Gadget Baru

Motorola Wireless Tattoo, Teknologi Mikrofon Wireless Masa Depan

Inilah teknologi masa depan yang akan digunakan oleh Motorola. Mikrofon wireless tato, sebuah mikrofon wireless dalam bentuk tato akan diterapkan pada perangkat mobile milik mereka. Mikrofon wireless berupa tato ini nantinya akan di implementasikan layaknya memasang tato temporer pada leher atau disekitar tenggorokan. Jadi, jika sebuah perangkat mobile umpama smartphone Motorola terintegrasi dengan alat ini, mau tak mau pengguna harus di tato agar bisa menggunakannya.

Kabar ini bukan rumor belaka. Motorola dalam hal ini pengembang perangkat mikrofon wireless tato tersebut tidak main-main. Mereka telah mengajukan permohonan hak paten teknologi tersebut melalui United States Patent and Trademark Office. Dalam pengajuan hak paten tersebut Motorola juga mengusulkan untuk menambah sebuah detektor respon kulit galvanik. Dimana detektor tersebut akan bekerja mendeteksi respon atau gerakan kulit, sehingga selain berfungsi sebagai mikrofon wireless, nantinya tato tersebut dapat di manfaatkan sebagai detektor kebohongan.

Motorola Wireless TattooBukan pertama kalinya Motorola tertarik mengembangkan mikrofon wireless tato tersebut. Sebelumnya pada bulan Mei, mereka pernah mengusulkan penggunaan tato elektronik sebagai token autentikasi. Bahkan, lebih extrimnya lagi perangkat tersebut di implementasikan dalam bentuk sebuah PIL yang ditelan. Dimana dalam pil tersebut tertanam saklar dan baterai. Dengan memanfaatkan zat asam sebagai cairan elektrolit yang terkandung dalam perut manusia, akan mengaktifkan daya pada perangkat (pil) tersebut dan befungsi mengeluarkan sinyal sebagai token otentikasi diri. Sumber dan gambar: IC10 via telegraph.co.uk

Dalam halaman pengajuan paten itu juga disebutkan jika mikrofon wireless tato ini bekerja layaknya sebuah mikrofon wireless pada perangkat mobile phone pada umumnya. Jika kita menerima atau menelepon seseorang, alat ini otomatis akan mengirimkan suara secara nirkabel, bisa melalui media Bluetooth atau fitur NFC ke perangkat seperti smartphone. Teknisnya, tato mikrofon wireless ini akan mengambil suara akustik dari tenggorokan / leher dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital kemudian smartphone yang terhubung dengan alat ini akan memproses informasi dengan memberikan hasil yang akurat.

Mikrofon Tato Wireless Dari Motorola

Screenshot, Motorola Wireless Tattoo Patent: appft.uspto.gov

Memang diperlukan lagi tambahan alat berupa ear/head phone untuk mendengarkan pembicaraan dari lawan bicara. Namun alat berupa tato tersebut di klaim akan menghasilkan suara lebih jernih daripada mikrofon wireless biasa karena langsung menangkap getaran atau gerakan otot yang dihasilkan disekitar tenggorokan/leher.

Penerapan alat ini misalnya ditempat-tempat umum dengan suara bising / noice dari luar yang berlebihan misalnya di dalam stadion, jalan raya atau pada situasi darurat yang tingkat kebisingan suaranya sangat tinggi.

Nah, jangan terkejut jika pengguna smartphone masa depan akan memasang gambar atau tato keren di leher mereka. Karena bukan gambar biasa, melainkan sebuah mikrofon wireless yang di implementasikan pada sebuah tato elektronik. Itulah teknologi, tidak pernah ada kata matinya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Motorola Wireless Tattoo, Teknologi Mikrofon Wireless Masa Depan,


Diterbitkan pada: Selasa, 12 November 2013
Rating : 2 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Motorola Wireless Tattoo, Teknologi Mikrofon Wireless Masa Depan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright