HP Smartphone Terbaru

Bagaimana Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Palsu Dan Yang Asli?

Maraknya hp Samsung Galaxy S4 replika alias asli tapi palsu di pasaran, cukup membuat bingung konsumen bagaimana cara mengetahui apakah ponsel tersebut asli atau palsu. Kebanyakan mereka (penjual) akan mengatakan kalau Galaxy S4 yang mereka jual tersebut adalah barang original. Mirip memang jika dilihat sekilas. Namun, jika lebih teliti lagi, banyak perbedaan antara Galaxy S4 palsu (replika) dengan galaxy S4 yang asli.

Semenjak kehadiran generasi penerusnya, Samsung Galaxy S5, ponsel Android ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Dari harga awal peluncurannya yang dibanderol Rp. 7,5 juta, saat ini, (Maret 2014) sudah dikisaran Rp. 6,5 juta. Sedangkan harga second Samsung Galaxy S4 rata-rata dibanderol seharga Rp. 5,7 juta.

Tidak dipungkiri, masih banyak yang memimpikan dan menginginkan ponsel Android ini. Namun, walau harganya sudah cukup terjangkau untuk kalangan menengah, sebagai pembeli kita harus tetap teliti. Apalagi jika di kota terdekat tidak terdapat toko atau dealer resmi Samsung Mobile.

Beda Samsung Galaxy S4 Replika (Super Copy) Dengan BM (Black Market).

Karena ponsel pintar ini sangat booming di zamannya, tidak mengherankan jika tangan-tangan “kreatif” memanfaatkannya dengan membuat replika Samsung Galaxy S4 (super copy). Replika ini banyak dipasaran, bahkan sampai saat inipun masih tersedia.

Beruntung jika kita bertemu dengan penjual ponsel yang jujur. Jujur menjelaskan jika barang yang mereka jual bukan versi asli Samsung Galaxy S4, melainkan replikanya (super copy).

Namun bagaimana jika bertemu dengan penjual yang menyatakan Galaxy S4 tersebut asli atau Black Market?. Masih beruntung jika kita mendapat Samsung Galaxy S4 BM (Black Market). Oya, jangan disamakan antara Galaxy S4 replika / kw / super copy dengan Galaxy S4 Black Market (BM). Beda.

Pada Samsung Galaxy S4 BM, hardware (komponen) dan software-nya biasanya asli, sama persis seperti versi originalnya. Yang membedakan, Samsung Galaxy S4 Black Market masuk tanpa jalur resmi (tanpa pajak) alias il3gal. Sedangkan Galaxy S4 replika, komponen hardware dan software yang terpasang tidak sama dengan versi Samsung Galaxy S4 original. Jadi, jangan terbujuk rayuan penjual yang mengatakan itu adalah barang BM, siapa tahu itu adalah replika (palsu).

Nah, disinilah sebagai pembeli, kita dituntut untuk mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy S4 yang asli atau yang palsu (replika). Apa saja yang mesti diperhatikan?,

Cara Membedakan HP Samsung Galaxy S4 Palsu / KW / Super Copy Dengan Yang Asli.

1. Harga.
Jangan tergoda dengan harganya yang super murah. Jika ada penjual yang menawarkan harga Galaxy S4 jauh dari harga pasaran Samsung Galaxy S4 saat ini, waspadalah. Apalagi harga baru yang ditawarkan sampai sepertiganya (Rp. 2 jutaan).

Harga Samsung Galaxy S4 Replikas Super Copy

Harga Samsung Galaxy S4 Replikas (Super Copy) saat ini 1 Sampai 2 Jutaan.

2. Cek kelengkapannya.
Saat membeli Samsung Galaxy S4 asli, pastikan dalam paket pembelian disertakan buku panduan, earphone + cadangan earbud, charger, baterai dan kabel usb serta yang terpenting adalah adanya kartu garansi resmi Samsung.

3. Lihat fisik, casing atau bodi-nya.
Dilihat sekilas, tidak ada perbedaan antara Samsung Galaxy S4 asli dengan yang palsu (apalagi yang kw super / super copy). Namun, ada beberapa keluaran Samsung replika yang dibuat asal dengan material murah, misalnya dibagian list di sekeliling bodinya. Samsung Galaxy S4 asli memiliki list di sekelilingnya berwarna perak dengan desain yang halus. Sedangkan Galaxy S4 replika jika dilihat dan diraba akan terasa kasar.

List di sekeliling Bodi Samsung Galaxy S4 Asli Terlihat Halus dan Rapih

List Di Sekeliling Bodi Samsung Galaxy S4 Asli Terlihat Halus dan Rapih

List di sekeliling Bodi Samsung Galaxy S4 Replikas Terlihat Kasar

List Di Sekeliling Bodi Samsung Galaxy S4 Replikas Terlihat Kasar

Perhatikan juga tulisan Samsung dibagian depan atas bodinya. Pada Galaxy S4 asli, tulisan tersebut halus dan sangat rapih. Sedangkan pada Galaxy S4 replika dibuat asal dan jika diraba tulisan tersebut timbul dan terasa kasar.

4. Stiker hologram pada baterai dan bodi bagian belakang.
Jangan lupa cek detail dan keaslian stiker hologram yang terpasang. Pada Samsung Galaxy S4 yang asli (resmi dari Samsung Indonesia), segel atau hologram yang tertempel baik itu dibagian bodi dalam bagian belakang, baterai dan charger, merupakan segel hologram 3 dimensi. Stiker hologram pada Galaxy S4 tertera tulisan SAMSUNG, jika dilihat dari sudut lain akan terlihat tulisan SEIN (Samsung Electronics Indonesia).

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Di Bagian Dalam Bodi

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Di Bagian Dalam Bodi Bagian Belakang

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Tertulis SAMSUNG

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Tertulis SAMSUNG

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Tertulis SEIN

Stiker Hologram Samsung Galaxy Asli Tertulis SEIN

Nah, jika stiker hologram tersebut tidak ada, dipastikan ponsel tersebut merupakan Galaxy S4 palsu atau bisa jadi Galaxy S4 BM.

Bodi Belakang Samsung Galaxy S4 Replika Tidak Ada Stiker Hologram SEIN-SAMSUNG

Bodi Belakang Samsung Galaxy S4 Replika Tidak Ada Stiker Hologram SEIN-SAMSUNG

Baterai Samsung Galaxy S4 Palsu Tidak Ada Stiker Hologram Samsung-SEIN

Baterai Samsung Galaxy S4 Palsu Tidak Ada Stiker Hologram Samsung-SEIN

5. Tombol Home
Perhatikan juga tombol HOME dibagian depan. Pada Samsung Galaxy S4 asli, jarak tombol Home ke layar lebih rapat dibandingakan dengan yang palsu. Selain itu, tombol home pada Samsung Galaxy S4 palsu terlihat lebih tebal. Jika ditekan untuk mengakses menu, tombol tersebut akan terasa keras.

Jarak Tombol Menu Home Pada Samsung Galaxy S4 Asli

Jarak Tombol Menu Home Pada Samsung Galaxy Asli Dekat Dengan Layar

Jarak Tombol Menu Home Pada Samsung Galaxy S4 Super Copy (Palsu)

Jarak Tombol Menu Pada Samsung Galaxy S4 Super Copy (Palsu) Jauh Dari Layar

6. Cek IMEI dan LCD Test Samsung.
Melalui menu call, gunakan kode *#06# untuk mengecek nomor IMEI. Jika nomor IMEI tidak keluar, dipastikan itu Galaxy S4 palsu. Cara lain adalah dengan menggunakan kode *#0*#. Kode ini berfungsi untuk melihat menu LCD -nya. Jika menu LCD Test Samsung tidak keluar, dipastikan itu juga Galaxy S4 palsu.

Cara Cek Nomor IMEI Samsung Galaxy

Cara Cek Nomor IMEI Samsung Galaxy

Ada juga Galaxy S4 palsu (biasanya yang terbaru / super copy) yang dapat menampilkan menu LCD Test Samsung. Namun, terdapat perbedaan antara yang asli dan yang palsu. Seperti gambar dibawah.

Menu LCD Test Samsung Galaxy S4 Original

Menu LCD Test Samsung Galaxy Original

Menu LCD Test Samsung Galaxy S4 Palsu

Gambar Menu LCD Test Samsung Galaxy S4 Palsu (Replika).

7. Gunakan aplikasi pihak ketiga.
Jika memungkinkan atau diperbolehkan oleh penjual, cobalah pasang terlebih dahulu aplikasi bencmark semacam AnTuTu dan Genunie Galaxy – Phone Info. Dua aplikasi ini dapat mengenali apakah Samsung Galaxy yang kita beli/gunakan merupakan versi original.
Download aplikasi AnTuTu di sini.
Download aplikasi Genunie Galaxy di sini.

Jika aplikasi AnTuTu Benchmark sudah terpasang, silahkan buka dan jalankan. Dibagian Scores/Authenticated, Samsung Galaxy S4 palsu (replika) akan terbaca sebagai device yang tidak dikenali.

 

Cara Cek Keaslian Samsung Galaxy S4 Dengan Aplikasi AnTuTu

Cek Keaslian Samsung Galaxy S4 Dengan Aplikasi AnTuTu

 

Selain Samsung Galaxy S4, produk samsung lainnya seperti Samsung Galaxy Note 2 dan Samsung Galaxy Note 3 banyak juga dijumpai replikanya, terutama di Indonesia. Nah, cara ini dapat diterapkan pula untuk mengecek keaslian dua produk Samsung tersebut.

Untuk itu, jangan terburu-buru mengeluarkan uang untuk membelinya. Kenali dan cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai fitur dan spesifikasi ketiga smartphone Android tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui bagaimana cara membedakan mana Samsung Galaxy palsu, mana Samsung Galaxy yang asli.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Bagaimana Cara Membedakan Samsung Galaxy S4 Palsu Dan Yang Asli?,


Diterbitkan pada: Selasa, 11 Maret 2014
Rating : 4.16 / 5 dari 38 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright