Tips dan Trik

Cara Backup dan Restore WhatsApp Dengan Mudah (Cloud Storage)

Cadangkan semua riwayat percakapan, foto dan video di WhatsApp sekarang juga dengan cara melakukan backup ke penyimpanan Google Drive. Mengapa?. Pasalnya baru-baru ini Google selaku pemilik layanan teknologi Cloud Storage, Google Drive, telah mengirim pemberitahuan via email kepada seluruh pengguna WhatsApp yang memakai layanan penyimpanan milik mereka itu.

Isi email itu memberitahukan agar pengguna WhatsApp segera melakukan backup sekarang juga. Karena jika tidak, pertanggal 12 November 2018, backup yang tidak diperbarui selama setahun terakhir akan dihapus dari Google Drive.

Pemberitahuan Backup WhatsApp Ke Google Drive

Pemberitahuan Untuk Melakukan Backup WhatsApp Ke Google Drive.

Sebagai informasi seperti yang tertera didalam email diatas, backup WhatsApp tidak akan lagi mengurangi kuota penyimpanan Google Drive. Namun, backup WhatsApp apa pun yang belum diupdate selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan.

Kebijakan ini akan berlaku untuk semua pengguna WhatsApp mulai 12 November 2018, meskipun beberapa pengguna mungkin melihat manfaat kuota ini lebih awal. Agar backup tidak hilang, sebaiknya pengguna melakukan backup WhatsApp secara manual sebelum 12 November 2018.

Jika Anda ingin memperbarui file cadangangan atau backup yang sudah ada di Google Drive sebelumnya, lakukan secara manual sekarang juga sebelum 30 Oktober 2018.

Senada dengan pemberitahuan email dari Google, informasi dari laman resmi WhatsApp juga menyebutkan jika cadangan atau backup WhatsApp pertanggal 12 November 2018 tidak akan lagi menggunakan kuota penyimpanan Google Drive lagi.

Belum jelas apakah layanan Google Drive kedepan akan dihentikan seperti kabar yang beredar sebelumnya. Santer terdengar jika Google akan mengganti layanan penyimpanan Drive mereka dengan Google One. Ada juga yang menyebut akan diganti dengan Google Backup & Sync.

Namun kemungkinan besar WhatsApp tetap bekerjasama dengan layanan penyimpanan Google kedepannya. Tetapi sepertinya tidak menggunakan nama Google Drive lagi.

Terlepas apakah rumor ini benar adanya, WhatsApp mengingatkan kepada penggunanya untuk mem-backup data mereka secara manual ke Google Drive sebelum 12 November 2018 untuk menghindari resiko hilangnya data cadangan yang telah dibuat sebelumnya.

Nah, bagaimana cara mem-backup pesan teks, video dan foto di WhatsApp ke Google Drive?. Bagi Anda pengguna baru aplikasi WhatsApp ikuti tips dan cara berikut ini:

Pastikan akun Google Anda di ponsel Android sudah terhubung ke layanan Google Drive. Artinya, Anda sudah mengaktifkan layanan Google Drive.

Pastikan juga kapasitas Google Drive Anda cukup dengan kapasitas data WhatsApp yang akan di cadangkan.

Cara membuat backup (cadangan) WhatsApp ke Google Drive.

    • Buka aplikasi WhatsApp.
    • Tap ikon menu disudut kanan atas. Kemudian tap Setelan, Chat, Cadangan Chat.
    Cara Backup WhatsApp

    Cara Backup WhatsApp.

      • Pada menu Setelan Google Drive, tap “Cadangkan ke Google Drive”, kemudian pilih frekuensi cadangan selain pilihan “Jangan pernah” (pilih saja Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan”). Pilihan ini tidak akan membuat kuota data Anda terpakai dengan sendirinya alias backup tidak berjalan secara otomatis (Backup WhatsApp manual).
      • Kemudian pilih akun Google untuk mem-backup semua riwayat percakapan Anda.
      • Langkah selanjutnya adalah memilih jaringan yang akan digunakan untuk melakukan backup WhatsApp. Tap menu “Cadangkan melalui”. Pilih “Wi-Fi atau seluler”.
      • Pastikan pada kolom “Sertakan video” dicentang agar seluruh file-file dengan format video juga ikut di backup ke penyimpanan Google.
      • Langkah terakhir cara mem-backup WhatsApp ke Google Drive adalah dengan mengetuk tombol hijau “CADANGKAN”.
      Mencadangkan WhatsApp Ke Google Drive

      Mencadangkan WhatsApp Ke Google Drive.

      • Tunggu proses backup selesai. Lama proses tergantung besar kecilnya data-data yang akan disimpan serta kecepatan koneksi internet yang digunakan.

      Demikian cara mudah melakukan backup data-data, foto, video di WhatsApp ke penyimpanan Google. Lalu bagaimana memulihkan (me-restore) file cadangan yang telah dibuat tersebut.

      Seumpama suatu saat Anda membeli smartphone Android baru, kemudian menginstal aplikasi WhatsApp kembali, saat itulah file backup ini diperlukan.

      Sama juga jika Anda ketiban sial. Dimana aplikasi WhatsApp di smartphone Anda error atau tidak sengaja terhapus, Anda bisa mengembalikan semua data, video dan file sebelumnya. Semua data seperti foto, video hingga riwayat percakapan bisa dikembalikan seperti terakhir kali Anda melakukan backup.

      Namun, supaya proses restore dari Google Drive ke WhatsApp berjalan dengan sempurna Anda harus menggunakan nomor telepon WhatsApp dengan akun Google Gmail yang sama. Pastikan juga koneksi internet Anda berjalan dengan lancar. Berikut cara memulihkan WhatsApp dari Google Drive.

      Cara restore atau memulihkan file backup dari Google Drive ke WhatsApp.

      • Di smartphone baru, download dan instal aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.
      • Di Smartphone lama, copot atau uninstall kemudian pasang kembali WhatsApp.
      • Setelah dipasang, buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor ponsel Anda. Lakukan verifikasi seperti biasa.
      • Setelah berhasil memverifikasi no hp, Anda akan diminta untuk merestore atau memulihkan chat dan media dari penyimpanan Google Drive. Tap saja “PULIHKAN”
      • Proses restore atau pemulihan dari Google Drive akan berjalan. Lamanya proses pemulihan tergantung dari besarnya file backup yang dibuat sebelumnya serta kecepatan konkesi internet Anda.
      • Jika proses restore selesai, tap saja tombol “LANJUT”. WhatsApp akan menampilkan proses inisialisasi.
      • Tunggu saja sampai proses pemulihan chat selesai. Jika sudah selesai, proses selanjutnya adalah pemulihan seluruh file media ke WhatsApp.
      • Selamat. Kini WhatsApp Anda kembali tampil dengan riwayat pesan, foto dan video seperti sedia kala. Sama seperti saat Anda melakukan backup terakhir kali.

      Jika WhatsApp merupakan aplikasi chat utama yang Anda gunakan, lakukan backup segera untuk menghindari kehilangan data-data penting Anda.

       

      Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

      Cara Backup dan Restore WhatsApp Dengan Mudah (Cloud Storage),


      Diterbitkan pada: Jumat, 24 Agustus 2018
      Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

      Berikan vote untuk artikel ini!

      Tags:

      Author: 

      Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

      author
      Copyright by:
      Jeripurba.com copyright