Tips dan Trik

Hosting Terbaik Untuk WordPress – Gratis Domain dan SSL

Jeripurba.com – WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sangat populer, dan kebanyakan blogger menggunakan platform ini. Selain gratis dan dikenal dengan tingkat keamanan yang handal, cara setup WordPress cukup mudah, sekalipun Anda belum pernah membuat website sebelumnya.

Namun, untuk membuat website atau blog dengan CMS WordPress, tentu dibutuhkan domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting?

Pengertian Domain.

Domain bisa dikatakan merupakan alamat sebuah website atau blog dengan ekstensi .com, .net, .info, .id dan banyak lagi. Fungsi domain adalah untuk mengindentifikasi dari alamat IP server komputer dalam hal ini adalah hosting. Contoh nama domain dengan ekstensi .com adalah : jeripurba.com.

Pengertian Hosting.

Kemudian apa itu hosting?. Hosting adalah tempat penyimpanan data (space) sebuah website atau blog di internet. Sehingga data yang disimpan tersebut dapat dibuka dan diakses di internet.

Hosting Terbaik Untuk WordPress – Gratis Domain dan SSL Cpanel

Hosting Terbaik Untuk WordPress Gratis Domain SSL Cpanel.

Gambaran sederhana mengenai hosting dan domain bisa kita umpamakan sebagai berikut. Umpama Anda ingin membuka usaha, Anda memerlukan tempat. Tempat ini bisa berupa ruko atau rumah. Semakin besar ukuran tempat, semakin banyak produk-produk yang bisa dimuat didalamnya. Sama seperti hosting. Anda bisa memilih kapasitas mulai dari 10GB hingga space yang yang lebih besar. Semakin besar space, semakin banyak data yang bisa di simpan.

Sementara Domain adalah alamat dari tempat usaha Anda. Mustahil tempat usaha Anda akan terkenal jika tidak memiliki alamat yang jelas. Dengan Domain, orang bisa mengingat alamat dan dengan mudah menemukannya di internet.

Hosting Khusus WordPress.

Salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia adalah hosting24.com. Disini Anda bisa memesan paket hosting khusus WordPress dengan space 10GB hingga unlimited.

Web hosting Indonesia ini menyediakan paket hosting premium dengan harga terjangkau. Bila dibandingkan dengan penyedia layanan hosting Indonesia lainnya, bisa dikatakan harga yang tawarkan lebih murah karena fitur-fiturnya lebih lengkap.

Adapun fitur utama dari penyedia layanan hosting murah ini diantaranya adalah :

  • Bandwidth dan Disk Space Unlimited ( hosting Premium atau hosting Bisnis )
  • Customer Support 24/7.
  • Server Cepat dan Uptime 99.9%.
  • Domain Gratis & SSL Gratis untuk paket Bisnis.
  • Teknologi Terbaru.
  • Transfer Website Tanpa Biaya.
  • Jaminan Uang Kembali.

Khusus paket hosting Bisnis, Anda akan mendapat layanan gratis sertifikat SSL sebagai nilai tambah dari sisi keamanan dan SEO (Search Engine Optimization). Disamping itu, website yang dibangun dengan CMS WordPress bisa lebih cepat dan optimal hingga empat kalinya dibandingkan dengan paket lainnya.

Tips dan Cara Membeli Domain dan Hosting Murah di hosting24.

Jika Anda sudah menentukan budget yang tersedia, saatnya untuk mencari dan membeli domain dan hosting disini. Caranya?. Berikut panduan singkatnya.

Cari Nama Domain.

Pertama, tentukan terlebih dahulu nama domain. Tips memilih nama domain selain singkat, nama domain sebisa mungkin unik dan bisa dengan mudah di ingat oleh orang. Jika Anda ingin membuat blog, bisa menggunakan nama Anda sendiri.

Cari ketersediaan nama domain dengan menggunakan fitur cek domain. Masukkan nama domain yang di inginkan pada kolom cek domain kemudian klik tombol cek domain.

Cek Domain.

Cek Domain.

Jika status domain TELAH TERDAFTAR, Anda tidak dapat menggunakannya dan harus mencari nama domain lainnya atau dengan pilih alternatif lain selain ekstensi .com. Misalnya ekstensi .net atau .org.

Jika nama domain tersedia seperti gambar dibawah, itu artinya Anda bisa menggunakannya.

Cari Nama Domain

Cari Nama Domain.

Beli Paket Hosting.

Langkah selanjutnya adalah dengan membeli paket hosting premium Hosting24. Umpama Anda ingin membeli paket hosting WordPress unlimited dengan fitur paling lengkap, silahkan pilih paket Bisnis. Klik tombol BELI SEKARANG.

Beli Paket Hosting Unlimited

Beli Paket Hosting Unlimited.

Kemudian, masukkan nama domain dan klik tombol cari. Berikutnya klik tombol TAMBAHKAN KE CART.

Domain dan Hosting

Domain dan Hosting.

Beli Domain

Beli Domain.

Cek lagi Ringkasan Order. Jika yakin sudah benar, lakukan proses pembayaran dengan menekan tombol CHECKOUT.

Proses Checkout Domain dan Hosting

Proses Checkout Domain dan Hosting.

Jika Anda belum terdaftar di hosting24.com, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bisa melalui akun Facebook, Google atau dengan memasukkan alamat email Anda. Masukkan nama lengkap, alamat email dan password pilihan Anda untuk login ke hosting24. Kemudian klik tombol BUAT AKUN & CHECKOUT. Cek email dan lakukan verifikasi dengan mengklik link verifikasi yang telah dikirimkan.

Pendaftaran

Pendaftaran.

Selanjutnya lakukan pembayaran. Bisa menggunakan kartu kredit, Paypal, dsb, untuk mengaktifkan domain dan paket hosting Anda.

Sampai disini Anda harus menunggu pengaktifan domain dan paket hosting Anda. Untuk mempercepat proses pengaktifan, Anda bisa langsung menghubungi customer service hosting24.

Setelah aktif, Anda akan mendapat detail user dan password untuk login ke cpanel yang dikirim ke email Anda. Kemudian Anda bisa login ke control panel hosting dan melakukan setup WordPress dengan mudah.

Sebagai informasi, WordPress bisa di instal secara manual dengan cara mendownload file-filenya melalui wordpress.org kemudian menguploadnya di hosting Anda. Namun tentunya  jika Anda sudah terbiasa menggunakannya.

Namun jika ini yang pertama kali Anda membuat website, Anda bisa melalukan setup WordPress melalui Softaculous Apps Installer. Cukup dengan memasukkan info penginstalan seperti nama domain, tempat penginstalan, dsb. Selanjutnya proses akan dilakukan oleh server secara otomatis. Prosesnyapun sangat cepat. Hanya hitungan menit, website atau blog Anda sudah siap di akses dari berbagai penjuru dunia.

Selain WordPress, Anda juga bisa menginstal dan membuat website atau blog menggunakan Joomla maupun Drupal serta script dan sistem manajemen konten lainnya. Gunakan saja Softaculous Apps Installer.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Hosting Terbaik Untuk WordPress – Gratis Domain dan SSL,


Diterbitkan pada: Kamis, 28 Juni 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright