Tips dan Trik

Cara Mudah Baca Pesan Di WhatsApp Agar Tidak Diketahui Oleh Si Pengirim

Jeripurba.com – Pengguna Aplikasi WhatsApp tentu tidak asing dengan 3 status ini saat mengirim pesan. Pertama adalah satu tanda centang berwarna abu-abu, artinya pesan berhasil dikirim. Kemudian dua tanda centang berwarna abu-abu berarti pesan telah diterima di hp penerima. Yang terakhir adalah dua tanda centang berwarna biru yang berarti pesan tersebut telah di baca di hp penerima.

Status yang ketiga inilah yang akan dibahas, bagaimana cara membaca pesan di WhatsApp agar tidak diketahui oleh si pengirim. Artinya posisi kita disini sebagai penerima pesan WhatsApp. Dimana saat kita membaca pesan itu, status pesan di hp pengirim masih terlihat sebagai tanda centang dua berwarna abu-abu, bukan warna biru.

Arti Tanda Centang Saat Mengirim Pesan WhatsApp

Arti Tanda Centang Saat Mengirim Pesan WhatsApp. (WhastApp).

Baca: Waspada, Jika Ada Pesan Seperti Ini Di WhatsApp, Jangan Dibuka.

Lalu apa tujuannya?. Adakalanya kita sebagai penerima pesan WhatsApp tidak ingin jika pesan itu terlihat sudah dibaca di hp pengirim. Alasannyapun beragam. Bisa karena sedang malas membalas pesan, dsb.

Nah, jika Anda termasuk orang dengan kepentingan seperti itu, ada cara supaya pesan yang sedang kita baca tidak terlihat sebagai sudah dibaca di hp si pengirim.

Pertama, cara ini bisa dilakukan jika HP Anda sudah menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Pesan WhatsApp bisa dibaca tanpa ketahuan si pengirim dengan cara melihat pesan itu terlebih dahulu melalui notifikasi. Jadi bukan membuka aplikasi WhatsApp-nya.

Tampilan notifikasi pesan masuk WhatsApp bisa berbeda antara satu hp dan hp lainnya. Namun pada umumnya bisa dilihat dengan menggulung bagian layar atas kebawah seperti pada gambar dibawah ini:

Notifikasi Pesan Masuk WhatsApp Di Android 7 Nougat

Notifikasi Pesan Masuk WhatsApp Di Android 7 Nougat. (androidpolice)

Lalu bagaimana jika hp Anda belum menggunakan Android Nougat?. Tenang, masih ada cara agar pesan yang dibaca di WhatsApp tidak diketahui oleh si pengirim.

Caranya?. Dengan memanfaatkan fitur airplane mode atau mode penerbangan. Fitur ini ada disetiap ponsel Android. Jika diaktifkan, semua koneksi yang menggunakan data internet termasuk juga panggilan keluar-masuk tidak berfungsi.

Mengaktifkan Mode Penerbangan Di Android

Airplane Mode atau Mode Penerbangan Di Android.

Saat Anda menerima pesan WhatsApp dari seseorang, jangan dulu dibuka. Tetapi aktifkan terlebih dahulu mode penerbangan. Setelah mode penerbangan aktif, baru buka dan baca pesan tersebut. Dengan begitu, si pengirim pesan tidak akan mengetahui jika pesannya telah dibaca oleh Anda.

Kok bisa?. Pesan WhatsApp yang sudah masuk namun belum dibaca akan tersimpan dalam cache hp Anda dan bisa dibaca dengan cara membuka aplikasi WhatsApp. Namun karena mode penerbangan telah di aktifkan sebelumnya, otomatis mematikan koneksi internet di hp Anda. Akibatnya, server WhatsApp tidak bisa mengetahui jika pesan itu sudah dibaca dan status di hp pengirim pesan masih bertanda centang dua berwarna abu-abu, bukan biru.

Lihat juga: cara membuat tulisan miring, tebal dan dicoret di WhatsApp.


Cara ini hanya bisa dilakukan untuk obrolan pribadi saja, bukan obrolan didalam grup. Selain itu, status pesan di hp pengirim akan berubah secara otomatis menjadi centang dua biru jika Anda kembali mengaktifkan mode penerbangan atau hp Anda sudah terkoneksi dengan internet.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mudah Baca Pesan Di WhatsApp Agar Tidak Diketahui Oleh Si Pengirim,


Diterbitkan pada: Selasa, 13 Juni 2017
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mudah Baca Pesan Di WhatsApp Agar Tidak Diketahui Oleh Si Pengirim".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright