Sains

Titik Terang Misteri Keangkeran Segitiga Bermuda Mulai Terungkap

Siapa yang tak tahu dengan segitiga bermuda (Bermuda Triangle). Sebuah wilayah yang hingga kini menjadi tempat misterius dan dianggap paling angker didunia. Sudah banyak kapal maupun pesawat hilang disana. Setidaknya tercatat sebanyak 8.127 orang telah hilang di kawasan Segitiga Bermuda sejak abad ke-19, begitu menurut laporan International Business Times.

Selain itu, banyak fenomena dan mitos mengenai segitiga bermuda. Mulai dari kerajaan iblis, tempat tinggalnya dajjal, monster laut, pusaran angin raksasa, pintu gerbang alien, blue hole dan sumber terbesar gas metana.

Segitiga Bermuda Diyakini Merupakan Kerajaan Iblis dan Tempat Tinggal Dajjal

Segitiga Bermuda Diyakini Merupakan Kerajaan Iblis dan Tempat Tinggal Dajjal.

Baca: Mitos dan Fakta Area 51 Yang Dikenal Misterius.

Dari sekian mitos dan kepercayaan tersebut, sumber gas metena-lah yang paling masuk akal dikalangan para ilmuwan. Gas metana adalah sebuah senyawa yang begitu kuat dan tentunya berbahaya. Bahkan beberapa ilmuwan menganggap gas metana lebih berbahaya dari karbondioksida (CO2).

Penelitian mengenai kandungan gas metana di wilayah segitiga bermuda menjadi sangat masuk akal karena selain di lapisan es atau tanah, laut merupakan penghasil metana paling besar di alam.

Penelitian yang sudah dilakukan seja tahun 1981 itu akhirnya menemui titik terang. Baru-baru ini para peneliti di Arctic Unversity Norwegia mengklaim telah menemukan beberapa kawah atau kubangan berbentuk mangkuk raksasa di dasar lautan di wilayah utara Norwegia dan Rusia, tepatnya di Laut Barents, Arktik. Meski sebenarnya titik ini cukup jauh dari wilayah segitiga bermuda, tapi masih dianggap berkaitan.

Kawasan Segitiga Bermuda

Kawasan Segitiga Bermuda.

Para peneliti yakin jika kawah-kawah tersebut erat kaitannya dengan fenomena dan mitos yang berkembang selama ini mengenai segitiga bermuda. Mereka meyakini jika kawah-kawah di dasar laut tersebut terjadi akibat ledakan besar gas metan. Kawah itu sendiri memiliki diameter setengah mil dengan kedalaman hingga 150 kaki.

Baca : Inilah Fakta Menarik Mengenai Penampakan Hantu yang Perlu Diketahui.

“Banyak ditemukan kawah raksasa di dasar laut di wilayah barat Laut Barents. Kemungkin menyebabkan semburan gas yang sangat besar,” ungkap peneliti dari Universitas Arctic, Norwegia melalui laman news.com.au.

Lebih lanjut, para ilmuwan ini menjelaskan teori dan kemungkinan bagaimana gelembung-gelembung pelepasan gas metana itu bisa sangat berbahaya bagi kapal yang melintas.

Rencananya, temuan ini akan disampaikan pada pertemuan Peneliti Geo Sains Eropa di Wina, Austria, yang akan dilangsungkan pada 17-22 April 2016 mendatang. Salah satu topik yang dibahas adalah mengenai pengaruh ledakan gas metan terhadap perjalanan kapal.

Lihat juga disini: Atlantis, Kota Yang Hilang Itu Ternyata Terletak Di Laut Jawa?.


Tentunya penelitian ini belum bisa menjawab keseluruhan misteri dan keangkeran segitiga bermuda. Seperti misalnya jawaban mengenai pesawat-pesawat yang hilang misterius di udara. Kemudian ada kasus dan fenomena yang sangat aneh, yaitu kasus hilangnya sejumlah orang didalam kapal yang melintas di segitiga bermuda, tetapi bukan seisi kapal yang hilang.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Titik Terang Misteri Keangkeran Segitiga Bermuda Mulai Terungkap,


Diterbitkan pada: Selasa, 15 Maret 2016
Rating : 4.33 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Titik Terang Misteri Keangkeran Segitiga Bermuda Mulai Terungkap".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright