Sains

Begini Rancangan dan Desain Hotel Mewah Pertama di Antariksa

Jeripurba.com – Mewujudkan kenyataan jika manusia di masa depan bisa nongkrong dan bersantai di luar angkasa adalah dengan membangun hotel mewah. Lengkap dengan fasilitas seperti restoran, gym dan bar.

Kabar baiknya, impian itu sebentar lagi akan diwujudkan. Beberapa mahasiswa pascasarjana dari Institut Teknologi Massachusetts Amerika Serikat telah membuat rancangan dan desain hotel mewah yang diklaim pertama di antariksa.

Rancangan Hotel Mewah Pertama di Antariksa

Rancangan Hotel Mewah Pertama di Antariksa.

Lihat: Ilmuwan Temukan Planet Neraka, Planet Terpanas Di Alam Semesta.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika penelitian terkait semua aktivitas di luar angkasa membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contohnya saja para peneliti dan astronot NASA yang mengeluarkan biaya sekitar $3 miliar per tahun.

Berangkat dari itulah para mahasiswa ini berencana membangun stasiun luar angkasa. Nantinya setengah dari struktur stasiun luar angkasa ini berfungsi sebagai hotel mewah. Sedangkan separuhnya lagi milik para peneliti dan astronot.

Dengan adanya rancangan ini, nantinya para peneliti dan Astronot NASA akan dikenakan biaya sewa. Biaya untuk tinggal di hotel mewah ini kurang lebih sekitar $360 juta per tahun. Itu artinya, NASA bisa menghemat sekitar 16 persen anggaran keseluruhan mereka per tahunnya. Demikian seperti yang dikutip dari dari laman Fastcodesign (7/7/2017).

Hotel mewah pertama di luar angkasa ini diberi nama Manage, Reconfigurable, In-space Nodal Assembly (MARINA). Rancangan konseptual hotel luar angkasa ini merupakan rancangan lima mahasiswa pascasarjana MIT. Mereka memenangkan kompetisi perancangan Revolutionary Aerospace Systems Concepts milik NASA baru-baru ini.

Gambar Rancangan dan Desain Hotel Mewah Pertama di Luar Angkasa

Menurut Matt Moraguez, seorang mahasiswa pascasarjana di MIT Department of Aeronautics and Astronautics yang memimpin proposal tersebut, MARINA memiliki desain modular. Antarmuka standar MARINA dapat menghubungkan satu titik pada struktur ke struktur lainnya.

Standarisasi ini akan memungkinkan perusahaan lain membuat produk dan layanan bagi orang-orang yang tinggal di MARINA. Selain itu bisa menciptakan lebih banyak kemungkinan untuk menghasilkan harga ruang yang berharga. Modularitas juga akan memungkinkan struktur tersebut berubah menjadi kendaraan untuk mengangkut orang ke Mars.

“Penyewa kapal induk MARINA, akan mendapatkan sebuah hotel dengan delapan ruang kamar yang menghadap ke luar kota. Hotel ini dilengkapi dengan bar, restoran, dan gym. Ini akan menjadikan liburan ruang angkasa menjadi kenyataan,” kata MIT postdoc Valentina Sumini, yang turut berkontribusi dalam proyek tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Meskipun tim tersebut tidak memberikan perkiraan berapa biaya menginap di hotel fantasi mereka, SpaceX – peserta terdepan dalam industri pariwisata luar angkasa, mengatakan kepada Space.com bahwa sebuah kursi di atas kapal komersialnya mengelilingi Bulan akan menghabiskan biaya Lebih dari $80 juta yang biasanya dihabiskan NASA per kursi pada misinya.

Lihat juga: Mirip Mobil Batman, Begini Kendaraan Jelajah Di Planet Mars.


Tentu saja, MARINA masih sebatas konsep yang telah dibuat sebagai rancangan dan desain. Tetapi bukan tidak mungkin impian sebuah hotel luar angkasa segera terwujud. Apalagi tujuannya untuk mengimbangi biaya penelitian di luar angkasa. Desain hotel mewah di antariksa seperti ini juga membantu kita untuk membayangkan seperti apa nantinya tempat hiburan di luar angkasa.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Begini Rancangan dan Desain Hotel Mewah Pertama di Antariksa,


Diterbitkan pada: Sabtu, 8 Juli 2017
Rating : 4.11 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Begini Rancangan dan Desain Hotel Mewah Pertama di Antariksa".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright