, benar-benar tidak berfungsi. Kedua masalah ini dan seluruh ketidak cocokan driver sebenarnya CLEAR, jika kita menggunakan OS Windows 7.

Trouble Shooting yang Unik pada Acer 4540.
Permasalahan dan pemecahannya mungkin setiap orang akan berbeda. Saya tidak menjamin 100 persen jika masalah dan pemecahannya akan sama seperti halnya Acer 4540 yang saya tangani.

  1. Acer 4540 selalu ngambek dan sering restart sendiri pada saat browsing di internet. Solusi : Hapus/uninstall driver modem dan driver LAN.
  2. Suara Pecah pada Acer 4540. Solusi : Hapus/uninstall driver Sound dan driver Wifi.
  3. Acer 4540 tidak bisa restart atau shutdown. Solusi : Hapus/uninstall driver Webcam.

Ada baiknya sistem Windows XP nya di install ulang kembali. Kemudian baru install satu-persatu driver yang ada dalam DVD Driver. Jangan melalui autorun. Pilih driver secara manual didalam folder “DRV”. Install satu persatu dengan sabar. Lihat, apakah ada masalah ketika satu driver selesai di installasi. Kalau tidak ada masalah, silahkan install driver yang lainnya secara bergantian dan lihat efeknya. Berikut ini adalah driver-driver pilihan didalam DVD driver Acer 4540 yang cocok menurut versi saya.

Driver Windows XP yang cocok untuk Acer 4540.

Penting !. Jika kita tetap memaksakan menggunakan OS Windows XP, mau tak mau harus memilah driver yang cocok untuk Acer 4540. Benar, ini kejadian ketika mau installasi melalui DVD driver nya (dalam mode autorun), laptop/notebook selalu restart sendiri. Cara mengatasinya adalah dengan memilih langsung driver pada folder “DRV” didalam DVD driver. Setelah bongkar pasang, hapus dan install, saya menyimpulkan untuk driver yang cocok digunakan didalam DVD driver Acer 4540 adalah sebagai berikut :

  1. AMD VGA CHIP M92XT  —-  MOD01DRVOJ00P80001
  2. REALTEK AUDIO CODEC ALC888S  —-  MOD01DRV7A000H0003
  3. ATHEROS LAN AR8131L  —-  MOD01DRVSE000H000C
  4. FOXCONN TW MODEM FOX+CON MC4Z 1.5_3.3V AUS  —-  MOD01DRVVD000H0002
  5. FOXCONN TW WIRELESS LAN 3RD WIFI 1X2 BGN ATHEROS HB93  —-  MOD01DRVUZ00P8000K
  6. FOXCONN TW BLUETOOTH BT 2.1 BROADCOM 2046  —-  MOD01DRVV900P8000J
  7. CHICONY CAMERA UTILITY CRYSTAL EYE  —-  MOD01DRV4000P8000R
  8. DRITEK LAUNCH MANAGER (ACER)  —-  MOD01D000200P8000E
  9. REALTEK CARD READER CHIP RTS5159-GR  —-  MOD01DRVVH000H000G

Saran : Install satu persatu driver Acer 4540 sesuai dengan urutan diatas. Untuk driver lainnya, tidak usah digunakan. Hanya sembilan driver diatas yang telah lulus uji coba selama seharian penuh 😀 . Baik saat browsing maupun menjalankan game seperti games Call Of Dutty 4.

Itu saja tips windows kali ini. O ya, jangan lupa tinggalkan komentar jika ada perbedaan pendapat atau yang telah menemukan cara installasi mode AHCI pada Acer 4540 dengan OS Windows XP, Mohon bimbingan dan masukannya.

Special thanks to : Blogger Yamaha. Repot ??? Ga lah, wong emang hobby dengan dunia yang satu ini 😀 , sisi positifnya adalah ilmu dan pengalaman. Dan setidaknya ada bahan untuk posting hari ini 😆 yang bermanfaat disela berburu domain gratis.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Driver Acer 4540 untuk Windows XP,


Diterbitkan pada: Jumat, 5 Maret 2010
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright