MotoGP

Sirkuit Buriram Thailand Masuk Agenda Jadwal MotoGP 2018 Salip Indonesia

Jeripurba.com – Jadwal MotoGP 2018 di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand akan digelar pada 5-7 Oktober 2018. Hal itu dipastikan setelah The Sports Authority of Thailand (SAT) sebagai panitia penyelenggara MotoGP Thailand menggelar pertemuan dengan promotor MotoGP, Dorna, di Roma, Italia akhir pekan lalu.

Diberitakan oleh laman Bangkok Post, Selasa (6/6/2017), eksekutif Dorna Sports dan pemimpin SAT Sakol Wannapong melakukan pertemuan di sela-sela gelaran MotoGP Italia dan telah mencapai kesepakatan dimana Thailand akan menggelar MotoGP selama tiga tahun, yaitu musim 2018, 2019 dan 2020.

Sirkuit Buriram Thailand Masuk Kalender MotoGP 2018

Sirkuit Buriram Thailand Masuk Kalender MotoGP 2018. (upic)

Menurut SAT, jadwal MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, digelar sebelum MotoGP Asia yaitu di GP Jepang, Australia dan Malaysia. Musim 2018, rencananya Dorna akan menggelar 20 seri MotoGP. Itu berarti, kemungkinan besar ada satu seri yang akan dicoret dari kalender MotoGP 2018. Apakah Jerez ataukah Red Bull Ring, mengingat kedua Sirkuit ini habis masa kontraknya pada akhir musim ini.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak Dorna, SAT mengungkapkan jika dalam waktu dekat pihak Dorna Sports segera mengirim surat konfirmasi resmi kepada pihaknya terkait penyelenggaraan MotoGP 2018 di Sirkuit Chang, nama lain dari Sirkuit ini.

Dalam laporannya, Bangkok Post juga menyebut jika akan ada tuan rumah baru selain Thailand yaitu Sirkuit KymiRing, Finlandia dan Sirkuit Sokol, Kazakstan. Tetapi, belum ada kepastian apakah keduanya masuk dalam kalender MotoGP 2018.

Mengenai Sirkuit KymiRing sendiri, awal musim ini Dorna pernah menyarankan agar mereka menunda keinginan menjadi tuan rumah MotoGP 2018, sama halnya dengan Indonesia. Kedua sirkuit ini ( Sirkuit KymiRing dan Sirkuit Jakabaring) menurut Dorna masih belum siap.

Meski demikian, Sirkuit Jakabaring, Palembang tetap optimis bisa menyelenggarakan gelaran MotoGP 2018. Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin. Dia yakin jika Sirkuit Jakabaring, Palembang, siap menggelar MotoGP pada Oktober 2018.

“Kalau bisa 1 bulan usai Asian Games, Oktober. Langsung lomba. Iya, lomba. Karena pihak Dorna sudah lihat,” kata orang nomor satu di Sumsel ini saat ditemui usai rapat Asian Games di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (07/06/2017), dikutip dari laman detik.

Saat ini Pemprov Sumsel tengah membuat masterplan yang segera dikerjakan. Dia optimis jika proses pembangunan sarana dan prasarana terkait gelaran MotoGP dapat diselesaikan dengan cepat.

“Jalan terus pokoknya. Insya Allah dapat. Kita sudah siapkan, yang penting itu rencananya. Masterplannya sudah, sudah masuk ke detail engineering, ya persiapan untuk konstruksi. Persiapan. Tapi itu cepat kok,” katanya.

Meski demikian, Alex mengakui jika bukan perkara mudah untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Keyakinan dan rasa optimisnya ada karena Kota Palembang telah dirancang untuk siap menggelar perhelatan-perhelatan olahraga, tinggal membangun Sirkuit berskala Internasional dengan standar MotoGP.


Nah, apakah Sirkuit Jakabaring di Palembang siap menggelar MotoGP 2018 seperti halnya Thailand yang sudah siap lebih dulu dengan Sirkuit Buriram-nya?. Kita tunggu saja kabar baik selanjutnya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Sirkuit Buriram Thailand Masuk Agenda Jadwal MotoGP 2018 Salip Indonesia,


Diterbitkan pada: Kamis, 8 Juni 2017
Rating : 4.60 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Sirkuit Buriram Thailand Masuk Agenda Jadwal MotoGP 2018 Salip Indonesia".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright