Games dan Aplikasi HP

Waspada! Jika Ada Pesan Seperti Ini di WhatsApp Jangan Dibuka

Jeripurba.com – Kepopuleran aplikasi WhatsApp ternyata dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mencuri data penggunanya. Hanya dengan sebuah pesan, mereka bisa mendapatkan data-data penting bahkan informasi Bank dari pengguna WhatsApp.

Dilaporkan oleh peneliti keamanan FireEye sepeti yang dimuat oleh laman Daily Star, virus yang ditujukan untuk pengguna WhatsApp ini telah menyebar di Eropa. FireEye mengungkap jika asal muasal malware ini datang dari Denmark kemudian menyebar ke Italia, Austria dan Jerman. Penyebaran dengan memanfaatkan pesan palsu (phising teks).

Aplikasi WhatsApp

Pengguna WhatsApp Jadi Target Phising.

Baca: Fitur Video Call WhatsApp.

Malware yang dikirim dengan memanfaatkan kecerobohan pengguna WhatsApp dianggap cukup berbahaya bagi pengguna smartphone. Sebab, jika malware ini sudah menginfeksi smartphone korban, dia bisa merubah dirinya dengan tampilan aplikasi WhatsApp, Uber bahkan aplikasi Google Play.

Jika itu terjadi, tanpa sadar pengguna smartphone telah menggunakan aplikasi yang sebenarnya adalah malware. Jika sudah begitu, semua info pribadi dengan mudah didapat oleh sang pembuat malware.

Lalu bagaimana cara mencegah malware ini menginfeksi smartphone?. Sederhana saja. Jangan pernah membuka tautan / link / url yang tidak biasa saat membuka pesan di WhatsApp, apalagi pesan tersebut dikirim oleh seseorang yang tidak dikenal.

Lihat juga: Cara Membuat Tulisan Miring, Tebal dan Dicoret di WhatsApp.


Isi pesan tersebut umumnya berbahasa Inggris, jika diartikan “Kami tidak dapat mengirim pesan Anda. Mohon untuk memeriksa pengiriman Anda disini”. Didalam pesan teks tersebut ada url atau link aktif, apabila di klik akan mengarahkan Anda kesebuah website berbahaya atau secara otomatis menginstal malware.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Waspada! Jika Ada Pesan Seperti Ini di WhatsApp Jangan Dibuka,


Diterbitkan pada: Kamis, 30 Juni 2016
Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Waspada! Jika Ada Pesan Seperti Ini di WhatsApp Jangan Dibuka".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright