Teknologi

Layanan Fixed Broadband Indonesia Segera Dikembangkan

Agenda ekonomi digital di Indonesia saat ini mulai menjadi perhatian khusus demi berlangsungnya pertumbuhan ekonomi negara nantinya. Dan dalam perkembangan ekonomi digital ini sangat erat kaitanya dengan adanya sebuah Layanan Fixed Broadband Indonesia yang harus bekerja secara maksimal.

Sebenarnya untuk penerapan Layanan Fixed Broadband Indonesia ini terbagi dalam dua macam cara, yakni dengan mobile solutions yang sudah berjalan dengan adanya layanan jaringan 4G LTE, dan yang kedua adalah Fixed Solution yang menggunakan kabel serat optik dalam pengoperasiannya.

Dilansir dari arenalte, hingga saat ini, untuk pertumbuhan Layanan Fixed Broadband Indonesia seakan-akan mati atau kurang berkembang karena kalah bersaing dengan adanya mobil solutions pada jaringan 4G LTE. Maka dari itu, untuk mendorong pertumbuhan Layanan Fixed Broadband Indonesia maka banyak sekali perusahaan maupun komunitas yang bakalan bekerja sama.

Indonesia FTTH Association Summit Membahas Layanan Fixed Broadband Indonesia

Indonesia FTTH Association Summit Membahas Layanan Fixed Broadband Indonesia. (arenalte)

Mulai dari MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia) hingga perkumpulan FTTH (FIber To The Home) Indonesia, selain itu ada juga perusahaan  PT Huawei Tech Investment yang kemarin sudah sukses menggelar acara Indonesia FTTH Association Summit di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (27/04/2016). Ada juga dukungan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika yang menjadikan penyemangat tersendiri bagi para perusahaan maupun komunitas untuk meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia mengatakan jika setelah kehadiran layanan 4G LTE di Indonesia, sekarang saatnya mengembangkan Layanan Fixed Broadband Indonesia.

Suwanto Gunawan selaku ketua dari IFA juga mengatakan jika semua anggota IFA serta semua pemangku kepentingan TIK bakal ikut bergabung dan bekerja sama untuk menjalankan Layanan Fixed Broadband Indonesia tersebut guna mengembangkan ekonomi digital di Tanah Air.

Hingga saat ini, FTTH adalah sebuah teknologi yang sudah matang dan juga terstandarisasi, selain itu layanan ini juga sudah diadopsi secara luas dan dijadikan tulang punggung untuk teknologi Fixed Broadband, dengan menggunakan serat optik media akses dari perumahan ke perkotaan.


Kelebihan dari teknologi FTTH ini mampu menyediakan bandwidth yang sangat besar yakni mencapi 10GBps kepada para pelanggannya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Layanan Fixed Broadband Indonesia Segera Dikembangkan,


Diterbitkan pada: Sabtu, 30 April 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet dan sains.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Layanan Fixed Broadband Indonesia Segera Dikembangkan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: