Sains

Mirip Mobil Batman, Begini Kendaraan Jelajah Di Planet Mars

Mirip mobil Batman, begitu yang ada di pikiran saat melihat mobil ini. Namun bukan diperuntukkan seperti didalam film-film serial Batman, mobil ini rencananya akan digunakan sebagai kendaraan untuk keperluan penelitian di planet Mars.

Dalam sebuah perhelatan bertajuk “Summer of Mars” yang berlangsung baru-baru ini di Kennedy Space Center (5/6/2017), NASA memperkenalkan konsep mobil mereka. Mobil yang dianggap orang mirip dengan mobil Batman ini rencananya akan mereka pakai di planet Mars pada tahun 2020.

Kendaraan Jelajah Planet Mars Mirip Mobil Batman

Kendaraan Jelajah Planet Mars Mirip Mobil Batman. (Blog NASA)

Lihat: Mobil Batman Ini Dijual 11 Miliar, Ada Yang Berminat?.

Mobil jenis Rover ini dirancang oleh Parker Brothers Concept dari Cape Canaveral, Florida. Namun para pakar di NASA juga turut berkontribusi memberikan masukannya. Menurut NASA, biaya pembuatan Mars Rover ini tidak berasal dari para pembayar pajak.

Rover Mars ini memiliki panjang 8,5 menter. Bagian depannya berfungsi sebagai alat navigasi atau GPS dan dilengkapi dengan radio. Sedangkan bagian belakangnya merupakan ruangan yang dapat digunakan sebagai laboratorium. Disinilah semua penelitian dan riset dilakukan, menyelidiki hasil dari pengeboran di Mars, termasuk juga menyelidiki kemungkinan adanya kehidupan dimasa lampau. Gunanya untuk memastikan apakah di planet Mars mengandung oksigen dan air.

Mobil NASA mirip Batman ini juga dirancang untuk bisa mengirimkan contoh inti planet Mars ke Bumi. Sebagai pengeraknya, mobil ini ditenagai oleh motor listrik dimana sumbernya berasal dari panel tenaga surya dengan baterai yang memiliki daya 700 volt, demikian yang ditulis oleh Bob Granath melalui laman blog NASA (6/6/2017).

“Ini adalah upaya untuk mengkaji keseluruhan riwayat upaya kami untuk menjelajahi planet Mars dan untuk memandang rencana ke depannya,” terang Rebecca Shireman, asistem manajer hubungan masyarakat untuk komplek pengunjung di Kennedy Space Center.

“Kami berharap ini akan mendorong kawula muda untuk mempelajari lebih banyak lagi sebagai bagian dari upaya untuk menjelajahi planet Mars,” tambahnya.

Lihat juga: Inilah foto-foto fosil ikan raksasa di planet mars temuan nasa.

Setelah dipamerkan di Florida, rencananya konsep kendaraan jelajah mirip mobil Batman ini akan diperagakan dibeberapa tempat dari bulan Juli hingga Agustus tahun ini.

Mirip Mobil Batman, Begini Kendaraan Jelajah Di Planet Mars,


Diterbitkan pada: Senin, 12 Juni 2017
Rating : 4.50 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Mirip Mobil Batman, Begini Kendaraan Jelajah Di Planet Mars".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright