Sains

55 Cancri e, Gunung Berapi yang Melayang di Alam Semesta

Dari ribuan planet yang diklaim telah ditemukan oleh Badan luar angkasa Amerika Serikat (NASA), salah satunya merupakan planet yang paling aneh dan sangat unik. Boleh dikatakan, planet ini merupakan gunung berapi yang melayang di alam semesta. Mengapa demikian?.

Planet yang diberi nama 55 Cancri e itu ternyata memiliki sifat seperti gunung berapi. Hampir setengah dari planet ini mengandung lava atau lelehan panas seperti yang ada didalam perut gunung berapi di bumi. Setengahnya lagi merupakan bebatuan.

Planet 55 Cancri e, Gunung Berapi yang Melayang di Alam Semesta

Planet 55 Cancri e, Gunung Berapi yang Melayang di Alam Semesta.

Seperti halnya dengan bumi dan matahari, 55 Cancri e juga terkunci kuat dengan matahari. Jarak planet ini dengan bintang orbitnya sekitar 40 tahun cahaya. Oleh karenanya bumi super ini mengorbit hanya 18 jam sekali sebab memiliki jarak yang lebih dekat dengan bintangnya. Hanya saja 55 Cancri e memiliki kepadatan 8 kali serta lebih besar dua kali lipat dari bumi.

Penelitian mengenai panas di 55 Cancri e ini telah dipublikasikan oleh ilmuwan NASA melalui jurnal Nature. Penelitian tersebut berdasarkan data peta panas planet alam semesta. Dalam jurnal itu, dilaporkan jika 55 Cancri e memiliki dua sisi berbeda, satu sisi merupakan wilayah malam yang panas dengan suhu tinggi sekitar 2.000 derajat Fahrenheit, sisi satunya lagi merupakan wilayah siang yang jauh lebih panas lagi.

NASA menggunakan teleskop luar angkasa Spitzer dalam melakukan penelitian panas di 55 Cancri e. Michael Gillon dari University of Liege di Belgium mengungkapkan melalui laman Huffington Post jika wilayah siang di planet aneh ini kemungkinan besar dipenuhi dengan kolam besar berisi magma panas dan aliran sungai lava. Sedangkan di wilayah malamnya, lava menjadi padat seperti halnya di Hawaii.

Karena panas dan uniknya, beberapa ilmuwan bahkan ada yang menyamakannya dengan “Musafar” yaitu dunia yang tak pernah berhenti meleleh dalam film Star Wars, tempat ini merupakan pertarungan Obi-Wan Kenobi dengan musuhnya Anakin Skywalker.

Lihat juga: Foto-Foto Fosil Ikan Raksasa Di Planet Mars Temuan Nasa.

Meskipun sangat panas, para ilmuwan masih meyakini jika di belahan wilayah malam planet 55 Cancri e masih memiliki atmosfer.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

55 Cancri e, Gunung Berapi yang Melayang di Alam Semesta,


Diterbitkan pada: Sabtu, 2 April 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "55 Cancri e, Gunung Berapi yang Melayang di Alam Semesta".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright