Teknologi

Maret 2016, Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Daerah-Daerah Indonesia Ini

Peristiwa alam yang langka terjadi yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) akan terlihat di beberapa daerah di Maluku Utara pada bulan Maret 2016 mendatang. Daerah-daerah tersebut diantaranya adalah Maba, yang terletak di Kabupaten Halmahera Timur, kemudian Pulau Tengah, Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan. Karena peristiwa alam ini akan terjadi kembali setelah 250 tahun mendatang, banyak orang-orang yang mempersiapkan diri untuk melihat secara langsung gerhana matahari total di daerah-daerah tersebut. Selain orang Indonesia, wisatawan dari berbagai negara sangat antusias untuk menyaksikannya.

Kabarnya, para wisatawan manca negara yang ingin melihat Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang sudah memesan kamar hotel di Kota Ternate sejak bulan Agustus yang lalu. Angkanya cukup fantastis, sudah lebih dari 2000 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 9 Maret 2016. (NASA)

Selain antusias wisatawan untuk melihat gerhana matahari total di daerah-daerah Maluku Utara, para ilmuwan dari berbagai negara juga tertarik untuk melakukan penelitian disana. Diantaranya adalah ilmuwan dari Perancis. Samin Marsaoly, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate Maluku Utara mengungkapkan jika para ilmuwan yang berjumlah puluhan orang itu akan berkunjung ke Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara , sebelum tanggal 9 Maret 2016. Mereka akan menaiki pesawat khusus berbekal peralatan canggih untuk melakukan penelitian terkait gerhana matahari total yang dapat disaksikan disana.

Dari penelitian ilmiah yang sudah dilakukan, setidaknya sudah terjadi 224 kali gerhana bulan dan 224 kali gerhana matahari selama abad ke-20 dalam rentang waktu 1990 sampai 1999. Beberapa peristiwa alam itu ada yang bisa disaksikan dari Indonesia. Selain di Maluku Utara, menurut Nasa, Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 bisa disaksikan di daerah Indonesia lainnya yaitu Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Gerhana Matahari Total sendiri merupakan peristiwa alam yang terjadi ketika piringan bulan menutupi sebagian (GMS) atau keseluruhan dari piringan matahari (GMT). Penampakannya tergantung dari jarak bulan dan matahari serta posisi yang tepat saat melakukan pengamatan.

Tidak seperti Gerhana Matahari Sebagian ( GMS) yang bisa disaksikan di daerah lain, Gerhana Matahari Total (GMT) hanya bisa dilihat dari daerah-daerah yang dilintasi oleh bayangan umbra Matahari. Nah, Anda ingin menyaksikan peristiwa langka ini?. Silahkan berkunjung ke Maluku Utara sambil berwisata melihat keindahan alamnya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Maret 2016, Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Daerah-Daerah Indonesia Ini,


Diterbitkan pada: Senin, 14 Desember 2015
Rating : 4.45 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Maret 2016, Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Daerah-Daerah Indonesia Ini".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: