PC Laptop

Seperti Apa Spesifikasi Komputer Apple I Yang Terjual 10 Miliar Itu?

Anda tidak akan menyangka jika komputer termahal keluaran Apple bukanlah iMac dengan display Retina 5K yang baru saja mereka rilis minggu lalu. Meski banderol harga iMac with Retina 5K display mencapai Rp. 30 jutaan (US$$2,499.00), namun harga tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan harga komputer keluaran pertama dari Apple yaitu Apple I. Tidak percaya?

Untuk diketahui jika Apple I merupakan komputer yang mengawali sejarah Apple dalam dunia teknologi. Komputer pertama Apple ini di ciptakan dan di rakit sendiri oleh duo pendiri Apple yaitu, Steve Jobs dan Steve Wozniak. Di zamannya, yaitu sekitar tahun 1976, komputer ini berhasil terjual sebanyak 200 unit. Harga jualnya saat itu adalah US$666.6 atau jika di rupiahkan dengan kurs saat ini sekitar 8 jutaan.

Nah, awal minggu lalu di kota New York, salah satu dari Apple I yang di rakit sendiri oleh Steve Wozniak dilelang dengan harga awal $500.000 atau sekitar 6 miliar rupiah. Pemenang dari lelang tersebut adalah Museum Henry Ford. Museum ini memberikan penawaran harga tertinggi yaitu US$$905,000 atau jika di rupiahkan sekitar 10,9 miliar rupiah. Harga ini tentunya merupakan harga yang sangat fantastis untuk sebuah komputer jadul.

Namun, jangan menilai harga dari spesifikasinya. Sebab, harga 10 miliar tersebut dinilai wajar mengingat Apple I merupakan komputer yang memiliki nilai sejarah yang tak ternilai harganya.

Seperti yang dikutip dari laman The Register(23-10-14), Patricia Mooradian, selaku Presiden Museum Henry Ford menyatakan Apple tidak hanya inovatif, namun merupakan artefak kunci dalam revolusi digital.

Nah, penasaran seperti apa spesifikasi dari komputer termahal milik Apple ini?, berikut detailnya:

Komputer Pertama dan Termahal Dari Apple - Apple I

Komputer Pertama dan Termahal Dari Apple – Apple I.

Spesifikasi Apple I:
Tahun produksi: 1976.
Prosesor: MOS 6502 berkecepatan 0.001 GHz.
RAM: berkapasitas 0.0000038 GB.
Monitor: TV jadul.
Resolusi: 280 x 192 (0K28).

Bandingkan dengan spesifikasi komputer Apple terbaru iMac with Retina 5K display berikut ini:

Tahun produksi: 2014.
Prosesor: Intel Core i5 quad core berkecepatan 3,5 GHz (sampai dengan 3,9 GHz) atau Intel Core i7 quad core berkecepata 4,0 GHz (sampai dengan 4,4 GHz).
RAM: berkapasitas 8 GB / 16 GB / 32 GB.
Monitor: Retina 5K display berukuran 27 inchi dengan teknologi IPS.
Resolusi: 5120 x 2880 piksel (5k).

Meski jadul dan spesifikasinya sangat jauh tertinggal, nyatanya harga Apple I dengan telak mengalahkan harga iMac dengan display Retina 5K.

Apple I Berhasil Terjual Seharga 10 Milliar Rupiah

Apple I Berhasil Terjual Seharga 10 Milliar Rupiah. Gambar: theregister.co.uk.

Rencananya, komputer termahal dari Apple ini akan di pamerkan oleh pihak museum dan menjadi salah satu koleksi barang teknologi langka yang sangat bersejarah.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Seperti Apa Spesifikasi Komputer Apple I Yang Terjual 10 Miliar Itu?,


Diterbitkan pada: Kamis, 23 Oktober 2014
Rating : 5 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Seperti Apa Spesifikasi Komputer Apple I Yang Terjual 10 Miliar Itu?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright