Games dan Aplikasi HP

Download Aplikasi Jadwal Puasa 2014 Dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 M

Awal puasa tahun 2014 akan ditentukan melalui sidang penetapan awal ramadhan (Isbat) yang akan dilaksanakan hari ini, 27 Juni 2014 oleh Kementerian Agama. Namun, dua ormas Islam terbesar di Indonesia diperkirakan akan memulai puasa ramadhan tahun 2014 ini dalam waktu yang berbeda. Muhammadiyah misalnya, ormas Islam pimpinan Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin, M.A. tersebut telah menetapkan awal puasa 2014 jatuh pada tanggal 28 Juni 2014 esok hari.

Dikutip dari harian bisnis hari ini, H.Nadjib Hamid selaku Sekretaris Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menyatakan jika Muhammadiyah telah memutuskan awal puasa 2014 jatuh pada tanggal 28 Juni dan mulai melaksanakan shalat tarawih malam nanti.

Penetapan tersebut berdasarkan hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal. Ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada hari Jumat, tanggal 27 Juni 2014 pada pukul 15.10 WIB. Saat matahari terbenam, hilal (rembulan usia muda) yang menjadi tanda pergantian awal kalender sudah wujud dengan ketinggian 31 menit, 17 detik. Namun meski Muhammadiyah lebih awal melaksanakan ibadah puasa, kemungkinan lebaran 2014 tetap akan serentak, tambahnya.

Sementara Nahdatul Ulama (NU) memperkirakan awal puasa tahun 2014 akan jatuh pada tanggal 29 Juni. Hal tersebut sesuai pernyataan dari HM Sholeh Hayat selaku Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur sekaligus koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jatim.

Beliau menjelaskan jika awal Ramadhan 2014 / 1435 H jatuh pada tanggal 29 Juni 2014 pukul 15.20 WIB dengan posisi hilal 0,085 derajat. Namun hasil hisab yang dilakukan oleh NU tersebut masih akan diperkuat dengan metode rukyatul hilal.

Sidang penentuan awal puasa 2014 sendiri rencananya akan digelar berbeda dari sidang-sidang sebelumnya. Dimana proses jalannya sidang tidak akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi, hanya keputusan hasil sidang saja yang akan di umumkan oleh Kementerian Agama RI.

Meski ada perbedaan penentuan awal puasa 2014, kita sebagai umat Islam harus tetap saling menghormatinya. Perbedaan tersebut jangan dijadikan bibit perselisihan dan menjadi masalah yang di besar-besarkan.

Nah, bagi Anda yang berpatokan dengan keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia dalam hal penetapan awal ramadan 2014, berikut ada dua aplikasi Android yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui jadwal puasa dan imsakiyah 2014 di Indonesia.

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi jadwal puasa 2014 yang sudah populer dan banyak digunakan sejak tahun 2013 yang lalu yaitu, El Ramadhan.

 

Download Aplikasi El Ramadhan.

Aplikasi ini terbilang lengkap. Didalamnya terdapat menu-menu untuk mengetahui jadwal imsakiyah ramadhan 2014, Do’a-do’a, niat-niat shalat, lokasi masjid, arah kiblat, panduan shalat, Al Qur’an sampai kalender Hijriah dan tata cara zakat.

Diversi 3.0.1 ini, tampilan aplikasi inipun telah diperbaharui. Jika versi terdahulu ikon-ikonnya didominasi warna coklat muda, kini ikon-ikon El Ramadhan terlihat lebih sejuk dengan warna hijau bernuansa Islami. Nilai plus dari aplikasi ini adalah pengembang selalu memperbaharui, menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug-bug dari versi sebelumnya.

Jika ini yang pertama kali Anda menggunakan aplikasi El Ramadhan, ubah terlebih dahulu pengaturan bahasanya ke bahasa Indonesia melalui menu Setting >> Languange. Pastikan juga pada Metode Perhitungan (Count Method) pilih metode perhitungan imsakiyah dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Download Aplikasi Jadwal Puasa dan Imsakiyah 2014 El Ramadhan

Aplikasi Jadwal Puasa dan Imsakiyah 2014 El Ramadhan.

Menu Bahasa Pada Aplikasi El Ramadhan 2014

Menu Bahasa Pada Aplikasi El Ramadhan 2014.

Metode Perhitungan Imsakiyah 2014 Pada Aplikasi El Ramadhan

Metode Perhitungan Imsakiyah 2014 Pada Aplikasi El Ramadhan.

Untuk mendownload aplikasi jadwal puasa 2014 El Ramadahan ini, klik tautan halaman downloadnya via Google Play Store disini. Ukuran filenya kurang lebih sebesar 3,5 MB dan mendukup hp dengan OS Android versi 4.0 atau yang lebih baru.

 

Download Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014.

Berbeda dengan El Ramadhan, aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014 jauh lebih sederhana. Seperti namanya, aplikasi untuk Android ini hanya menampilkan jadwal shalat / imsakiyah 2014 saja. Jadwal yang ditampilkan dapat dipilih sesuai dengan jadwal imsakiyah di seluruh wilayah di Indonesia seperti terlihat pada gambar dibawah.

Download Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014 untuk Android

Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014 untuk Android.

Jadwal Imsakiyah 2014 Berbagai Kota di Indonesia.

Jadwal Imsakiyah 2014 Berbagai Kota di Indonesia.

Aplikasi ini sebenarnya hampir serupa dengan aplikasi Jadwal Imsakiyah yang ada dalam tulisan sebelumnya mengenai daftar aplikasi Android terbaik di bulan Ramadhan. Sayangnya sampai hari ini pengembang aplikasi tersebut tidak memperbaharui/mengupdate dengan versi terbarunya.

Untuk men download Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2014, silahkan kunjungi Google Play Store disini. Aplikasi ini terlist disana pada tanggal 18 Juni 2014 dan dapat dijalankan untuk smartphone Android versi 2.3 sampai ke Android KitKat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Download Aplikasi Jadwal Puasa 2014 Dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 M,


Diterbitkan pada: Jumat, 27 Juni 2014
Rating : 4.77 / 5 dari 313 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Download Aplikasi Jadwal Puasa 2014 Dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 M".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright