Sains

Fakta Menarik Mengenai Penampakan Bulan Biru atau Blue Moon Malam Ini

Bulan Biru atau Blue Moon adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia astronomi untuk menyebut bulan purnama kedua dalam satu bulan. Dulu fenomena alam Blue Moon juga sering dipakai untuk menyebutkan bulan purnama keempat dalam satu musim. Mendengar istilah Bulan Biru, tentu timbul dibenak orang awam adalah bulan yang menghiasi langit malam berwarna biru. Benarkah demikian?.

Meski menggunakan istilah Blue Moon, faktanya bulan tidak mengeluarkan warna biru seperti yang dibayangkan orang selama ini. Sama halnya dengan fenomena Blood Moon atau gerhana bulan merah darah, dimana sebagian dari cahaya matahari yang menyinari bulan akan dibiaskan atmosfer Bumi, maka terlihat bulan menampakkan warna merah darah.

Fenomena Blue Moon atau Bulan Biru

Fenomena Blue Moon atau Bulan Biru. (NASA)

Hanya saja ada yang unik pada Blue Moon yang akan menyinari bumi malam ini, yaitu planet Mars akan berada sangat dekat dengan bulan. Akibatnya, bagian langit dibumi bagian tenggara akan terlihat lebih terang. Demikian seperti yang dikutip dari laman NJ.com.

Setelah malam ini, Blue Moon akan terjadi lagi pada 31 Januari 2018. Sebelumnya, penampakan Bulan Biru terjadi pada 31 Juli 2015 yang lalu. Fenomena alam ini bisasnya terjadi 1 hingga 3 tahun sekali.

Tidak seperti melihat fenomena gerhana matahari total, tidak perlu alat khusus untuk melihat Blue Moon malam ini. Anda bisa melihatnnya secara langsung dengan mata.

Fakta Menarik Mengenai Penampakan Bulan Biru atau Blue Moon Malam Ini,


Diterbitkan pada: Sabtu, 21 Mei 2016
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Fakta Menarik Mengenai Penampakan Bulan Biru atau Blue Moon Malam Ini".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright