Games dan Aplikasi HP

Dapatkan Tips dan Info Mudik dengan Dua Aplikasi Canggih Ini

Sebagai perusahaan raksasa teknologi, Google berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Termasuk juga memberikan info dan tips mudik asyik menggunakan berbagai layanan dan aplikasi gratisan milik mereka. Anda yang kebetulan akan menjalani rutinitas tahunan ini, bisa memanfaatkan dua aplikasi ini. Nah, aplikasi apa saja yang bisa memberikan informasi mudik yang dimaksud?.

Gunakan Google Maps Sebagai Peta Digital Untuk Mudik.
Untuk menemani perjalanan mudik Anda sampai ke kampung halaman tercinta, peta digital sangat diperlukan. Layanan peta yang paling sering digunakan dan terkenal dengan keakuratannya adalah Google Maps. Melalui aplikasi peta Google Maps, Anda bisa mendapatkan info macet di lebih 10 kota-kota besar yang ada di Indonesia secara up to date. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Medan, Palembang, Jambi, Padang, Bandar Lampung, Batam, Banda Aceh, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Tasikmalaya, Bogor, Malang, Yogyakarta, Surakarta, Makassar, Samarinda, dan Denpasar.

Aplikasi Peta Digital Google Maps Untuk Mudik

Aplikasi Peta Digital Google Maps Untuk Mudik.

Selain mendapatkan informasi kemacetan dijalan saat mudik, aplikasi peta Google Maps juga bisa memberikan Anda informasi seputar mudik seperti info penutupan dan perbaikan jalan serta kecelakaan di jalan raya. Kode dengan warna hijau berarti kondisi lalu lintas yang Anda akan lewati bebas hambatan, sementara kode dengan warna kuning lalu lintas dalam kondisi merayap dan kode dengan warna merah atau warna hitam rute tersebut dalam keadaan padat / macet. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan perjalanan mudik dengan matang.

Dalam perjalanan mudik, Anda juga bisa memanfaakan fitur Google Maps mengenai informasi tempat peristirahatan, mushala atau masjid serta restoran terdekat dengan lokasi Anda berada.

Selain menampilkan informasi rute dan lalu lintas serta informasi masjid dan restoran terdekat, Google Maps memiliki berbagai fitur canggih lainnya yang sangat berguna menemani perjalanan mudik Anda. Seperti misalnya fitur untuk merekam dan menyimpan peta selama perjalanan mudik ke smartphone kesayangan Anda.

Aplikasi peta Google Maps bisa Anda gunakan melalui smartphone Android ataupun melalui perangkat iOS / iPhone. Download aplikasi peta digital Google Maps untuk Android melalui Google Play Store disini. Sedangkan untuk pengguna iPhone bisa men- download aplikasi ini melalui Apple Store disini.

Bertanya Info Mudik Secara Langsung Dengan Aplikasi Google.
Teknologi pencarian Google kini semakin pintar dan canggih. Tidak perlu mengetik di smartphone Anda untuk sekedar mencari info terkait perjalanan mudik seperti misalnya info restoran terdekat. Cukup bertanya langsung menggunakan suara Anda, Google-pun akan memberikan informasi dan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan tersebut melalui fitur perintah suara (Voice Command).

Cukup dengan bertanya “OK Google, restoran terdekat” seketika semua informasi mengenai restoran yang dekat dengan lokasi Anda akan ditampilkan melalui layar smartphone. Andapun lebih asyik dan nyaman selama perjalanan mudik tanpa harus melepaskan tangan dari setir kendaraan Anda.

Dapatkan Informasi Mudik Melalui Aplikasi Google

Dapatkan Informasi Mudik an Restoran Terdekat Melalui Aplikasi Google.

Bagaimana cara menggunakannya?. Bagi Anda pengguna smartphone Android, cukup dengan mengaksesnya melalui ikon “G” atau Google Search yang terdapat di home screen smartphone Android kemudian tap ikon mikrofon yang ada disebelah kanan. Terlebih dahulu aktifkan fitur perintah suara dalam bahasa Indonesia di Aplikasi Google ini dengan cara masuk kebagian menu di sebelah kanan atas kemudian pilih “setelan” >> “Bahasa penelusuran” >> “Bahasa Indonesia (Indonesia)”. Jika tidak ada di smartphone Android Anda, aplikasi ini bisa di download via Google Play Store disini.

Sedangkan untuk pengguna iPhone, aplikasi Google bisa Anda download melalui Apple Store disini.

Aktifkan fitur “Kartu Now” untuk mendapatkan informasi jadwal pesawat.
Jika Anda berencana mudik menggunakan pesawat terbang dan biasa melakukan pemesanan tiket secara online, Anda akan mendapat konfirmasi tiket pesawat. Pesan tersebut akan dikirim ke akun Gmail Anda dan secara otomatis akan ditampilkan melalui smartphone Anda melalui fitur Kartu Now yang ada didalam aplikasi Google. Anda akan mendapat informasi mengenai jadwal keberangkatan pesawat, terminal dan pilihan in flight entertainment untuk Garuda Indonesia.

Fitur Kartu Now Di Aplikasi Google

Fitur Kartu Now Di Aplikasi Google.

Di fitur Kartu Now yang ada didalam aplikasi Google, Anda juga akan mendapatkan informasi detail berapa lama waktu tempuh dari rumah menuju ke bandara. Dengan begitu Anda tidak khawatir akan ketinggalan pesawat.

Dengan dua aplikasi canggih dari Google ini (Aplikasi Google dan Google Maps), Anda bisa mendapatkan tips dan info mudik yang lebih akurat melalui smartphone Anda. Perjalanan mudik akhirnya terasa mudah dan mengasyikkan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Dapatkan Tips dan Info Mudik dengan Dua Aplikasi Canggih Ini,


Diterbitkan pada: Jumat, 10 Juli 2015
Rating : 5 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Dapatkan Tips dan Info Mudik dengan Dua Aplikasi Canggih Ini".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright