Sains

Ultah Prague Astronomical Clock Atau Jam Astronomi Praha Yang Ke 605

Hari ini Google memperingati hari ulang tahun yang ke 605 untuk Prague Astronomical Clock atau Jam Astronomi Praha. Jam yang memiliki sejarah panjang itu terletak di dinding selatan Praha Town Hall di kawasan Old Town Square. Praha atau dalam bahasa Ceko Prague adalah ibukota Republik Ceko.

Selain memiliki sejarah yang panjang, jam astronomi Prahara merupakan tempat tujuan wisata yang populer di Ceko. Karena nilai sejarah yang sangat penting itulah, Google memberikan penghormatan kepadanya dengan menampilkan jam tersebut di Google Doodle hari ini.

Ulang Tahun Jam Astronomi Prahara Ke 605 Google Doodle

Ulang Tahun Jam Astronomi Prahara Ke 605. (Google Doodle)

Dikutip dari laman Wikipedia, Prague Astronomical Clock Atau Jam Astronomi Praha merupakan sebuah jam berukuran raksasa dan merupakan salah satu contoh jam terbaik yang masih ada di Eropa. Desainnya sangat unik dengan kombinasi warna yang tampak elegan. Warna-warna tersebut menggambarkan aliran seni yang berkembang di Ceko dan Eropa pada waktu itu. Disebut-sebut jika jam astronomi ini merupakan penggabungan dari sains, teknologi dan seni.

Sejarah Prague Astronomical Clock

Sejarah Prague Astronomical Clock.

Jam Astronomi Praha dibuat pada 1410 dan merupakan jam besar astronomi ketiga tertua didunia yang masih bekerja.
Bagian tertua (Orloj, the mechanical clock and astronomical dial) dibuat oleh pembuat jam Mikuláš dan Jan Sindel, kemudian diteruskan oleh seorang profesor matematika dan astronomi di Universitas Charles. Penyebutan pertama yang tercatat dari jam itu pada tanggal 9 Oktober 1410.

Sejarah Jam Astronomi Praha

Sejarah Jam Astronomi Praha.

Mekanisme jam ini terdiri dari tiga komponen utama yaitu, dial astronomi yang mewakili posisi Matahari dan Bulan di langit dan menampilkan berbagai rincian astronomi. Kemudian ada presentasi para Rasul yaitu, sebuah jarum jam yang menunjukkan jam tokoh dari para Rasul dan Keempat tokoh yang mewakili entitas konstruksi Orloj’s yakni Kematian (diwakili oleh kerangka); Vanity (ditampilkan sebagai seorang pria menatap cermin); Keserakahan (diwakili oleh seorang pria dengan tas emas), dan Turki (seorang tokoh mengenakan Turban). Kemudian yang ketiga kalender dial dengan medali yang mewakili bulan.

Prague Astronomical Clock

Prague Astronomical Clock. (wikipedia)

Sebelumnya, diyakini bahwa Jam Astronomi Praha dibangun pada tahun 1490 oleh clockmaster Jan Ruze (juga disebut Hanus). Namun belakangan hal tersebut disebutkan merupakan kesalahan sejarah. Sebuah legenda, diceritakan oleh Alois Jirasek, mengatakan bahwa pembuat jam Hanus dibutakan atas perintah Anggota Dewan Praha sehingga ia tidak bisa membuat jam lainnya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ultah Prague Astronomical Clock Atau Jam Astronomi Praha Yang Ke 605,


Diterbitkan pada: Jumat, 9 Oktober 2015
Rating : 3.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright