Sosial Media

Rekber Blackpanda Di Kaskus Gelapkan Uang Kaskuser Hingga 500 Jutaan

Cara pembayaran online yang biasa dilakukan di Forum Jual Beli Kaskus (FJB Kaskus) akhirnya bermasalah. Rekening bersama (Rekber) Blackpanda diduga telah menggelapkan uang pengguna Kaskus atau yang sering disebut kaskuser. Padahal, Blackpanda merupakan penyedia jasa rekber yang cukup terpercaya dengan banyaknya penjual dan pembeli menggunakan jasanya. Namun entah mengapa seiring berjalannya waktu, sepertinya Blackpanda mulai membuat gaduh di forum dan sosial media buatan anak negeri itu.

Nilai uang yang digelapkan oleh akun rekber Blackpanda juga tidak sedikit. Ini terlihat dari halaman khusus yang dibuat untuk merekap semua pengguna Kaskus yang menjadi korbannya. Sampai malam ini setidaknya ada 170-an pengguna dengan total uang yang belum dikembalikan lebih dari 500 jutaan.

Korban Rekber BlackPanda Di Kaskus

Korban Rekber BlackPanda Di Kaskus. (Google Docs).

Berdasarkan informasi dari laman yang dibuat oleh pengguna Kaskus yang menjadi korban rekber Blackpanda, sudah ada uang yang dikembalikan meski tidak sepenuhnya utuh. Padahal uang yang mereka setorkan jumlah tidak sedikit. Ada yang 1 juta rupiah bahkan lebih. Salah satunya adalah akun afterme. Dia baru menerima pengembalian uang sebesar 250 ribu dari total Rp 2.610.000.

Lihat juga: beli iPhone 6 di Lazada, Malah dikirimi sabun.

Dengan adanya permasalahan ini, hendaknya manajemen Kaskus bisa memfasilitasi sistem pembayaran antara penjual dan pembeli dengan membuka rekening bersama resmi dibawah manajemen Kaskus sendiri, seperti halnya Tokopedia. Apalagi saat ini Kaskus merupakan komunitas terbesar di Indonesia dengan jumlah penggunanya lebih dari 7 juta orang.

Sebagai informasi, rekber atau rekening bersama adalah salah satu cara pembayaran yang sudah ada sejak lama di Forum Jual Beli Kaskus. Pemilik rekening bersama bisa perseorangan atau sebuah perusahaan yang menjadi perantara atau pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Diluar negeri sistem ini lebih dikenal dengan Escrow.

Tujuan sistem rekening bersama ini sebenarnya untuk keamanan transaksi online sendiri. Terutama di pihak pembeli. Dimana pembeli tidak langsung mentransfer uang ke penjual yang mungkin masih diragukan kredibilitasnya. Pembeli akan mentrasnfer uangnya melalui rekening bersama. Setelah barang diterima, pembeli akan mengkonfirmasi ke pemilik rekening bersama jika barangnya sudah sampai sesuai dengan pesanan. Selanjutnya, dari pihak rekening bersama baru mentransfer pembayaran tersebut ke penjual. Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini.

Mekanisme Rekening Bersama Blackpanda di Kaskus

Mekanisme Rekening Bersama Blackpanda di Kaskus.

Namun kenyataannya, pemilik rekening bersama bisa saja menyelewengkan atau menggelapkan uang pembeli seperti kasus rekber Blackpanda di Kaskus ini. Semoga ada hikmahnya bagi semua pihak.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Rekber Blackpanda Di Kaskus Gelapkan Uang Kaskuser Hingga 500 Jutaan,


Diterbitkan pada: Senin, 14 September 2015
Rating : 4.50 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright