Sosial Media

Pekerja Tahun 1990 Hingga 2018 Bisa Tarik Dana 21 Juta Di BPJS! Benarkah?

Heboh di media sosial dan WhatsApp pesan berantai menginformasikan jika semua pekerja yang menjadi peserta BPJS bisa menarik dana tunai hingga 21 juta. Pesan tersebut menautkan link ke website di alamat https://mobv.info/-bpjs/ dan https://mobr.info/bpjs/. Jika dikunjungi, terdapat pesan jika pekerja yang menjadi peserta BPJS yang telah bekerja dari tahun 1990 hingga 2018 bisa menarik dana mereka di BPJS hingga 21 juta.

Pengunjung harus mengisi survei terlebih dahulu untuk bisa menarik dana 21 juta. Dimulai dari pertanyaan usia. Kemudian pertanyaan pekerjaan dan akhirnya diminta untuk mengisi kolom dan membagikan kabar ini ke semua kontak yang ada di aplikasi WhatsApp.

Situs Palsu BPJS Kesehatan 21 Juta

Situs Palsu BPJS Kesehatan 21 Juta.

Setelah dibagikan, pengunjung akan di arahkan ke website BPJS dan akan mendapat SMS konfirmasi apakah namanya berhak menarik dana hingga 21 juta di BPJS.

Situs Palsu BPJS Kesehatan

Situs Palsu BPJS Kesehatan.

Benarkah para pekerja bisa menarik dana 21 juta di BPJS?

Tunggu dulu. Jangan langsung percaya. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda akan masuk perangkap phising dan berpontesi terkena penipuan atau pencurian data.

Dari nama domain, jelas ini bukan website resmi BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Kami menelusuri kepemilikan domain ini. Domain mobv.info di registrasi di namesilo pada tanggal 24 Agustus 2018. Dilihat dari data Whois, domain ini diregistrasi atas nama Domain Administrator beralamat di Amerika Serikat. Sudah pasti data ini bukan data kepemilikan asli.

Whois Namesilo Cek Kepemilikan Nama Domain

Whois Namesilo Cek Kepemilikan Nama Domain.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan memiliki situs resmi dengan domain utama beralamat di https://bpjs-kesehatan.go.id/. Sedangkan website resmi BPJS Ketenagakerjaan beralamat di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Meski banyak menggunakan sub domain, namun domain utama dari website BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah seperti yang tertulis diatas,

Untuk itu, bagi pengguna media sosial terutama WhatsApp jangan termakan hoax dengan begitu saja meneruskan pesan yang belum tentu kebenarannya.

Ada dua kemungkinan situs semacam https://mobv.info/-bpjs/ maupun https://mobr.info/bpjs/ melakukan ini. Pertama murni untuk melakukan phising dan mencuri data pengunjung yang sudah mempercayai informasi ini. Kedua karena kepentingan bisnis dengan menjaring trafik. Mengingat, website ini juga memasang program periklanan pada halaman depannya.

Tidak ingin memakan korban, BPJS Kesehatan mengklarifikasi beredarnya pesan berantai ini melalui akun twitter resmi mereka di @BPJSKesehatanRI.

“Sehubungan dengan beredarnya informasi tentang penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut”

  1. Informasi di website atau blog yang menyebutkan bahwa ada dana bantuan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp 21 juta adalah TIDAK BENAR dan mempunyai potensi tindakan penipuan.
  2. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan informasi HOAX tersebut dan segera melapor kepada pihak yang berwenan apabila menemukan kejadian serupa agar kasus ini segera ditangani, sehingga tidak memakan banyak korban.
  3. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.
Klarifikasi BPJS Kesehatan Mengenai Dana 21 Juta

Klarifikasi BPJS Kesehatan Mengenai Dana 21 Juta.

Setelah BPJS Kesehatan mengklarifikasi, STOP menyebarkan informasi hoax yang dapat merugikan teman, rekan dan keluarga kita. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum Anda memutuskan untuk menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Pekerja Tahun 1990 Hingga 2018 Bisa Tarik Dana 21 Juta Di BPJS! Benarkah?,


Diterbitkan pada: Selasa, 28 Agustus 2018
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright