Sosial Media

Website Ombudsman Diretas, Hacker Ajak Nikmati Kopi dan Donat

Jeripurba.com – Ulah peretas kali ini cukup unik. Bukan meninggalkan pesan bernada ancaman melainkan ajakan untuk rehat sambil minum secangkir kopi dan donat. Korbannya adalah situs lembaga negara Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang beralamat di https://ombudsman.go.id. Situs ini diketahui telah diretas pada Rabu, 7 Juni 2017 dini hari tadi.

Peretas melakukan perubahan tampilan utama website atau yang dikenal dengan teknik deface. Gambar berlatar warna coklat itu menampilkan gambar secangkir kopi hangat. Sebuah pesan singkat mengajak pengunjung untuk rehat sembari menikmati secangkir kopi dan donat.

Situs Ombudsman Diretas

Situs Ombudsman Diretas Pada 7 Juni 2017 Dini Hari.

Lihat juga: Situs Telkomsel Diretas Karena Tarif Internet Mahal, Ini Tanggapan Resmi Telkomsel.

“Site under maintenance. Will be back soon. Go have some coffee and maybe a donut” begitu bunyi pesannya.

Tidak lupa hacker juga meninggalkan identitas dengan nama alias @bithedz. Jika ditelusuri, nama ini memiliki akun yang sama di media sosial Twitter dan Instagram. Dari gambar profilnya, akun ini ternyata seorang penyuka alat musik gitar dan mengidolakan gitaris papan atas dunia, Joe Satriani. Namun belum bisa dipastikan apakan akun tersebut adalah pelaku peretasan situs Ombudsman.

Terkait dengan aksi peretasan, Alvin Lie yang merupakan Anggota Ombudsman, membenarkan jika situs mereka telah diretas. Pihaknya tengah berupaya mengembalikan situs seperti semula agar bisa kembali di akses oleh pengunjung.

“Benar, website kami di hack sejak pagi tadi. Kami baru tahu sekitar pukul 10.30 WIB. Saat ini kami sedang telusuri,” ungkap Alvin ketika dikonfirmasi oleh awak media.

Situs Ombudsman Masih Diperbaiki

Situs Ombudsman Masih Diperbaiki.

 

 

Meski sedang dilakukan perbaikan, situs Ombudsman yang beralamat di https://ombudsman.go.id hingga pukul 16:00 WIB masih belum bisa di akses dengan normal dan menampilkan pesan permohonan maaf jika situs dalam perbaikan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Website Ombudsman Diretas, Hacker Ajak Nikmati Kopi dan Donat,


Diterbitkan pada: Rabu, 7 Juni 2017
Rating : 4.10 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Website Ombudsman Diretas, Hacker Ajak Nikmati Kopi dan Donat".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright