Sains

Tahukah Anda Mengapa Saat Berpikir Orang Cenderung Menggaruk Kepala?

Ketika seseorang ditanya dengan pertanyaan yang sulit, mereka berpikir dengan keras untuk mencari jawabannya. Tanpa disadari, mereka melakukan gerakan menggaruk-garuk kepala. Nah, selain gerakan refleks, ternyata ada penjelasan ilmiah mengenai perilaku ini.

Gerakan refleks menggaruk-garuk atau sekedar menyentuh kepala saat orang berpikir keras merupakan upaya untuk melepaskan diri dari tekanan dan rasa stres, begitu yang dikatakan psikolog. Hal tersebut sama halnya saat memberikan diri tepukan yang meyakinkan.

Mengapa Orang Menggaruk Kepala Saat Berpikir

Kebiasaan Menggaruk Kepala Saat Berpikir. (ilustrasi: threadsandpatches.co.uk)

Garukan atau gosokan di kepala dilakukan karena tempat itulah sumber penderitaan seseorang ketika dibawah tekanan untuk melepaskan rasa stres akibat tidak mengetahui sesuatu.

Seperti dikutip dari laman quora, masing-masing individu mempunyai cara belajar yang dominan seperti misalnya melalui sensorik, visual ataupun auditori. Neuropsychologis mengungkapkan jika menggosok atau menggaruk kepala adalah orang-orang yang belajar baik dengan gerakan maupun sentuhan.

Lihat juga disini: Fakta Menarik Mengenai Penampakan Hantu yang Perlu Diketahui.

Beberapa orang yang belajar baik dengan penglihatan atau visual umumnya akan mengarahkan pandangan mata mereka keatas sambil berpikir. Sedangkan individu aural umumnya akan menarik-narik atau menyentuh telinga mereka.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Tahukah Anda Mengapa Saat Berpikir Orang Cenderung Menggaruk Kepala?,


Diterbitkan pada: Minggu, 17 April 2016
Rating : 4.38 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet dan sains.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Tahukah Anda Mengapa Saat Berpikir Orang Cenderung Menggaruk Kepala?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: