Software dan Games PC

Antivirus Kaspersky Dan Symantec Dilarang Di China, Ada Apa?

Pemerintah China memutuskan melarang penggunaan dua produk antivirus terbesar di dunia, Symantec dan Kaspersky. Ada apa gerangan?. Tidak lanjut pelarangan dua antivirus ini di sinyalir setelah pemerintah China melakukan penyelidikan software-software yang digunakan pada seluruh instansi pemerintah mereka pada bulan Mei 2014 silam. Tujuannya tak lain adalah demi kepentingan publik dan keamanan nasional negara mereka.

Dari penyelidikan tersebut, di duga kuat beberapa produk IT khususnya produk dan software sekuriti termasuk Kaspersky dan Symantec cukup menjadi ancaman bagi kepentingan negara mereka. Disamping alasan keamanan pemerintah, China diketahui lebih memprioritaskan produk buatan dalam negeri seperti antivirus buatan Venustech, Qihoo 360 Technology, CAJinchen, Rising dan Beijing Jiangmin. Itu artinya, pemerintah secara langsung membantu mempromosikan software-software keamanan buatan mereka sendiri (cinta produk dalam negeri).

Kaspersky Antivirus Features

Symantec AntivirusTidak mengejutkan memang. Semenjak kejadian pembocoran dan penyadapan yang dilakukan oleh NSA, banyak negara-negara di dunia menjadi antipati terhadap produk-produk keamanan buatan negara-negara besar seperti Amerika dan Rusia. Symantec dan Kaspersky dua diantaranya.

China juga kini memperketat penggunaan software-software yang mereka duga terkait dengan NSA. Dikutip dari laman Softpedia (04-08-2014), pemerintah Tiongkok meyakini jika sejumlah perusahaan teknologi besar dunia merupakan mitra dari NSA, tak terkecuali Symantec, Apple, Cisco termasuk juga Microsoft.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Antivirus Kaspersky Dan Symantec Dilarang Di China, Ada Apa?,


Diterbitkan pada: Rabu, 6 Agustus 2014
Rating : 3 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright