Tips dan Trik

Cara Beli Aplikasi Android Dengan Pulsa IM3 Dan Mentari

Salah satu syarat untuk membeli aplikasi maupun games di Google Play Store adalah dengan menggunakan kartu kredit atau paypal via Google Wallet. Sayangnya, tidak semua pengguna tablet dan smartphone Android di Indonesia memiliki kartu kredit apalagi Paypal. Lalu bagaimana cara membeli aplikasi di Google Play Store jika tidak memiliki kartu kredit dan Paypal?.

Kabar baik datang dari Indosat. Baru-baru ini operator telekomunikasi di Indonesia tersebut telah mendukung pembelian aplikasi Andoid melalui pemotongan pulsa langsung. Fasilitas dan layanan pembelian konten-konten di Google Play Store dengan sistem potong pulsa itu dinamakan layanan “Google Carrier Billing“.

Indosat-lah yang menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggunakan layanan carrier billing di Google Play Store. Dengan layanan ini, pelanggan Indosat yaitu pengguna kartu prabayar IM3 dan Mentari dapat membeli semua konten di Google Play Store seperti aplikasi, game dan buku digital dengan sistem potong pulsa. Sementara untuk pelanggan Indosat pascabayar yaitu pengguna kartu Matrix dapat membelinya dengan sistem tagihan bulanan sebesar harga konten yang dibeli tersebut plus pajak.

Lalu bagaimana cara membeli aplikasi Android dengan pulsa menggunakan layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play ini?, dan apa saja syarat yang harus di penuhi?.

Baik pengguna kartu IM3, Mentari dan Matrix, diwajibkan memiliki akun Google dengan alamat email (Gmail). Jika belum memiliki akun dan alamat email dari Google, silahkan buat terlebih dahulu disini.

Cara membeli aplikasi, games, buku digital di Google Play Store.

Silahkan buka aplikasi Google Play Store. Login / Sign in terlebih dahulu menggunakan akun Google (Gmail). Kemudian cari aplikasi, buku atau games yang akan dibeli.

Contoh disini, kita akan membeli games Android Football Manager 2015 dengan pulsa. Harganya saat ini Rp 119.000. Jadi, siapkan pulsa lebih dari itu.

Setelah game yang akan dibeli dipilih, silahkan tap tombol “Pembelian dalam aplikasi” seperti gambar dibawah.

Beli Games Android Dengan Pulsa.

Beli Games Android Dengan Pulsa.

Google Play akan memberikan pemberitahuan untuk mengakses Pembelian dalam aplikasi dsb. Ketuk atau tap saja tombol “TERIMA”. Berikutnya akan muncul konfirmasi mengenai metode pembayaran yang akan kita gunakan. Tap tombol “LANJUTKAN”.

Beli Aplikasi Android Dengan Pulsa

Konfirmasi untuk memilih metode pembayaran.

Langkah selanjutnya pilih metode pembayaran. Karena pembelian aplikasi atau games Android ini menggunakan sistem pemotongan pulsa, pilih saja “aktifkan penagihan Indosat”. Kemudian Google Play akan memverifikasi akun seperti gambar dibawah.

Cara Beli Aplikasi Android Dengan Pulsa Indosat Mentari dan IM3

Pilihan Metode Pembayaran dengan Mengaktifkan Penagihan Indosat.

Proses selanjutnya adalah memasukkan nomor ponsel, data dan alamat penagihan seperti gambar dibawah. “SIMPAN” dan “TERIMA”.

Membeli Aplikasi Di Google Play Store Dengan Pulsa

Pengisian Form Alamat Penagihan dan Nomor Ponsel.

Langkah terakhir adalah dengan mengetuk tombol “BELI” kemudian “KONFIRMASI” dengan memasukkan password Gmail kita.

Cara Beli Games Android Di Google Play Store Dengan Pulsa

Konfirmasi Pembelian Aplikasi Androi Dengan Pulsa Dengan Memasukkan Password Gmail.

Jika pembelian aplikasi atau games Android berhasil. Kita akan mendapat bukti pembelian yang dikirim ke alamat email dan SMS. Pulsa pun terpotong secara otomatis.

Untuk pegguna kartu Matrix, cara pembelian aplikasi dengan pulsa kurang lebih sama dengan proses diatas. Hanya saja pembayaran akan ditagihkan kedalam billing kartu pascabayar yang kita gunakan.

Cukup mudah bukan?. Yang perlu diperhatikan disini adalah setiap pembelian aplikasi Android dengan sistem potong pulsa akan dikenakan pajak sebesar 10 persen. Jadi, harganya lebih mahal 10 persen dari harga yang tertera di Google Play Store. Seperti misalnya game Android Footbal Manager 2015 diatas. Harga yang tertera di Google Play Store Rp 119.000. Kemudian ditambah 10 persen (Rp 11.900). Totalnya menjadi Rp 130.900. Persiapkan pulsa sebesar itu untuk membelinya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Beli Aplikasi Android Dengan Pulsa IM3 Dan Mentari,


Diterbitkan pada: Rabu, 10 Desember 2014
Rating : 4.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright