PC Laptop

Western Digital Umumkan 3 Inovasi Open Source untuk Pengembangan Prosesor RISC-V

Western Digital Corp hari ini mengumumkan tiga inovasi open-source terbaru pada acara RISC-V Summit yang didesain untuk mendukung upaya-upaya pengembangan RISC-V internal Western Digital dan ekosistem RISC-V yang tumbuh.

Dalam pidatonya, Chief Technology Officer Western Digital, Martin Fink, membeberkan rencana-rencana untuk merilis sebuah versi open source dari RISC-V core, sebuah inisiatif standar terbuka untuk cache coherent memory pada sebuah jaringan dan sebuah simulator kumpulan instruksi open source RISC-V.

Berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat mempercepat pengembangan arsitektur komputasi terbuka yang didesain khusus bagi lingkungan Big Data dan Fast Data.

Western Digital telah berperan aktif dalam membantu untuk memajukan ekosistem RISC-V, termasuk berbagai investasi dan kemitraan yang strategis, dan mendemonstrasikan kemajuannya pada misi yang telah dijanjikan, yaitu mentransisi satu miliar core prosesor perusahaan ke arsitektur RISC-V.

Prosesor RISC-V SweRV Core Western Digital

RISC-V SweRV Core Western Digital.

“Karena Big Data dan Fast Data terus berkembang, teknologi-teknologi yang didesain khusus menjadi penting untuk membuka nilai sejati data yang didapatkan dari sejumlah besar aplikasi-aplikasi data sentris saat ini,” tambah Fink.

“SweRV Core kami dan inisiatif cache coherency fabric yang baru mendemonstrasikan kemungkinan-kemungkinan signifikan yang dapat direalisasikan dengan membawa data mendekati pusat pemrosesan (komputasi). Berbagai kontribusi yang direncanakan ini pada komunitas open-source dan komitmen berkelanjutan dari inisiatif RISC-V menawarkan potensi yang bagus untuk mempercepat inovasi kolaboratif dan penemuan-penemuan yang berkaitan dengan data.”

RISC-V merupakan sebuah arsitektur kumpulan instruksi terbuka dan terukur yang membuat keanekaragaman aplikasi-aplikasi dan beban kerja Big Data dan Fast Data bisa berkembang dalam pusat-pusat data core dan dalam sistem-sistem mobile yang terpencil at the edge. Hal ini memberikan sebuah alternatif pada arsitektur-arsitektur komputasi umum yang standar saat ini.

Dengan RISC-V, berbagai antarmuka standar terbuka dapat digunakan untuk memungkinkan pemrosesan khusus, solusi-solusi memory-sentris, perangkat penyimpanan unik dan aplikasi-aplikasi yang terkoneksi secara fleksibel.

Western Digital berencana untuk open source RISC-V SweRV Core barunya, yang memiliki sebuah desain superscalar 2-cara. RISC-V SweRV Core Western Digital merupakan sebuah core pipeline 32-bit dengan 9 stage yang memungkinkan beberapa instruksi untuk diisi sekaligus dan dijalankan bersamaan, mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menjalankan berbagai program.

Hal ini merupakan core yang ringkas dan berurutan yang dijalankan pada 4,9 CoreMarks/MHz . Desain efisien dayanya menawarkan kecepatan clock hingga 1,8GHz pada sebuah teknologi proses CMOS 28mm.

Perusahaan ini berencana menggunakan SweRV Core yang dibenamkan pada berbagai desain, termasuk kontroler flash dan SSD. Menjadikan core tersebut menjadi open source diharapkan agar mendorong pengembangan aplikasi-aplikasi data-sentris baru seperti Internet of Things (IoT), pemrosesan aman, kontrol-kontrol industrial dan lainnya.

OmniXtend™ dari Western Digital adalah sebuah pendekatan terbuka baru untuk menyediakan cache coherent memory diatas sebuah fabrik Ethernet. Arsitektur sistem memory-sentris ini memberikan berbagai antarmuka standar terbuka untuk akses dan berbagai data lintas prosesor, akselerator machine learning, GPU, FPGA dan komponen- komponen lainnya. Hal ini merupakan solusi terbuka untuk mengkaitkan memory secara efisien ke proseor dan menawarkan dukungan potensial bagi fabrik termutakhir yang menghubungkan komponen-komponen komputasi, penyimpanan, memory dan I/O.

Western Digital hari ini juga memperkenalkan SweRV Instruction Set Simulator (ISS)™ open source-nya, yang menawarkan dukungan pengujian lengkap untuk digunakan dengan core RISC-V.

ISS merupakan sebuah program komputer yang menyimulasikan eksekusi instruksi- instruksi dari sebuah prosesor. Hal ini memungkinkan kejadian-kejadian eksternal bisa dicontohkan, seperti kesalahan pemrosesan dan memastikan core RISC-V berfungsi sebagaimana mestinya.

Perusahaan ini memanfaatkan SweRV ISS untuk menyimulasikan dan secara ketat dan memvalidasi SweRV Core, dengan lebih dari 10 miliar instruksi dijalankan. Western Digital berharap SweRV Core dan SweRV ISS akan membantu mempercepat industri untuk pindah ke arsitektur kumpulan instruksi open source.

“Komputasi yang cepat, tanggap dan Tangguh bukanlah lagi menjadi formula kemenangan untuk komputasi edge dan endpoint. Karena data bergerak ke sistem edge untuk pemrosesan dan pengamatan, arsitektur-arsitektur yang dapat dikonfigurasikan akan menjadi lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan beban kerja aplikasi dinamis yang berat, terutama pada data yang dihasilkan dari artificial intelligence dan Internet of Things,” ujar Mario Morales, program vice president, enabling technologies and semiconductors, IDC.

“Efisiensi daya, kemampuan konfigurasi dan daya rendah akan menjadi pengukuran penting bagi arsitektur komputasi edge dan endpoint.”

Ketersediaan dan Sumber-sumber

Arsitektur SweRV ISS dan OmniXtend Western Digital ini telah tersedia untuk diunduh saat ini pada situs-situs di bawah ini:

SweRV core Western Digital akan tersedia pada kuartal 1 tahun 2019. Untuk informasi lebih  lanjut, kunjungi https://www.westerndigital.com/company/innovations#risc-v.

Western Digital Umumkan 3 Inovasi Open Source untuk Pengembangan Prosesor RISC-V,


Diterbitkan pada: Rabu, 5 Desember 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Western Digital Umumkan 3 Inovasi Open Source untuk Pengembangan Prosesor RISC-V".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright