Sains

Ilmuwan Temukan Planet Neraka, Planet Terpanas Di Alam Semesta

Baru-baru ini ilmuwan kembali menemukan planet neraka. Sangking panasnya, planet ini memegang rekor sebagai planet terpanas di alam semesta saat ini. Suhu planet yang dinamai KELT-9b ini mencapai 4.600 Kelvin atau setara dengan 4.330 °C; 7.820 °F. Tak hanya panas, ukurannyapun lebih besar dari planet Jupiter, hampir tiga kalinya.

KELT-9b merupakan planet di luar tata surya (eksoplanet). Lokasinya berada di konstelasi Cygnus, cukup dekat dengan Tata Surya, seperti yang di ungkap oleh Scott Gaudi, pimpinan ilmuwan yang juga seorang profesor di Ohio State University, Columbus.

Gambar Ilustrasi Planet Terpanas Di Alam Semesta

Gambar Ilustrasi Planet Terpanas Di Alam Semesta, KELT-9 sistem dan KELT-9b sebagai planet terpanasnya. (NASA/JPL-Caltech/R. Hurt)

“KELT-9b berada di konstelasi Cygnus. Suhunya lebih panas dari semua bintang yang ada di alam semesta,” ungkapnya melalui laman Mirror, Rabu (7/6/2017).

Lihat:

Subhanallah, Inilah Penampakan Lafaz Allah Di Planet Pluto

Seperti halnya Bumi, planet KELT-9b juga mempunyai bintang yang berputar dengan tekanan gravitasi besar. Tetapi karena suhunya yang sangat panas, planet ini dapat memencarkan radiasi yang sangat ekstrem.

Akibatnya, molekul yang mengandung air, metan ataupun karbon dioksisa tidak bisa terbentuk disana.

Para peneliti menggunakan dua pendekatan untuk mengukur suhu atmosfer KELT-9b supaya mendapat hasil yang sangat presisi yaitu, cara baru menafsirkan natrium dan pendekatan yang didasari spektrometer HARPS atau alat optik untuk menghasilkan garis spektrum cahaya serta untuk mengukur panjang gelombang serta intensitasnya.

“KELT-9b merupakan jenis planet yang terbentuk dari sebuah massa. Atmosfernya terbuat dari elemen berat yaitu sodium, potassium hingga komponen utamanya hidrogen dan helium,” terang Gaudi.

Salah satu molekul yang banyak beterbangan disana adalah natrium. Molekul ini bisa dilihat menggunakan teleskop khusus yaitu teleskop European Star Observatory di Cile. Hasil temuan ini telah diterbitkan dalam Astronomy & Astrophysics dan Astrophysical Journal Letters.

Selanjutnya para ilmuwan akan mempelajari karakterisitik KELT-9b dengan teleskop Spitzer dan Hubble. Karena menurut mereka, planet neraka ini tidak akan bertahan lama disebabkan suhunya yang teramat panas dan dapat membakar planet itu sendiri.

Lihat juga:

Inilah Foto-Foto Fosil Ikan Raksasa Di Planet Mars Temuan Nasa

Sebelum KELT-9b, ilmuwan juga telah menemukan planet neraka lainnya yang bernama WASP-33b. Planet ini memliki suhu 3.200 derajat Celsius. Dan bukan tidak mungkin, ilmuwan juga akan menemukan planet terpanas dikemudian hari.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ilmuwan Temukan Planet Neraka, Planet Terpanas Di Alam Semesta,


Diterbitkan pada: Kamis, 8 Juni 2017
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright