Tips dan Trik

Mudik?, Jangan Asal Mematikan Mesin Mobil Anda

Terdengar sepele memang, namun ada teknik dan cara mematikan mesin mobil dengan baik dan benar. Terutama bagi pengendara yang melakukan perjalanan mudik. Meski Anda terburu-buru diperjalanan, misalnya mencari tempat beristirahat, restoran atau sekedar ingin buang air kecil, jangan langsung mematikan mesin mobil Anda. Jika dilakukan dengan sembarangan, akan berdampak buruk pada mobil kesayangan Anda. Tidak percaya?.

Toyota melalui situs resminya mengungkapkan untuk menjaga performa mesin mobil dalam keadaan baik adalah dengan mengendarai mobil tersebut dengan baik dan benar, melalukan servis atau perawatan rutin sesuai jadwal. Salah satu faktor yang bisa mendukung performa mesin mobil terus terjaga adalah dengan cara mematikan mesin mobil yang dianjurkan. Nah, bagaimana cara mematikan mesin mobil yang baik dan benar?.

Tips Mematikan Mesin Mobil Yang Baik.
Beberapa kasus terjadinya kerusakan mesin mobil adalah akibat pengendara sering mematikan mesin mobil saat putaran mesin masih tinggi. Jika mesin dalam keadaan putaran tinggi, tentunya mesin memerlukan pelumas. Nah, saat Anda mematikan mesin mobil dalam keadaan putaran mesin tinggi, seketika kompresi pelumas yang masuk akan menurun atau dengan kata lain mesin akan kehilangan pelumas.

Dapat dibayangkan jika mesin mobil bekerja tanpa pelumas. Selain itu, saat putaran mesin masih tinggi, beberapa komponen ada yang dalam keadaan mengembang. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan dinding silinder dan mesinpun cepat mengalami kerusakan (aus).

Tips Mematikan Mesin Mobil Yang Baik.

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Baik.

Untuk itu, cara mematikan mesin mobil yang baik adalah dengan menunggu mesin dalam keadaan normal, kemudian barulah putar kunci kontak keposisi off. Itulah sedikit tips untuk menjaga performa mobil. Terdengar sepele, namun jika Anda mengabaikannya, akan berdampak buruk bagi mobil kesayangan Anda.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mudik?, Jangan Asal Mematikan Mesin Mobil Anda,


Diterbitkan pada: Jumat, 10 Juli 2015
Rating : 4.25 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright