Tips dan Trik

Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10

Banyak pengguna laptop dengan dual VGA mengalami masalah video scheduler internal error setelah mengupgrade Windows 7 dan 8.1 ke Windows 10. Permasalahan itu umumnya dialami pada laptop dengan VGA Intel HD Graphics series dan terjadi ketika pengguna Windows 10 mengaktifkan mode sleep. Saat akan menghidupkannya kembali (wake up), loading PC atau laptop menjadi lama bahkan muncul blue screen dengan pemberitahuan VIDEO_SCHEDULER_INTERNAL_ERROR kemudian laptop akan melakukan proses restart. Begitu seterusnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah VIDEO_SCHEDULER_INTERNAL_ERROR ini?. Sementara Anda tidak ingin menunggu terlalu lama pembaharuan atau update dari Microsoft?. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan melakukan update driver VGA Intel ke versi yang terbaru. Anda bisa mengujungi halaman downloadnya dibawah ini kemudian mencari driver yang sesuai dengan VGA yang digunakan pada kolom “Find By Category”.

Cara Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10

Cara Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10.

Download driver VGA Intel terbaru disini.

Hapus driver lama kemudian instal driver yang terbaru atau Anda bisa menimpanya melalui Device Manager, Device Adapters. Kemudian klik kanan driver VGA Intel yang ada dan pilih Properties lalu klik tombol Update Driver dalam menu Driver. Setelah itu restart laptop Anda.

Cara kedua untuk mengatasi VIDEO_SCHEDULER_INTERNAL_ERROR di Windows 10 adalah dengan mengubah nilai DVMT Pre-Allocated didalam setingan BIOS laptop Anda. Cara ini khusus untuk pengguna laptop ASUS Transformer Book Flip TP550LD. Buka settingan BIOS pada tab Advanced, Graphics Configuration. Kemudian ubah nilai DVMT Pre-Allocated menjadi 256M atau nilai yang lebih kecil.

BIOS Laptop ASUS Transformer Book Flip TP550LD

BIOS Laptop ASUS Transformer Book Flip TP550LD.

Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10

Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10.

Tips dan cara kedua ini bekerja bahkan bisa mengatasi masalah video_tdr_failure (igdkmd64.sys) tanpa harus melakukan update driver VGA Intel yang digunakan.

Mudah-mudahan Microsoft segera merilis update untuk mengatasi masalah video_tdr_failure (igdkmd64.sys) dan video scheduler internal error di Windows 10 ini secepatnya. Semoga bermanfaat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengatasi Masalah Video Scheduler Internal Error Windows 10,


Diterbitkan pada: Jumat, 7 Agustus 2015
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright