Otomotif

Toyota Pixis Mega, Si Mobil Mungil Penantang Wagon R

Toyota kembali menambah jajaran mobil mungil yaitu Pixis Mega di Jepang. Mobil mungil yang bisa memuat 4 orang didalamnya itu dipercaya merupakan kandidat dan penantang kuat Suzuki Wagon R yang sejak tahun 2003 merajai pangsa pasar mobil mungil terutama di pasar Asia. Namun kedigdayaan Suzuki Wagon R bisa saja menurun setelah Toyota Pixis Mega ini mulai tersedia di showroom-showroom resmi Toyota.

Melalui laman press release Toyota disebutkan jika Toyota Pixis Mega di ciptakan untuk menawarkan fleksibilitas yang cocok untuk berbagai kebutuhan dan gaya hidup konsumen di Jepang. Meski berukuran mungil, mobil ini memiliki dimensi tinggi 1.835 mm dengan tinggi ruang kabin 1.455 milimeter. Sehingga cukup luas dan nyaman untuk menampung empat orang didalamnya.

Toyota Pixis Mega Warna Biru

Toyota Pixis Mega Warna Biru.

Dikarenakan mobil ini cukup tinggi dikelasnya, untuk mendukung handling, pengaturan suspensi dibuat lebih kaku dengan peredam kejut yang berukuran cukup besar. Peredam ini juga dilengkapi dengan stabilator. Sementara untuk kenyamanan dan jarak pandang pengemudi (visibilitas) didesain seperti yang ada di mobil minivan.

Dibagian eksterior Toyota Pixis Mega terutama pada pintu belakang menggunakan sistem sliding door. Dengan begitu, akan memberikan kemudahan keluar masuk mobil. Pintu ini juga telah mengadopsi sistem satu sentuhan untuk mempermudah penumpang bagian belakang.

Spesifikasi dan Harga Toyota Pixis Mega

Gambar Toyota Pixis Mega Tampak Samping.

Meski mungil, bukan berarti mobil ini tanpa ruang bagasi. Toyota melengkapi Pixis Mega dengan ruang bagasi yang terdapat di bagian belakang. Ruang bagasi ini bisa menampung barang-barang sampai ketinggian 1 meter.

Muatan Bagasi Toyota Pixis Mega

Muatan Bagasi Toyota Pixis Mega.

Sumber dan gambar-gambar Toyota Pixis Mega : www.autoevolution.com.

Sementara untuk spesfikasi mesin, Toyota Pixis Mega menggunakan mesin berkapasitas 600 cc yang dipadukan dengan sistem transmisi otomatis CVT. Mesin ini ditunjang dengan teknologi eco-IDLE serta fitur idling-stop yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Ada dua varian Pixis Mega. Dengan mesin penggerak roda depan dan dengan mesin penggerak emat roda. Pixis Mega dengan mesin penggerak roda depan mengkonsumsi bahan bakar 25,4 km / liter. Sementara Pixis Mega dengan mesin empat roda telah dilengkapi dengan intercooled turbo yang telah memenuhi 25 persen standar efisiensi bahan bakar di Jepang.

Mobil mungil penantang Suzuki Wagon R ini menjadi pelengkap dua model Pixis yang telah lebih dulu dikeluarkan oleh Toyota yaitu Pixis Space dan Pixis Epoch. Infonya, Toyota Pixis Mega di produksi oleh pabrikan Daihatsu namun dipasarkan menggunakan brand Toyota.

Lalu berapa harganya?. Harga Toyota Pixis Mega dengan penggerak roda depan dibanderol ¥ 1.350.000 atau sekitar Rp 145 jutaan. Sedangkan harga Toyota Pixis Mega dengan mesin berpenggerak empat roda dibanderol lebih mahal yaitu ¥ 1.749.600 atau sekitar Rp 180 jutaan. Apakah varian ini akan menyambangi pasar otomotif tanah air?.

Baca juga : Bocoran Mobil Honda BRV dan Uang DP -nya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Toyota Pixis Mega, Si Mobil Mungil Penantang Wagon R,


Diterbitkan pada: Minggu, 5 Juli 2015
Rating : 4 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Toyota Pixis Mega, Si Mobil Mungil Penantang Wagon R".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright