Sains

Amazing! NASA Akhirnya Temukan Air Di Planet Mars

Baru-baru ini NASA resmi mengumumkan telah menemukan air di planet Mars. Bukti penemuan air di planet merah itu cukup membuat heboh. Pasalnya selama ini tanda-tanda kehidupan di Mars hanya sebatas rumor saja. Benarkah di planet Mars ada kehidupan?.

Studi terbaru mengenai planet Mars telah di ungkapkan melalui konferensi pers di Washington, Amerika, pada 18 September yang lalu oleh para peneliti dan ilmuwan yang tergabung di NASA.

Penemuan Air Di Planet Mars

Penemuan Air Di Planet Mars. (NASA)

Sebelumnya, mereka memang sempat memperkirakan jika di planet Mars ada air yang mengalir. Namun, mereka masih belum bisa mengungkap bagaimana air tersebut bisa mengalir karena temperatur di permukaan planet Mars dibawah nol derajat celcius.

Setelah melakukan penelitian lebih dalam selama hampir lima belas tahun belakangan terhadap selokan serta permukaan lapisan yang terus berubah sesuai dengan musim, para ilmuwan NASA semakin yakin jika ada cairan yang mengalir di planet Mars.

Seperti yang di beritakan laman BBC, Jim Green, selaku Direktur Ilmu Planet NASA mengungkapkan kepada wartawan jika Mars bukanlah sebuah planet yang kering dan gersang seperti yang mereka perkirakan selama ini. Dalam keadaan dan kondisi tertentu, ditemukan cairan dibawah Mars.

Gambar dibawah merupakan gambar selokan-selokan yang ada di planet Mars yang diambil oleh satelit Mars Reconnaisance Orbiter.

Dari gambar tersebut, NASA menjelaskan jika selokan-selokan panjang yang ada didalam kawah dan lereng tersebut terbentuk akibat di aliri oleh air asin.

Dengan ditemukannya keberadaan cairan di planet Mars, membuktikan jika planet merah tersebut masih aktif secara geologis, sekaligus memperkuat dugaan jika Mars memiliki kehidupan organisme yang sederhana.

NASA juga mengungkap temuan berbagai jenis garam yang berhasil mereka indentifikasi yang mengendap di dalam selokan-selokan tersebut. Endapan garam tersebut diketahui mengandung molekul air. Bersama es yang mencair kemudian bisa mengalir dan membentuk selokan-selokan tersebut.

Hal itulah yang menguatkan dan menjadi bukti jika ada air di planet Mars. Pertanyaannya kemudian, mengapa para peneliti dan imuwan NASA baru sekarang bisa menemukan keberadaan air di Mars?. Keterbatasan kemampuan peralatan mereka.

Sebuah alat yang bernama CRISM yang terpasang di satelit Mars Reconnaisance Orbiter yang betugas untuk melakukan penelitian air hanya bisa beroperasi sekali dalam sehari yaitu setiap pukul 3:00 sore waktu Mars, dimana waktu tersebut merupakan waktu yang tepat karena Mars dalam keadaan kondisi kering.

Dengan ditemukannya bukti baru mengenai keberadaan air tersebut, bukan tidak mungkin kedepan manusia bumi bisa menghuni planet Mars.

Lihat juga: penampakan lafaz Allah di Planet Pluto.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Amazing! NASA Akhirnya Temukan Air Di Planet Mars,


Diterbitkan pada: Selasa, 29 September 2015
Rating : 4.86 / 5 dari 7 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Amazing! NASA Akhirnya Temukan Air Di Planet Mars".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright