Sosial Media

Inilah 9 Perusahaan Teknologi Yang Mendapat Skor Terbaik Dari EFF

Electronic Frontier Foundation (EFF) yang merupakan organisasi nirlaba terkemuka yang membela kebebasan sipil, hak dan kebebasan pengguna di dunia digital, merilis skor dan memberikan penilaian kepada perusahaan-perusahaan teknologi raksasa dalam melindungi data pengguna dari pemerintah.

Organisasi yang berdiri sejak tahun 1990 itu memberikan skor terbaik kepada 9 perusahaan teknologi raksasa yang mereka pilih berdasarkan nilai dan kriteria tertentu dari mereka. Ke 9 perusahaan teknologi tersebut adalah Google, Yahoo, Apple, Facebook, Microsoft, Twitter, Dropbox, Credo Mobile dan Sonic.net.

Tahun sebelumnya Google, Facebook, Microsoft, Twitter, Dropbox, Credo Mobile dan Sonic.net boleh dibilang mendapat predikat dan skor yang cukup buruk soal perlindungan privacy pengguna mereka dari pemerintah. Hanya dua perusahaan di tahun 2013 yang mendapat skor hampir sempurna yaitu Yahoo dan Apple yang mendapat bintang 5 dari 6.

Merebaknya kasus penyadapan yang cukup menghebohkan dunia khususnya di Amerika beberapa waktu yang lalu atas bocoran dari Edward Snowden, membuat perusahaan-perusahaan teknologi tersebut berbenah. Hasilnya, ditahun 2014 ini ke sembilan perusahaan tersebut akhirnya mendapat skor sempurna dari EFF.

Penghargaan dan Skor Dari EFF Kepada Perusahaan Teknologi Mengenai Perlindungan Data Dari Pemerintah

Penilaian dan Skor Mengenai Perlindungan Data Dari Pemerintah Kepada Perusahaan Teknologi Dari EFF. Gambar: EFF

Kriteria penilaian EFF terhadap perusahaan tersebut dalam melindungi privacy penggunanya dari pemerintah adalah menerbitkan laporan transparansi, menerbitkan pedoman penegakan hukum, berjuang untuk hak-hak privasi pengguna di kongres, berjuang untuk hak-hak privasi pengguna di pengadilan, membutuhkan surat perintah untuk konten, dan menceritakan pengguna tentang permintaan data dari pemerintah.

Electronic Frontier Foundation sendiri merupakan organisasi independent yang memperjuangkan kebebasan bersuara secara online dan menentang segala bentuk penyadapan yang ilegal. Penilaian mereka sering dijadikan tolak ukur bagi perusahaan-perusahaan raksasa dunia mengenai riset keamanan, perangkat lunak open source, enkripsi, yang masih berhubungan dengan dunia teknologi.

Inilah 9 Perusahaan Teknologi Yang Mendapat Skor Terbaik Dari EFF,


Diterbitkan pada: Jumat, 16 Mei 2014
Rating : 4 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Inilah 9 Perusahaan Teknologi Yang Mendapat Skor Terbaik Dari EFF".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright