Tips dan Trik

Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Fitur Kunci Keamanan USB Pada Verifikasi 2 Langkah Di Akun Google

Anda memiliki akun di Google?, tentu sudah tidak asing dengan sistem keamanan yang di terapkan melalui verifikasi 2 langkah (2-Step Verification). Nah, baru-baru ini mereka telah menambahkan sebuah fitur baru untuk verifikasi 2 langkah dengan menggunakan sebuah Kunci Keamanan (Security Key) berupa USB FIDO U2F (FIDO Universal 2nd Factor). Seperti apakah fitur ini?.

Seperti yang diketahui, Google telah menerapkan verifikasi 2 langkah dengan berbagai metode yang dapat dipilih. Memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel yang didaftarkan, melalui sandi khusus aplikasi dan mendaftarkan komputer atau laptop yang digunakan supaya Google tidak meminta kode verifikasi 2 langkah lagi saat proses login ke akun Google yang kita miliki.

Tujuan verifikasi 2 langkah ini sendiri sangat berguna untuk melindungi akun Google kita dari pencurian data, hacker, dsb. Jika metode ini diaktifkan, hacker akan kesulitan untuk mengakses akun Google kita seperti gmail, dsb, karena membutuhkan proses verifikasi untuk login yaitu sebuah kode yang dikirim ke ponsel yang telah kita daftarkan.

“Hacker biasanya bekerja dari jauh, jadi verifikasi 2 langkah ini akan menyulitkan bagi hacker yang telah memiliki password untuk mengakses akun kita, karena mereka tidak memiliki telepon,” seperti yang diungkapkan oleh Nishit Shah, selaku Google Security product Manager disini.

Rupanya, Google tidak main-main dengan isu keamanan di setiap produknya. Selain melalui verifikasi kode yang dikirim ke ponsel, kini verifikasi 2 langkah telah mendapat tambahan fitur baru yaitu fitur Security Key (Kunci Keamanan). Anda dapat mengaktifkan fitur ini di bagian pengaturan “Akun” pada tab “Keamanan”. Untuk mengaktifkan fitur ini ada dua persyaratan. Pertama komputer atau laptop yang telah terinstal Google Chrome versi 38 atau versi yang lebih baru (untuk saat ini, tanpa Google Chrome fitur ini tidak dapat di aktfikan). Persyaratan yang kedua adalah Kunci Keamanan fisiknya.

Verifikasi 2 Langkah Akun Google Dengan Kunci Keamanan

Fitur Verifikasi 2 Langkah Akun Google Dengan Kunci Keamanan (Security Key) USB U2F.

Kunci Keamanan (Security Key) merupakan perangkat fisik berupa USB U2F (FIDO Universal 2nd Factor). Anda harus membeli USB yang mendukung FIDO U2F dengan logo seperti gambar dibawah.

Logo USB Yang Mendukung FIDO U2F

Logo USB Yang Mendukung FIDO U2F.

USB FIDO Universal 2nd Factor ini dapat dibeli melalui situs Amazone disini.

Jika Anda sudah memiliki perangkat USB ini (Kunci Keamanan), tinggal melakukan beberapa setting di komputer melalui browser Chrome. Bagaimana caranya?.

Buka laman Tambahkan Kunci Keamanan melalui pengaturan “Akun” pada tab “Keamanan”. Atau bisa langsung menuju link disini. Masukkan Kunci Keamanan (USB FIDO Universal 2nd Factor) ke port USB pada komputer / laptop. Kemudian klik Daftarkan. Lebih jelasnya Anda dapat mengikuti tautan disini.

Cara Menambahkan Kunci Keamanan Pada Akun Google

Cara Menambahkan Kunci Keamanan Pada Akun Google.

Nah, setelah Kunci Keamanan ini terdaftar dan terverifikasi, setiap kita akan login ke akun Google dan menggunakan layanan Gmail, dsb. Komputer atau laptop akan meminta untuk memasukkan Kunci Keamanan terlebih dahulu. Dengan fitur ini, kecil kemungkinan hacker dapat mencuri data-data dan akun Google yang kita miliki, sekalipun sang hacker telah mendapatkan password untuk login ke akun Google yang kita miliki.

Untuk itu, gunakan metode verifikasi 2 langkah dengan Kunci Keamanan ini jika akun Google yang kita miliki sangat berarti dan teramat sangat penting bagi Anda.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Fitur Kunci Keamanan USB Pada Verifikasi 2 Langkah Di Akun Google,


Diterbitkan pada: Rabu, 22 Oktober 2014
Rating : 4.24 / 5 dari 17 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright