Sains

Mengenal John Logie Baird, Tokoh Penemu Televisi

Google Doodle hari ini menampilkan gambar ulang tahun demonstrasi Televisi pertama yang ke-90 disertai dengan pertanyaan, Siapakah Penemu Televisi?. Tokoh tersebut bernama lengkap John Logie Baird. Pria ini lahir di Helensburgh, Skotlandia, pada 13 Agustus 1888. John Logie Baird merupakan tokoh yang berkontribusi besar dalam sejarah penemuan televisi berwarna setelah dia berhasil menunjukkan jika citra visual yang bergerak dapat di transmisiskan ke sebuah perangkat televisi untuk yang pertama kalinya.

Di negara kelahirannya, Skotlandia, tokoh penemu televisi ini mendapatkan pendidikan di Universitas Glasgow dan Technical College Royal dan akhirnya memilih untuk menjadi seorang insinyur listrik.

Pertanyaan Siapakah Penemu Televisi di Google Doodle Hari Ini

Pertanyaan Siapakah Penemu Televisi di Google Doodle Hari Ini. (google.co.id)

Saat itu, John Logie Baird tidak dapat ikut serta dalam Perang Dunia I karena gangguan kesehatan yang dialaminya. Atas dasar itu pula, dia akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang amatir profesional dibidang yang dia anggap dapat memberikan keuntungan.

Biografi John Logie Baird, Tokoh Penemu Televisi

John Logie Baird, Tokoh Penemu Televisi.

Setelah mengalami gangguan saraf, dia akhirnya memutuskan untuk mendalami bidang elektronik. Salah satu yang menginspirasi dan membangkitkan semangatnya di bidang elektronik adalah setelah adanya demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi yang mampu membawa sinyal audio.

Baca: sejarah kelahiran Radio di Indonesia.

Melihat keberhasilan Guglielmo Marconi atas temuan radionya, John Logie Baird yakin jika dengan proses yang sama bukan saja sinyal audio, melainkan sinyal visual dapat ditransmisikan.

Diapun bekerja keras untuk mewujudkan inovasinya itu dan membuat sebuah desain yang berasal dari disk scanning yang diciptakan oleh Paul Nipkow dari Jerman pada tahun 1884. Dia membuat dan mengembangkan sebuah perangkat Nipkow disk tersebut untuk mencapai tujuannya itu.

Siapakah Penemu Televisi

Siapakah Penemu Televisi. (rex)

Perangkat ini sendiri terdiri dari bagian utama berupa disk karton dengan serangkaian lubang persegi yang didesain dalam posisi spiral. Saat dirakit dan digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, perangkat tersebut berfungsi dan dapat melakukan proses scanning pada daerah gelap dan terang menjadi informasi serta mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Saat menggunakan disk kedua yang di sinkronkan dengan yang pertama, perangkat ini dapat menterjemahkan signal-signal menjadi gambar visual.

Temuan John Logie Baird ini selangkah lebih maju dari ide sang penemunya. Dia berhasil mengembangkan sistem dimana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik dan bukan melalui media penghantar seperti kabel.

Saat itu dia terus mengembangkan temuannya itu dengan dana yang sangat minim. Tidak banyak investor yang tertarik dengan temuan yang mereka anggap tidak akan menguntungkan bagi mereka itu. Sampai berusia 35 tahun, John Logie Baird hidup dalam keadaan yang serba kekurangan. Banyak penemuan dan mesin prototipe yang berhasil dia ciptakan seperti kue kaleng, jarum rajut, string dan lampu sepeda.

Pada tahun 1923, John Logie Baird kembali melanjutkan penelitian dengan merancang mesin untuk mentransmisi gambar visual dengan suara melalui radio. Tak lama kemudian, dia berhasil mengirim gambar visual kasar melalui pemancar tanpa kabel ke perangkat penerima walau hanya berjarak beberapa meter saja. Wikipedia.

Kemudian, pada tahun 1925 tokoh penemu tv ini memperlihatkan hasil temuannya itu, yaitu televisi didepan khalayak umum di Royal Institute di London. Momen inilah yang menjadi tema Google Doodle hari ini, siapakah penemu televisi, karena merupakan demonstrasi pertama televisi didunia.

Tempat Demonstrasi tokoh di balik siapakah penemu televisi, John Logie Baird

Tempat Demonstrasi tokoh di balik siapakah penemu televisi, John Logie Baird. (HeathCliff O’Malley)

Setelah mendemonstrasikan temuan televisinya itu, akhirnya banyak insvestor yang tertarik dan memberikan suntikan dana kepadanya untuk mengembangkan temuannya itu.

Kemudian pada tahun 1927, John Logie Baird men-transmisikan sinyal televisi dari London ke Glasgow. Satu tahun kemudian, dia mengirimkan sinyal televisi dari London ke New York.

Setelah berhasil mengirim sinyal televisi dari London ke New York, pada tahun 1929 British Broadcasting Corporation (BBC) melakukan siaran televisi pertama mereka dengan menggunakan peralatan temuan dari John Logie Baird.

Sayang waktu itu, John Logie Baird belum menggunakan tabung sinar Katode yang menjadi cikal bakal televisi modern. Sehingga televisi temuannya itu kalah bersaing sejak sistem televisi baru mulai dibuat pada tahun 1933.

Tokoh penemu televisi ini meninggal pada 14 Juni 1946 di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris di usia 57 tahun. Atas kontribusinya dibidang sains dan teknologi, tak salah jika Google memberikan penghargaan dengan menampilkan Siapakah Penemu Televisi di Google Doodle hari ini seperti video dibawah ini:

Video Google Doodle hari ini: Siapakah Penemu Televisi?.

 

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengenal John Logie Baird, Tokoh Penemu Televisi,


Diterbitkan pada: Selasa, 26 Januari 2016
Rating : 4.67 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Mengenal John Logie Baird, Tokoh Penemu Televisi".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright